Pantai Padang Betuah, Harmoni Alam Danau Dan Pantai

Letak geografis Provinsi Bengkulu sangat strategis untuk berkembang sebagai Provinsi wisata, terutama wisata bahari.

Bahkan sejarah telah membuktikan bahwa potensi alam Bengkulu memiliki daya pikat bagi bangsa-bangsa lain. Kehadiran Inggris di masa penjajahan menjadi sebuah penegasan bahwa terdapat sejuta pesona di tanah Bengkulu.

Inilah salah-satu pesona pantai sekaligus pesona keindahan Provinsi Bengkulu yang bernama Pantai Padang Betuah yang beralamat di Desa Padang Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pantai Padang Betuah
Pantai Padang Betuah. Sumber : wisato.id

Sebuah pantai yang eksotis karena memiliki banyak sekali keindahan yang disajikan kepada pengunjung. Diantaranya : keindahan pasir putih, ombak yang tidak terlalu besar, serta batu karang yang memiliki celah-celah akibat abrasi. Dan dari atas batu tersebut kita dapat menikmati keindahan pantai ini secara sempurna.

ada satu hal lagi yang menjadi pemikat utama bagi para wisatawan untuk datang ke lokasi ini, yaitu keberadaan sebuah danau yang berdampingan dengan Pantai Padang Betuah.

Pemandangan di sekitar danau tersebut sudah tidak bisa diragukan lagi, hanya satu kali jepretan sederhana dari kamera, sisanya pesona alam sekitar yang akan mempercantiknya.

Dengan kata lain, karena saking mempesonanya pemandangan pantai dan danau tersebut, sekalipun anda bukan seorang “ahli jepret”, namun hasil jepretan anda akan tetap bagus karena kondisi alamnya sudah cantik.

Pantai Padang Betuah Dan Danau Gedang
Pantai Padang Betuah Dan Danau Gedang. Sumber : wisato.id

Seiring perkembangan waktu, objek wisata Pantai Padang Betuah berubah nama menjadi objek wisata “Danau Gedang”, tentu saja karena keberadaan danaunya yang menakjubkan.

Danau dan Pantai Padang Betuah adalah simbol harmoni alam yang berdampingan membentuk sebuah maha karya yang mempesona.

Spot Wisata Pantai Padang Betuah

Kondisi pantai ini bisa dibilang masih “perawan”, belum banyak dirusak oleh wisatawan-wisatan yang tidak bertanggungjawab. Sehingga berkunjung ke Pantai Padang Betuah akan terkesan belum dibangun dan ditata secara apik oleh pemerintah.

Meskipun demikian, terdapat beberapa spot wisata yang disajikan di area tersebut. Diantaranya :

1. Pasir Putih

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa pesona pemandangan Pantai Padang Betuah sudah tidak diragukan lagi. Pasir putih, ombak yang tidak terlalu besar, menjadi sajian pembuka saat mata pengunjung pertama kali sampai di lokasi wisata.

Keberadaan ombak patai yang tidak terlalu besar menjadikan bermain di pasir menjadi lebih seru.

Jika sudah lelah, istirahalah sejenak sambil minum isotonik alami yaitu kelapa muda. Dijamin lelah anda akan segera pulih.

Pasir Pantai Padang Betuah
Pasir Pantai Padang Betuah. Sumber : lifestyle.okezone.com

2. Danau Gedang

Jarang sekali di sebuah objek wisata bertemakan pantai, sekaligus terdapat sebuah danau. Maka keberadaan danau dan Pantai Padang Betuah menjadi harmoni alam yang luar biasa.

Keberadaan danau tersebut pada awalnya bertujuan menjadi area tambak udang, namun belum dapat terealisasi.

Sajian alam yang langka ini seharusnya masuk menjadi list liburan anda dan keluarga yang tidak boleh terlewatkan.

