Pantai Aluran Pandan, Jalan – Jalan Ke Tempat Wisata Bengkulu Yang Asri

Siapa yang tidak mengenal pantai? Pantai merupakan tempat favorit semua kalangan. Dengan adanya ombak yang mengalir deras ingin menghantam bibir pantai, pasir yang putih dan bersih.

Angin yang begitu kencang, membuat suasana hati menjadi tenang, jauh dari kebisingan, dengan keasrian indahnya pantai, yang menarik mata manusia. Sehingga pantailah menjadi tempat  pilihan untuk destinasi wisata.

Pantai Aluran Pandan dengan luas wilayah daratan 2.556 km2 tempatnya belum banyak yang mengetahui, tidak seperti Pantai Wayhawang, Pantai Laguna, Pantai Hili, Pantai Manula, Pantai Pulau Enggano, Pantai Cukoh dan Wisata lainnya yang berada di Bengkulu.

Pantai Aluran Pandan
Pantai Aluran Pandan. Sumber : detikkasus.com

Provinsi Bengkulu memiliki kondisi geografis yang baik untuk destinasi wisata, khususnya wisata alam berupa pantai, karena adanya keindahan alam di pesisir barat pulau Sumatera.

Walaupun tempat wisata disetiap kota daerah memiliki pantai, tapi ternyata di setiap pantai memiliki keunikan tersendiri.

Pemandangan Pantai Aluran Pandan dapat dinikmati dengan meminum es kelapa yang berada di tempat wisata tersebut, dan merupakan tempat yang begitu dikagumi kalangan remaja untuk berfoto-foto karena keindahan sunsetnya.

Pemandangan laut dengan adanya karang-karang dan pohon kelapa yang berada di tepi pantai, sehingga Pantai Aluran Pandan cocok dijadikan tempat liburan untuk menghilangkan kepenatan dari aktivitas yang begitu padat, dengan menghirup udara yang begitu segar.

Keindahan Pantai Aluran Pandan
Keindahan Pantai Aluran Pandan. Sumber : www.myedisi.com

Ragam Wisata Di Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan merupakan pantai yang masih “perawan” sehingga menyimpan sejuta pesona kemurnian alam. Memang, ragam wisata di pantai tersebut belumlah sebanyak pantai – pantai terkenal lainya. Namun, justru karena nilai “asri” inilah letak keunggulan pantai Aluran Pandan.

Adapun ragam aktivitas dan wisata yang ada di Pantai Aluran Pandan adaah sebagai berikut :

1. Wisata Keluarga

Kondisi air pantai yang masih bersih serta gelombang ombak yang tidak terlalu besar menjadikan Pantai Aluran Pandan menjadi lokasi yang cocok sebagai tujuan wisata keluarga.

Pasir Pantai Aluran Pandan juga lembut, sehingga banyak aktivitas yang bisa dilakukan di atas pasir pantai. Seperti :

  • Bermain Sepak Bola
  • Kucing-kucingan
  • Membuat istana pasir

Ragam aktivitas tersebut adalah keseruan yang bisa didapatkan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Aluran Pandan.

Keseruan Saat Bermain Di Pantai Aluran Pandan
Keseruan Saat Bermain Di Pantai Aluran Pandan. Sumber : jejakkasus.info

2. Spot Selfie Dan Prewedding

Pantai memamng selalu menyajikan pemandangan alam yang seolah – olah tiada habisnya. Ombak, batuan karang, pasir pantai, pepohonan, semuanya adalah bagian dari keindahan alam.

Fenomena sunset selalu saja menjadi tujuan utama para traveler saat berwisata ke pantai, begitupun dengan sunset di Pantai Aluran Pandan begitu memikat mata yang melihat.

Secara keseluruhan pemandangan yang ada di pantai ini merupakan spot selfie yang sangat layak untuk diposting di media sosial anda. Bahkan tidak jarang orang – orang yang melakukan prewedding di lokasi ini.

Hal tersebut menjadi sebuah penegasan tentang keindahan alam Pantai Aluran Pandan.

Sunset Aluran Pandan
Sunset Aluran Pandan. Sumber : jejakkasus.info

Lokasi Dan Alamat Pantai Aluran Pandan

Lokasi dan Alamat Pantai Aluran Pandan teletak di Desa Pajar Bulan, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu

Harga Tiket Masuk Pantai Aluran Pandan

Tiket Masuk Pantai Aluran Pandan, tidak perlu mengeluarkan uang karena mengunjugi Pantai Aluran Pandan Gratis. Belum ada pembayaran mengenai tiket masuk ke Pantai Aluran Pandan

Rute Menuju Pantai Aluran Pandan

Rute menuju Pantai Aluran Pandan, Jika dari Luar Kota Bengkulu memiliki rute penerbangan dari Jakarta, Batam, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Pulau Enggano.

