Pantai Panjang, Pantai 7 KM di Pesisir Barat Bumi Rafflesia

Pantai Panjang dinamakan “Panjang” karena memiliki garis pantai yang sangat panjang. Bahkan panjangnya mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter. Hal ini terjadi karena di sekitar pantai tidak terdapat karang.

Pantai Panjang dinamakan “Panjang” karena memiliki garis pantai yang sangat panjang. Mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter
Panjangnya Pantai Panjang. Image via: pedomanwisata.com

Ukuran yang luar bisa besar ini membuat pantai ini lebih indah saat surut. Karena hamparan pasir putihnya jadi terlihat sangat luas. Selain itu kondisi pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang meghiasinya memang sangat menarik dan mempesona sehingga mampu membuat para wisatawan untuk mendatangi tempat wisata ini.

Pengunjung Pantai ini  tidak hanya bisa menemukan warna biru dari laut dan putih dari pantai, tapi juga hijau dari pepohonan. Sebelim bersenang-senang bermain air laut pengunjung tentunya bisa duduk bersantai di bawah pepohonan ini sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang menyegarkan badan.

Selain itu, pepohonan cemara serta pinus yang tumbuh di sekitar pantai nampak begitu unik karena pengunjung mungkin tidak akan menjumpainya di pantai-pantai lainnya. Dan, tentu saja pepohonan cemara dan pinus ini menambah kesejukan suasana di sekitar pantai.

Pantai Panjang ini juga menjadi wisata olahraga, dengan berjogging di saat pagi atau pun sore hari di lintasannya. Pantai ini memiliki pasir putihnya yang sangat halus, tidak akan mengotori kaki saat berjalan-jalan.

Pnatia panjang memebrikan suasana romantis dan syahdu di sore hari
Senja di Pantai Panjang. Image via: @andree.pt

Simak juga: Pesona Bukit Khayangan Kerinci

Lokasi Pantai Panjang

Saking panjangnya, pantai ini sampai-sampai masuk kedalam wilayah 3 Kecamatan. Pantai ini masuk dalam wilayah Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban.

Rute Menuju Pantai Panjang

Pantai ini Letaknya sekitar 1.5 km dari pusat kota Bengkulu dan juga relatif mudah di temukan. Pengunjung bisa menuju lokasi pantai ini menggunakan mobil, minibus, taksi ataupun sepeda bermotor. Bila memulai perjalanan dari kota Bengkulu pengunjung bisa melalui rute Jl. Fatmawati menuju Jl. Ratu Agung kemudian lanjutkan ke Jl. Samudra Hinnga menuju Jl. Pariwisata hingga menjumpai lokasi pantai.

Pantai panjang yang indah tlah ditata sebagai pantai wisata
Pesona Pantai. Image via: wisataria.com

Jam Buka Pantai Panjang

Secara teknis tidak ada jam buka tutup di pantai panjang ini. Hal ini mungkin karena panjangnya pantai yang hingga 7 km itu. Dengan jam buka yang 24 jam dan jarak hanya 1,5 km dari pusat kota, pantai ini menjadi lokasi wisata ideal untuk bersantai. Sebagai lokasi wisata selingan maupun lokasi wisata utama.

Tiket Pantai Panjang

Pengunjung Pantai Panjang tidak dikenakan tiket masuk, alias gratis. Ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi pantai ini.

Fasilitas Pantai Panjang

Pada saat berada di panatai panjang pengunjung akan mendapati fasilitas penunjang yang diposisikan memanjang diantaranya restoran, taman bermain anak hingga fasilitas olah raga. fasilitas yang tersedia pun ukup lengkap, ada area parkir yang luas, kolam renang, minimarket, kedai penjual souvenir hingga cottage untuk tempat menginap.

Daya Tarik Pantai Panjang

  1. Pantai yang Indah

Pantai Pnajngan tampil sejuk dengan pepohonan cemara
Pepohonan pantai. Image via: reyginawisataindonesia

Simak juga: Surfing di Pantai Krui

Saat air laut surut, pesona pantai panjang seakan tersingkap ke permukaan. Pesona pantai timbul karena hamparan dari pasir putihnya terlihat demikian luas. Perpaduan antara warna putihnya pasir laut, birunya air laut dan hijaunya pepohonan yang ada disekitar menjadikan gradasi serta perpaduan warna yang begitu menakjubkan.

Deburan ombak laut yang silih berganti disusul dengan angin laut yang menerpa wajah dengan sangat lembut, membuat para pengunjung merasa begitu betah untuk berlama-lama dii kawasan pantai ini.

Di sekeliling pantai ini juga ditumbuhi dengan berbagai macam jenis peppohonan rindang seperti cemara dan pinus yang membuat suasana di pantai ini terlihat begitu sejukk walau terik matahari begitu memancarkan cahayanya.

