Wisata Keluarga, Pantai Jakat Tempatnya

Bengkulu, adalah sebuah provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki ragam wisata yang sangat lengkap. Wisata alam, wisata edukasi, bahkan wisata sejarahnya sudah sangat terkenal sekali.

Satu potensi yang patut dibanggakan dari Bengkulu, adalah keindahan wisata baharinya.  Sejak tahun 2018 tercatat sudah 2.154.928 orang wisatawan nusantara yang datang berkunjung ke Bengkulu. Bukankah sebuah angka yang patut dibanggakan?

Dari angka-angka tersebut, tentu saja salah-satu tujuannya adalah pantai cantik kebanggaan masyarakat Bengkulu yang bernama Pantai Jakat.

Pantai Jakat
Pantai Jakat. Sumber : www.triptrus.com

Pantai Jakat menjadi primadona wisata keluarga saat liburan tiba. Hal ini disebabkan oleh dekatnya lokasi Pantai Jakat dengan pusat Kota Bengkulu, kemudian memiliki kelandaian 1,5 meter, ditambah kondisi gelombang ombak yang kecil

Pasir Pantai jakat merupakan hamparan kegembiraan saat para wisatawan datang bersama keluarganya, dan pasir itulah mereka banyak mengahbiskan waktu sambil menikmati keindahan alam dan sajian kuliner yang ada di sekitar pantai.

Ramai Kunjungan Ke Pantai Jakat
Ramai Kunjungan Ke Pantai Jakat. Sumber : pedomanbengkulu.com

Warung atau kedai yang berjajar di sepanjang area pantai terutama sore hari, serta banyaknya kursi dan meja payung yang sebagai temapt berteduh para pengunjung, menjadikan Pantai Jakat sebagai objek wisata yang ramah terhadap keluarga.

Dan dari beberapa penuturan para wisatawan yang pernah berkunjung ke sana menyatakan bahwa sistem keamanan untuk pengunjung terutama saat menikmati ombak lebih terjamin dibanding dengan beberapa objek wisata lainya.

Ragam Wisata, Aktivitas, Dan Pesona Keindahan Pantai Jakat

Pantai Jakat salah-satu pantai favorit liburan keluarga, hal ini dikarenakan banyaknya keseruan yang bisa didapatkan pengunjung saat berada di lokasi tersebut.

Selain faktor keamanan yang terjamin, maka inilah ragam wisata dan aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Pantai Jakat :

1. Jet Ski

Memacu kendaraan di atas aspal itu sih sudah biasa, tetapi memacu kendaraan di atas air  itu yang luar biasa. Nama kendaraanya Jet Ski.

Di Pantai Jakat terdapat wahan Jet Ski yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Soal kemanan jangan khawatir, karena penumpang akan dilengkapi dengan pelampung.

Pegangan yang erat, dan bersiaplah adrenalin anda terpacu saat gas semakin ditarik kecang.

2. Banana Boat

Banana Boat menjadi wahan keseruan selanjutnya di Pantai Jakat. Banana Boat layaknya perahu karet yang bentuknya menyerupai pisang, dan bisa dinaiki penumpang 4-5 orang.

Sama halnya dengan sistem keamanan Jet Ski, para penumpang Banana Boat akan dilengkapi dengan pelampung.

Wahana Banana Boat lebih asyik jika dinaiki bersama keluarga, tetapi bagi yang masih anak-anak bainya jangan dulu ya… karena wahana ini dapat memacu adrenalin juga.

Banana Boat Di Pantai Jakat
Banana Boat Di Pantai Jakat. Sumber : www.mildaini.com

3. Penyewaan Ban Dan Pelampung

Nah, bagi yang suka berenang bisa juga dilakukan di Pantai Jakat. Tentu saja saat cuaca mendukung. Jika saat normal kondisi ombak Pantai Jakat sangat bersahabat sekali alias gelombang ombaknya kecil.

Di Pantai Jakat terdapat penyewaan ban dan pelampung sebagai alat untuk menambah keseruan saat berenang. Tapi tetap ya… selalu berhati-hati dan ikuti protokol keamanan setemat.

Penyewaan Ban Dan Pelampung Di Pantai Jakat
Penyewaan Ban Dan Pelampung Di Pantai Jakat. Sumber : www.mildaini.com

4. Bermain Pasir

Area pasir Pantai Jakat menjadi spot favorit para wisatawan untuk bermain bersama keluarga. di atas pasir tersebut banyak hal yang bisa dilakukan dan tentunya sangat seru.

Aktivitas yang biasa dilakukan di pasir Pantau jakat seperti :

  • Bermain Air
  • Sepak Bola, Voli
  • Lari-larian atau kucing-kucingan
  • Membuat istana pasir

Semua jenis aktivitas tersebut menjadi momen kebahagiaan anda bersama keluarga.