Sampai di Bandara Udara Fatmawati Soekarno, Jl Raya Pada Kemilling, Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Lalu dari Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kaur yang berada di wilayah paling selatan Provinsi Bengkulu dan berbatasan langsung dengan provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

Sehingga dari Kota Bengkulu ke Kabupaten Kaur memiliki estimasi waktu sekitar kurang lebih 4 jam melewati Lintas Barat Sumatera.

Transportasi dari Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kaur dapat menaiki Bus Damri, Damri ini beroperasi sekitar pukul 08.00 WIB dari Bengkulu – Kaur dengan tarif 50 Ribu dilengkapi dengan AC.

Damri ini sistem sip berangkat pagi dan siang dua unit bergilir. Dan untuk menuju Pantai Aluran Pandan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat dengan waktu 15 menit.

Penginapan Di Pantai Aluran Pandan

Untuk penginapan di sepanjang jalan Kabupaten Kaur terdapat beberapa penginapan hotel dan villa, tetapi hotel atau villa yang berada di dekat Pantai Aluran Pandan belum terdapat penginapan.

Karena Pantai Aluran Pandan belum banyak diketahui oleh banyak orang, sehingga masyarakat Desa Pajar Bulan berharap tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata yang memang banyak diketahui oleh banyak orang.

Tempat yang belum banyak orang yang explore, biasanya menjadi estimasi tempat pilihan untuk dikunjungi oleh traveller karena memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi, dan dapat dijadikan tempat pilihan untuk berlibur yang belum banyak pengunjung,

Sehingga bisa menjadi leluasa, atau bisa untuk mencari ketenangan, dan bisa untuk dijadikan pilihan Foto Preweed.

Tips Wisata Menuju Pantai Aluran Pandan

Karena Pantai Aluran Pandan masih belum banyak dikunjungi, ada Tips Wisata Saat mengunjungi Pantai Aluran Pandan, diantaranya :

1. Membawa Makanan Dan Minuman Sendiri

Ada kalanya ketika ingin berlibur memilih tempat ini membawa makanan, minuman, cemilan sendiri dari rumah,karena di dalam Pantai Aluran Pandan belum ada makanan dan minuman.

Sebenarnya ini tempat yang sangat hemat, karena kita bisa membawa makanan, minuman, dan cemilan dari rumah, biasanya makanan di dalam pariwisata harganya yang terkadang sedikit mahal daripada di luar tempat pariwisata.

2. Cuaca Cerah

Memilih waktu yang tepat untuk berlibur, tidak sedang cuaca yang buruk, tapi memilih waktu yang cuacanya bagus untuk berlibur.

3. Perlengkapan

tidak berlibur sendirian, membawa sunscreen agar terlindungi dari sinar UV, membawa camera karen tak lengkap jika berlibur tanpa berfoto-foto, memakai pakaian pantai, membawa topi, kaca mata agar telihat lebih.

Kuliner

Kuliner Khas Kabupaten Kaur Bengkulu ada berbagai macam makanan khas yaitu Gulai Ikan Mungkus dimasak dengan macam-macam jenis rempah untuk memperkaya citra rasa.

Gulai Ikan Mungkus
Gulai Ikan Mungkus. Sumber : cookpad.com

Ikan Mungkus ini jenis Ikan tawar. Lalu ada Gulai Tempoyak yang merupakan hasil dari fermentasi buah durian.

Lalu ada Pendap yang ternyata makanan ini banyak disukai oleh masyarakat Kabupaten Kaur itu sendiri, pedap adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa di  campur dengan rempah-rempah.

Lalu ada Kelicuk dan Tapai Siwuk, masyarakat Kabupaten Kaur menyebut ini adalah “bebuak” atau “kue jajanan” yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dan dibungkus dengan daun pisang. Sedangkan tapai siwak terbuat dari fermentasi tapai dengan ragi.

Tak lengkap jika berlibur tanpa membeli oleh-oleh, tak usah khawatir jika makanan khas Kabupaten Kaur tidak bisa di bawa untuk oleh-oleh ternyata oleh-oleh Khas Kabupaten Kaur yaitu Keripik Buah Aneka Rasa yaitu berasal dari salak, singkong, sawo, dan pisang.

Dikemas dengan berbagai aneka rasa yaitu rasa balado, rasa strawberry, rasa cokelat, rasa melon, dan aneka rasa lainnya. Menarik bukan, untuk dibawa pulang.

Dan untuk khas oleh-oleh kota Bengkulu sendiri yaitu ada Lempuk Durian makanan sejenis dodol yang terbuat dari buah durian dan tepung gandung.

Makanan ini sangat terkenal di Bengkulu. dan oleh-oleh lainnya.

Lempuk Durian
Lempuk Durian. Sumber : cookpad.com

Penutup

Pantai Aluran Pandan adalah bagian dari pesona Bengkulu yang mulai menggeliat dan dilirik oleh para wisatawan. Namun, Bengkulu bukan hanya berbicara tentang wisata baharinya saja tetapi juga dengan kuliner serat serta ragam budayanya.

Selamat berlibur, dan selalu bersyukur…

Baca juga:

Leave a Comment