Pantai Panjang, Keindahan Pantai Yang Tak Berujung Di Bengkulu

Jika kamu berkunjung ke Bengkulu, jangan lewatkan mengunjungi sebuah pantai yang berada di 3 kecamatan. Ya, pantai ini saking panjangnya berada di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Sagara, dan Kecamatan Ratu Samban.

Oleh karena itulah dikenal dengan nama Pantai Panjang, panjang dari pantai tersebut mencapai 7 km dan lebarnya yang mencapai 500 meter.

Banyak pengunjung yang datang untuk lari atau jogging di pagi ataupun sore hari di pinggiran pantainya. Selain itu area Pantai Panjang juga selalu digunakan untuk kegiatan Volly pantai.

Di sepanjang Pantai Panjang terdapat beberapa warung makanan dan minuman sederhana yang dilengkapi tempat duduk yang mengarah ke laut.

Jadi kamu dapat duduk-duduk santai sambil menikmati hamparan laut biru yang dihiasi ombak yang cukup kencang. Angin lautnya mampu menyejukkan cuaca yang sedang panas.

Pantai ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk kegiatan refreshing bersama seluruh anggota keluarga.

pantai panjang yang membentang
pantai panjang yang membentang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pesona Bukit Khayangan Kerinci

Berikut beberapa hal mengenai Pantai Panjang:

Lokasi Pantai Panjang

Lokasi Pantai Panjang berada di kawasan Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Rute Menuju Pantai Panjang

Rute menuju Pantai Bengkulu jika berangkat dari pusat Kota Bengkulu akan menempuh jarak sekitar 1,5 km, lokasinya sangat mudah untuk dilalui oleh kendaraan apapun.

Kamu tinggal arahkan kendaraanmu menuju Jl. Fatmawati lalu menuju Jl. Ratu Agung kemudian arahkan hingga tiba di Jl. Samudera teruslah melaju hingga tiba di lokasi pantai.

Kamu dapat memilih sendiri mau berhenti dimana. Sebelum menuju area pantai kamu akan melewati taman indah nan sejuk, yang sudah tersedia beberapa tempat duduk untuk kamu bersantai menikmati waktu.

Jam Buka Pantai Panjang

Jam operasional Pantai Panjang dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Jadi kamu dapat menikmati kedamaian pantai ini kapan saja.

landmark pantai panjang
landmark pantai panjang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tiket Pantai Panjang

Tiket masuk Pantai Panjang gratis kamu dapat menikmati keindahan Pantai Panjang secara cuma-cuma, mungkin kamu hanya perlu membayar untuk parkir saja.

Fasilitas Pantai Panjang

Fasilitas yang ada di Pantai Panjang diantaranya:

  • Area parkir yang tersebar dibeberapa titik
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area Spot Foto
  • Wahana permainan seru
  • Sport center

Daya Tarik Pantai Panjang

Selain pantainya yang memanjang, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat menjaring wisatawan untuk terus berdatangan. Daya tarik yang dimiliki Pantai Panjang diantaranya:

1. Pantai Yang Menawan

bermain air di pantai panjang
bermain air di pantai panjang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Surfing di Pantai Krui

Pesona Pantai Panjang akan terlihat jelas ketika air laut sedang surut, dimana kamu dapat melihat begitu luasnya hamparan pasir putih nan lembut ini.

Kamu dapat melakukan beberapa kegiatan di pinggir pantai yang lebar tersebut. Deburan ombaknya cukup menjadi pusat perhatian telinga, hembusan anginnya mampu mengayunkan pakaian yang kamu gunakan.

Pantai Panjang terlihat membentang seperti tak berujung, kamu akan berjalan di atas lembutnya pasir yang menghiasi pantainya.

Di beberapa bagian tidak terdapat hamparan pasir, yang ada hanyalah jalan yang sudah di paving, air hempasan ombaknya kembali setelah menerpa bebatuan yang ada.

Sejuknya taman membuat suasana menjadi lebih adem, ya tak jauh dari area pantai terdapat taman yang dihiasi pohon cemara dan pinus.