  1. Kegiatan Pantai

Menikmati pantai Panjang dnegan bersantai
Menikmati Pantai. Image via: alamasedy.com

Di pantai ini ada cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti, bermain volly pantai, berenang, atau hanya sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati keindahan ombak dari pantai ini. Atau berjalan-jalan desekitar pantai sambil merasakan kelembutan dari pasir putih Pantai Panjang Bengkulu.

Tak hanya itu saja, bagi para pecinta kegiatan air seperti surfing, juga dapat menyalurka hobi dan bakat anda di pantai ini. Karena pantai ini merupakan tempat surfing yang cukup baik dengan ombaknya yang terbilang cukup besar. Sehingga bagi anda para surfer wajib untuk mencoba ombak Pantai ini.

  1. Jogging

OLahraga pagi Jogging di Pantai Panjang.
Jogging di Pantai Panjang. Image via: siberklik.com

Simak juga: Pesona Kalianda Lampung

Bagi pengunjung yang memutuskan menginap di Kota Jambi, bisa menyempatkan untuk berolah raga pagi sambil menikmati suasana pantai di pagi hari. Pengunjung bisa berolah raga lari-lari kecil di area jogging trek yang tersediadi sepanjang pantai panjang ini.

Jogging trek ini sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan posisi pantai yang menghadap ke arah barat sehingga meskipun sudah agak siap area ini tetap teduh terhalang pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai.

Kemudian, setelah itu biasanya pengunjung bisa melepas lelah dengan bermain air. Namun tetaplah berhati-hati karena pantai ini langsung menghadap ke samudra hindia yang ombaknya cukup berbahaya.

  1. Bersantai di Pantai

Pantai panjang memiliki fasilitas wisata untuk anak, seperti ATV.
Cara lain menikmati pantai panjang. Image via: @m.nackori

Setelah berkeringat dengan mealkukan jogging di pagi hari, pengunjung bisa bersantai dengan susuk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut yang nampak biru. Bermain pasir atu berkejar-kejaran dengan ombak yang menerjang pantai memang aktivitas seru yang bisa melepas lelah.

Selain itu, pengunjung juga akan mendapati penjaja makanan berupa samilan yang enak berkeliling di sekitar pantai. Salah satu menu makanan unik yang bisa di cicipi oleh pengunjung adalah kepiting goreng yang dibalut dengan tepung.

Mengenai rasanya kepiting ini terasa renyah dan juga enak meskipun ukurannya tidak terlalu besar. Dengan harga yang relatif murah kepiting goreng ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi perut setelah berolah raga sambil menikmati panorama laur yang indah.

  1. Festival Pantai Panjang

SAlah satu peserta Patung pasir dalam festival PAntai PAnjang.
Patung pasir dalam festival. Image via: bengkulu.antaranews.com

Simak juga: Alun-Alun Kidul Jogja

Dalam rangka mendukung pantai panjang sebagai ojek wisata, pemerintah provinsi Bengkulu secara rutin menyelenggarakan Festival Pantai Panjang. Festival ini diselenggarakan setiap tahun, dan sudah masuk dalam kalender event wisata nasional.

Selain itu, selam festival fanitia juga menyelenggrakan lomba kreasi pantai serta lomba funbike yang diikuti ribuan orang. Kemudianada juga pagelaran seni budaya, pasar rakyat, pesisir coffe corner hingga Bengkulu Expo. Semua kegiatan ini bertempat di Sport enter pantai Panjang dengan tujuan untuk mempromosikan pantai panjang agar lebih luas.

Foto kenangan di pantai panjang.
Foto kenangan. Image via: rochigambar

Objek Wisata Dekat Pantai Panjang

Dalam jarak hanya 2 km dari pantai Panjang, terdapat Benteng Marlborough. Objek wisata di Bengkulu ini merupakan benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur, setelah Fort St George di Madras, India. Benteng Malborough dibangun di rentang waktu 1713 sampai 1719 dengan luas area 44.100 meter persegi.

Selajutnya, ada Rumah Pengasingan Bung Karno yang jaraknya sekitar 2,4 km dari benteng Malborough. Di Rumah ini pengunjung bisa melihat rekam jejak sang proklamator Republik Indonesia bersama sang istri tercinta Fatmawati. Di area rumah ini pengunjung juga akan melihat surat cinta Soekarno untuk Fatmawati yang sangat romatis. Di sisi lain, rumah ini ditinggali oleh Soekarno dari tahun 1938 hingga tahun 1942.

Demikianlah sedikit cerita mengenai keindahan Pantai Panjang Bengkulu. Dengan mengunjungi langsung, tentu anda akan mendapati bahwa cerita ni hanya sebagian kecil saja dari ratusan pesona yang dimiliki pantai indah ini.

Semangat Berlibur!

Baca juga:

Leave a Comment