Air Terjun Kepala Curup, Buaian Alam dari Bengkulu

Pernahkan kamu mengunjungi Bengkulu? Kota Bengkulu merupakan Ibu Kota Provinsi Bengkulu. Di Pulau Sumatera Kota Bengkulu merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Padang.

Di Bengkulu terdapat satu daerah yang bernama Kota Curup. Kota ini adalah kota kedua terbesar setelah Bengkulu. Di Kota Curup terdapat Desa yang bernama Desa Kepala Curup, di Desa inilah adanya air terjun yang menjadi kebanggaan warga Desa Kepala Curup khususnya dan Bengkulu pada umumnya.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Kepala Curup, sesuai dengan daerah dimana ia berada yakni Desa Kepala Curup. Air terjun ini selalu didatangi oleh para wisatawan khususnya pada akhir pekan.

Air Terjun Kepala Curup
Air Terjun Kepala Curup. Sumber: wisatasumatera.com

Dahulu kala Air Terjun Kepala Curup difungsikan sebagai pembangkit listrik mini hidro yang digunakan oleh PLN karena derasnya air yang mengalir. Listrik yang dihasilkannya dapat mensuplai listrik ke daerah-daerah penduduk Kecamatan Padang Ulank Tanding, Sindang Kelingi serta Kota Padang.

Namun sungguh sangat disayangkan, kini pembangkit listrik ini sudah tidak difungsikan lagi. Karena kurangnya perawatan yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada bagian generatornya. Kerusakan ini juga telah terjadi lebih dari 5 tahun yang lalu.

Keindahan Air Terjun Kepala Curup belum luntur dari dulu hingga kini. Masih menyimpan warna-warna yang indah yang dapat dinikmati siapa saja yang datang mengunjunginya.

Bukan hanya keindahan Air Terjunnya saja yang dapat kita nikmati, masih ada hal lainnya juga loh. Penasaran? Simak baik-baik ya, check it dot!

Ragam wisata Air Terjun Kepala Curup

1. Air Terjun Kepala Curup

Dinamakan Air Terjun Kepala Curup, karena terletak di Desa Kepala Curup. Sehingga orang yang mau datang tidak perlu susah payah mencarinya. Air Terjun Kepala Curup memiliki ketinggian kurang lebih 100 Meter.

Derasnya aliran Air Terjun Kepala Curup pernah menjadi primadona dan tulang punggung bagi masyarakat sekitar. Pihak PLN pernah memanfaatkan derasnya aliran Air Terjun Kepala Curup sebagai pembangkit listrik mini hidro. Namun, sejak lima tahun yang lalu sudah tidak dipergunakan lagi, akibat kerusakan pada generatornya.

Air Terjun Kepala Curup tidak pernah kehilangan taringnya. Eksotisme keindahan yanng ditawarkan tetap menjadi daya tarik masyarakat untuk selalu mengunjunginya.

Pemandangan yang masih alami, pepohonan yang rindang khas pegunungan mengitari wilayah Air Terjun Kepala Curup. Udara yang dialirkan sejuk dan asri semakin menambah betahlah kamu berlama-lama disana.

Bermain air sepuasnya, diiringi percikan air terjun dari ketinggian diselingi suara-suara hewan yang seakan-akan ikut menikmati keindahan yang diciptakan Tuhan.

Bermain Air di Air Terjun Kepala Curup
Bermain Air di Air Terjun Kepala Curup. Sumber: wisatalengkap.com

2. Keberagaman Flora dan Fauna

Air Terjun Kepala Curup bukan hanya menyimpan keindahan Air terjunnya saja, melainkan kehidupan fauna dan flora yang ada disana menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Air Terjun Kepala Curup terdapat berbagai jenis burung, serangga, dan primata andalan yang hidup mendiami hutan yang ada disekitarnya.

Jika kamu beruntung kamu dapat melihat mekarnya berbagai jenis tanaman langka nan indah seperti bunga bangkai terbesar di dunia yaitu Raflesia Arnoldi.

Raflesia Arnoldi
Raflesia Arnoldi. Sumber: mongabay.co.id

3. Goa Kelelawar

Keunikan lain yang dimiliki Air Terjun Kepala Curup yaitu dibelakang aliran air terjunnya terdapat sebuah goa yang menjadi tempat tinggal kelelawar.