Ragam Aktivitas Di Atas Pasir Pantai Jakat
Ragam Aktivitas Di Atas Pasir Pantai Jakat. Sumber : www.mildaini.com

5. Spot Selfie

Pemandangan di kawasan wisata Pantai Jakat merupakan panorama alam yang dapat memanjakan mata para wisatawan.

Banyak sudut dan spot selfie yang bisa digunakan dengan latar pemandangan alam pantai yang memukau, terutama momen saat matahari tenggelam.

Spot Selfie
Spot Selfie. Sumber : kontrastoday.com

6. Souvenir

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu objek wisata tanpa membeli souvenir atau kenang-kenangan khas dari lokasi wisata tersebut.

Di Pantai Jakat, para wisatawan dapat membeli aneka souvenir yang menandakan bahwa para wisatawan telah datang dan menikmati pesona keindahan Pantai jakat.

7. Kuliner

Di area pantai, para pengunjung telah disediakan tempat duduk dan meja payung sebagai tempat yang enak untuk berteduh sambil mengawasi anak-anak bermain pasir dan air.

Selain itu, banyak juga warung-warung yang berjejer yang menyajikan aneka kuliner yang sangat bersahabat di lidah dan di dompet tentunya.

Kuliner yang biasa dijajaknn di area Pantai Jakat adalah sebagai berikut :

  • Bakso Bakar
  • Sea Food
  • Jagung Bakar
  • Kelapa Muda

Jadi keseluruhan area yang ada di Pantai jakat sangat memanjakan para wisatawan, khususnya saat lapar dan haus, para wisatawan tidak perlu jauh-jauh membeli makanan dan minuman.

Nikmati sajian kulinernya sambil menikmati keindahan alam Pantai Jakat.

Tempat Duduk Di Tepi Pantai Jakat
Tempat Duduk Di Tepi Pantai Jakat. Sumber : sukanyasar.com

8. Dekat Dengan Objek Wisata Lain

Nilai plus dari Pantai Jakat adalah dekat dengan objek wisata lainya. Seperti :

  • Benteng Marlborough
  • Pantai Tapak Paderi

Jadi setelah anda dan keluarga puas menikmati ragam wisata di Pantai Jakat, anda bisa menuju lokasi wisata lain yang jaraknya tidak jauh dari Pantai Jakat.

Sekali mendayung, dua pulau terlewati. Sekali berwisata ke Pantai Jakat, dua objek wisata lain dapat dinikmati.

Benteng Marlborough
Benteng Marlborough. Sumber : www.triptrus.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Jakat

Lokasi dan alamat Pantai Jakat berada di Jalan Pariwisata, Pantai Panjang, Kelurahan Lempuing Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu.

Rute Menuju Pantai Jakat

Rute menuju Pantai Jakat sangatlah mudah dan dekat jika pemberangkatan pertama berawal dari Kota Bengkulu. Jarak dari Kota Bengkulu menuju Pantai Jakat sekitar 3 kilometer saja.

Rute menuju Pantai Jakat yang pertama jika dari Bengkulu ambil arah menuju Jalan Jendral Sudirman. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Khadijah.

Setelah itu anda akan melewati objek wisata Pantai Paderi dan objek wisata Benteng Marlborough, kemudian ambil arah menuju Jalan Bencoolen.

Jam Operasional Pantai Jakat

Pantai Jakat buka 24 jam mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Jakat 2020

Harga tiket masuk Pantai Jakat adalah sebesar Rp. 5.000 per orang.

Penginapan Sekitar Pantai Jakat

Banyak sekali penginapan di sekitar Pantai Jakat dengan ragam fasilitas serta view pantai yang ndah. Harga penginapan di Pantai Jakat sangat murah, kebanyakan di bawah Rp. 150.000.

Tips Wisata

Ada beberapa tips saat anda ingin berangkat ke Pantai Jakat :

  • Pastikan cuaca hari itu cerah dan tidak dimungkinkan turun hujan
  • Pastikan semua perbekalan dan perlengkapan tidak ketinggalan
  • Membawa alat-lat mandi, pakaian untuk di pantai, dan pelembab kulit
  • Pastikan anak-anak anda saat bermain di pantai selalu berada di bawah pengawasan anda
  • Buatlah susana menyenangkan selama di perjalanan dan di lokasi wisata
  • Abadikan selalu momen kebahagiaan anda bersama keluarga
  • Jangan merusak alam dan jangan membuang sampah sembarangan

Penutup

Rekreasi telah bertransisi dari gaya menjadi kebutuhan terutama bagi mereka yang selama sepekan disibukan dengan banyaknya pekerjaan.

Bengkulu layaknya bumi wisata yang sangat layak untuk dikunjungi saat liburan anda selanjutnya. Selamat berlibur dan tetap bersyukur…

 

Baca juga:

Leave a Comment