Danau Gedang
Danau Gedang. Sumber : www.andalastourism.com

3. Spot Selfie

Menu sajian utama Pantai Padang Betuah adalah banyaknya panorama alam yang dapat memanjakan mata. Maka wajar jika di sana banyak sekali spot selfie yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Spot selfienya sudah tersaji, maka jangan lupakan kamera anda untuk ikut menemani dan menikmati berjuta panorama yang ada di Pantai Padang Betuah.

Spot Selfie Pemandangan Indah
Spot Selfie Pemandangan Indah. Sumber : backpackerjakarta.com

4. Sunset

Pantai tanpa sunset ibarat sayur tanpa tanpa garam. Kayaknya alam Pantai Padang Betuah tahu akan hal tersebut. Sehingga sunset di Danau Gedang menjadi sebuah keharusan yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan.

Sensasi menikmati sunset di area yang masih “perawan” menjadi momen kesadaran walapun hanya sejenak. Sadar bahwa manusia harus mampu berharmoni dengan alam dan tuhan.

Sunset Di Pantai Padang Betuah
Sunset Di Pantai Padang Betuah. Sumber : steemit.com

5. Tradisi Danau Terbelah

Berwisata ke Danau Gedang menjadi kunjungan yang bernilai. Karena disana akan tersaji tradisi masyarakat sekitar yang bernama “Danau Terbelah”. Sebuah tradisi yang dilakukan  saat air danau tinggi.

Danau Terbelah adalah tradisi membuat pembatas dari pasir dengan alat-alat tradisional. Tumpukan tersebut bertujuan sebagai pembatas antara danau dengan laut.

Jangan dianggap enteng ya sob, untuk melakukan tradisi ini harus melibatkan banyak orang, bahkan ratusan masyarakat sekitar.

Tradisi ini sudah berlangsung lama sekali sejak dari jaman para leluhur dengan tujuan untuk menangkap jenis ikan, udang, dan kepiting yang ada di danau.Sebuah khazanah tradisi masyarakat yang sangat berharga.

Dan satu hal lagi bahwa masyarakat sekitar percaya bahwa limpahan ikan-ikan tersebut tidak akan pernah ada habisnya.

Jika para pengunjung ingin menyaksikan tradisi Danau Terbelah, maka datanglah saat air danau sedang tinggi, dan tradisi ini hanya dilakukan enam bulan sekali.

Lokasi

Alamat lokasi Pantai Padang Betuah atau kini disebut dengan Danau Gedang berada di Desa Padang Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Rute

Jika pemberangkatan pertama dari Kota Bengkulu, maka waktu tempuh perjalan sekitar 40 menit saja, karena jarak Kota Bengkulu dengan objek wisata tersebut hanya 25 kilometer.

Tetapi jika traveler berangkat melalui jalur lintas provinsi, maka total waktu tempuh hanya 20 menit saja.

Tiket

Harga tiketnya sangat murah sekali tidak berbanding dengan apa yang akan disajikan di objek wisata tersebut. Inilah rinciannya:

  • Rp.2000 / orang
  • Rp.2000 / motor
  • Rp.5000 / mobil

Tips Wisata

  • Cek terlebih dahulu kondisi kendaraan anda, karena ada beberapa jalan yang masih kurang bagus
  • Cek semua kebutuhan akomodasi, pastikan semua sudah siap
  • Berngkatlah pada saat cuaca cerah
  • Pastikan semua alat-alat kebutuhan wisata dibawa, terutama kamera
  • Buat suasana menyenangkan selama di perjalanan, karena tujuan wisata sejatinya adalah mencari kebahagiaan
  • Utamakan keselamatan dan kenyamanan berwisata

Penutup

Tanah Bengkulu adalah rangkaian keindahan alam beserta isinya. Manusia yang bijak adalah manusia yang mampu berharmoni dengan alam dan tuhan, sebagaimana Danau dan Pantai Padang Betuah yang mampu berharmoni secara sempurna.

Baca juga:

Leave a Comment