Jadi kalau kamu liat dari bawah, pas dibelakang aliran air terjunnya itu terdapat lubang yang menganga. Nah itulah goa tempat tinggal para kelelawar.

Goa Kelelawar
Goa Kelelawar. Sumber: pikniktoday.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kepala Curup

Lokasi dan Alamat Air Terjun Kepala Curup terletak di Desa Kepala Curup Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Rute Menuju Air Terjun Kepala Curup

Dari pusat kota Curup hanya berjarak kurang lebih 30 Km atau memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah kamu memarkirkan kendaraanmu kamu harus berjalan lagi sejauh 300 meter untuk sampai ke Air Terjun Kepala Curup.

Tiket masuk Air Terjun Kepala Curup

Air terjun selalu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin merasakan sensasi bermain air yang berbeda. Untuk dapat menikmati keindahan dari Air Terjun Kepala Curup pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

Kuliner

Wisata kuliner menjadi agenda wajib jika kamu berkunjung ke suatu daerah, apalagi kalau kamu baru pertama kali mendatanginya. Ada beberapa kuliner khas Rejang Lebong yang bisa kamu nikmati, bahkan bisa juga untuk oleh-oleh orang terkasih kamu di rumah.

Diantara kuliner khas dari Rejang Lebong yaitu Gulai Lamea yang berbahan dasar dari ikan air tawar dipadupadankan dengan bumbu muda atau rebung. jajanan khas yang bisa kamu nikmati diantaranya adalah bakso bakar khas Curup yang disajikan dengan sate biasa ditambah ketupat.

Kuliner selanjutnya yaitu jagung marning merneng yang terbuat dari jagung manis dikeringkan kemudian ditambahkan soda agar jagungnya menjadi mekar, kalau kamu pencinta pedas bisa juga ditambahkan dengan sambal pedas.

Kuliner selanjutnya bisa disajikan sebagai oleh-oleh yaitu, kue tat khas curup yang mempunyai banyak varian rasa seperti nanas dan kepala. Kemudian manisan terong yang bahan dasarnya adalah terong ungu. Yang terakhir adalah dodol perenggi khas curup atau bisa disebut juga waluh yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan.

Kue Tat Khas Bengkulu
Kue Tat Khas Bengkulu. Sumber: www.indozone.id

Tips Wisata

Ada beberapa tips nih untuk kamu yang mau mengunjungi Air Terjun Kepala Curup:

  • Jika ingin berkunjung ke tempat yang bertema alam, pastikan kondisi cuacanya cerah ya supaya acara have fun kamu nggak keganggu sama cuaca.
  • Pastikan kondisi fisik kamu fit ya, soalnya kamu harus berjalan sejauh 300 meter untuk sampai ke Air Terjun Kepala Curup.
  • Di Air Terjun Kepala Curup belum tersedia warung-warung yang menjajakan makanan atau minuman untuk kamu, jadi kamu harus menyiapkannya dari rumah.
  • Menjaga kelestarian alam itu penting, jadi makanan yang kamu makan jangan buang sembarangan ya.
  • Ikuti aturan yang berlaku di Air Terjun Kepala Curug.
  • Siapkan baterai gaway kamu full ya, soalnya banyak spot menarik yang harus kamu abadikan di Air Terjun Kepala Curup.

Penutup

Tidak akan ada habisnya untuk menggambarkan keindahan alam yang sudah diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah tetap menjaga kelestarian alam ini, supaya terus lestari dan dapat dinikmati oleh anak cucu keturunan kita.

Air Terjun Kepala Curup diciptakan Tuhan berdampingan dengan tempat hidupnya makhluk hidup lain. Ada berbagai jenis burung, serangga, dan hewan lainnya yang mendiami hutan sekitar Air Terjun Kepala Curup.

Begitupun dengan tumbuhnya tanaman bangkai terbesar didunia yaitu Raflesia Arnoldi, yang tumbuh disekitar Air Terjun Kepala Curup.

Tidak ada ruginya kita menjaga kelestarian alam ciptaan Tuhan, jadi untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Kepala Curup tetap jaga sebaik-baiknya.

Selamat menikmati keindahan Air Terjun Kepala Curup dan keunikan lainnya. Siapkan foto terbaikmu ya!

Baca juga:

Leave a Comment