Jangan lewatkan untuk melihat keindahan Pantai Panjang dengan hiasan eloknya matahari terbit dan matahari tenggelam, sungguh merupakan panorama alam yang luar biasa cantik.

menyaksikan sendiri indahnya pergantian hari
menyaksikan sendiri indahnya pergantian hari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Ragam Wisata Yang Dapat Dilakukan

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Panjang diantaranya:

  • Jogging

jogging track
jogging track. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di Pantai Panjang tersedia Jogging Track untuk kamu yang senang olahraga lari, area ini akan dihiasi pengunjung yang lari ketika pagi maupun sore hari.

  • Volly Pantai

Karena memiliki lebar pantai sekitar 500 meter, pasir pantainya sering digunakan kegiatan volly pantai.

  • Surfing

Pantai Panjang memiliki deburan ombak yang cukup kuat, sehingga cocok banget untuk melakukan kegiatan berselancar atau surfing.

  • Bermain ATV

Untuk bermain Atv di Pantai Panjang kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 50.000 per 20 menit.

  • Berkeliling menggunakan delman

mengelilingi pantai dengan menggunakan delman
mengelilingi pantai dengan menggunakan delman. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu hendak berkeliling pantai menggunakan delman, kamu akan membayar sekitar Rp. 30.000 per delman. Satu buah delman hanya dapat berisi 4 orang saja. Kamu akan diajak melihat keindahan pantai dari ujung hingga ke ujung.

  • Bermain pasir pantai

Pasir di Pantai Panjang lembut dan berwarna putih kecokelatan, ajaklah anak-anak untuk berimajinasi membuat sesuatu dengan pasir Pantai Panjang ini, pasti seru sekali.

  • Bermain Sepeda

Dengan membayar sewa sebesar Rp. 20.000, kamu dapat bersepeda di atas hamparan pasirnya yang lembut. Ada juga sepeda yang bisa digunakan oleh dua orang loh, harga sewanya sekitar Rp. 30.000 saja per sepeda. Kamu dapat bermain sepeda mengelilingi Pantai Panjang selama 1 jam.

Simak juga: Pesona Kalianda Lampung

3. Menyaksikan Festival Pantai Panjang

panggung hiburan di momen tertentu
panggung hiburan di momen tertentu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Alun-Alun Kidul Jogja

Selain menikmati keindahan pantainya yang memukau serta mencoba wahana permainan yang ada, kamu juga dapat menyaksikan festival Pantai Panjang.

Festival ini sudah menjadi agenda tahunan dari lokasi wisata yang satu ini. Event yang akan diselenggarakan biasanya lomba kreasi pasir, lomba foto dan vlog, volly pantai, surfing competition, dan masih banyak lagi.

Kegiatan festival tersebut dihibur dengan kehadiran musisi Bengkulu serta terdapat pagelaran seni budaya yang dapat kamu saksikan.

Penginapan

Untuk kamu yang datang dari luar kota Bengkulu, di sekitar Pantai Panjang sudah tersedia beberapa penginapan atau cottage yang dapat kamu sewa. Seperti:

  1. Pantai Putih Resort, dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp. 247.934 per malamnya.
  2. Amaris Hotel Bengkulu, harga yang coba ditawarkan kira-kira Rp. 360.667 per malamnya.
  3. Hotel Nala Sea Side, harga yang harus kamu bayar sekitar Rp. 289.726 per malamnya.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Panjang, yakni diantaranya:

  • Gunakan topi atau kacamata hitam ketika hendak berkeliling di Pantai Panjang.
  • Untuk mendapatkan harga terbaik dalam menyewa permainan yang ada, jangan lupa untuk tawar menawar.
  • Berhati-hatilah ketika bermain air di Pantai Panjang.
  • Jaga selalu kebersihan area wisata yang satu ini.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Panjang.

Penutup

Pantai Panjang memang sungguh mempesona, tempat yang cocok untuk membawa serta seluruh keluarga tercinta menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan.

Mungkin keadaannya akan sangat berbeda ketika pandemi seperti sekarang, namun keindahannya tak pernah berubah.


Leave a Comment