Benteng Marlborough, Benteng Kura-Kura Wisata Sehari Menjadi Raja

Menjadi raja dan ratu adalah sebuah imajinasi yang sangat menyenangkan. Berjalan menyusuri benteng pertahanan, memantau persiapan persenjataan, melihat ke laut luas takutnya ada musuh yang menyerang benteng pertahanan, sungguh imajinasi yang sangat menyenangkan.

Ini dia objek wisata yang menyajikan para pengunjung seolah-olah menjadi raja dan ratu sehari. Namanya Benteng Marlborough yang ada di Provinsi Bengkulu.

Para wisatawan dapat menyusuri sebuah benteng yang dibangun tahun 1714-1719 di atas bukit buatan, yang menghadap ke Samudera Hindia dan Kota Bengkulu. Berdiri di atas tanah seluas 44.000 meter persegi, dan ukuran fisiknya 240 x 170 meter. Adapun ketinggian dindingnya bervariasi 8 – 8.50 meter, dan ketebalan 1.85 – 3 meter.

Benteng Marlborough - Bengkulu
Benteng Marlborough – Bengkulu. Sumber : www.tuntasonline.com

Benteng tersebut dibangun di masa penjajahan Inggris di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet. Bentuk atau tipe bangunan serupa dengan bentuk benteng-benteng yang ada di Eropa, seperti kura-kura. Pintu gerbang menjadi kepala kura-kura, dan area benteng menjadi badannya.

Jika anda pernah nonton film Red Cliff, salah-satu film kolosal terbaik yang menceritakan tentang sebuah peperangan di China. Dimana dalam film tersebut diperlihatkan formasi perang dalam bentuk formasi kura-kura adalah pertahanan yang sulit ditembus.

Kembali kepada bentuk Benteng Marlborough, mungkin saja bentuknya yang menyerupai kura-kura bertujuan untuk membangun sebuah benteng pertahanan yang sulit ditembus oleh pihak musuh.

Kayaknya para pemain game Empire Age dan Stronghold akan setuju dengan konsep membangun benteng yang sulit ditembus musuh itu harus seperti kura-kura.

Gerbang Benteng Marlborough
Gerbang Benteng Marlborough. Sumber : www.dutawarta.com

Menyusuri Benteng Marlborough menjadi sebuah keindahan yang sulit dilukiskan. Keberadaan 72 meriam di area tersebut semakin menegaskan bahwa pengunjung sedang berada di sebuah benteng terbaik yang pernah ada di Indonesia.

Ada catatan khusus bagi penulis, sepandai – pandainya tupai melompat, akhirnya terjatuh juga. Sehebat apapun pertahanan benteng tersebut, nyatanya masih bisa ditembus oleh masyarakat Bengkulu, luar biasa.

Kejadian pertama, benteng tersebut dibakar oleh rakyat Bengkulu sebagai bentuk perlawanan terhadap bentuk penjajahan. Sehingga para penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras.

Kejadian ke dua pada tahun 1793, serangan kembali dilakukan oleh rakyat Bengkulu. Kali ini korban dari pihak Inggris lebih banyak, yang mengakibatkan opsir mereka yang bernama Robert Hamilton tewas.

Tidak berhenti sampai di tahun 1793, serangan yang dilakukan pada tahun 1807 mengakibatkan Residen Thomas Parr tewas. Kemudian untuk mengenang kejadian tersebut, pemerintah Inggris membangun monumen-monumen di Kota Bengkulu.

Berwisata ke Benteng Marlborough menjadikan bukan sekedar wisata biasa. Para pengunjung dapat memahami serta mengagumi perjuangan rakyat Bengkulu saat itu.

Benteng Marlborough menjadi saksi sejarah, dan menjadi saksi sebuah kehebatan perjuangan. Inilah wisata mahakarya perjuangan anak bangsa, sebuah wisata sejarah di tengah pesona pantai yang mengagumkan.

Keindahan Benteng Marlborough
Keindahan Benteng Marlborough. Sumber : majalahpeluang.com

Spot Wisata Benteng Marlborough

Sekali mendayung dua pulau terlewati, berwisata ke Fort Marlborough bukan sekedar berwisata tentang benteng saja, namun ada beberapa spot wisata di area tersebut yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Diantaranya :

1. Benteng Marlborough / Fort Marlborough

Tentu saja spot pertama yang ditawarkan kepada wisatawan adalah area benteng secara kelesuruhan, baik di luar maupun di dalam.

Di area dalam benteng menjadi sebuah sensasi yang ditawarkan kepada pengunjung seolah-olah menjadi raja dan ratu sehari.

Bentuk bangunan benteng yang menyerupai kura-kura dengan lantai bangunan yang masih terbuat dari ubin, batu karang, dan atapnya menggunakan genteng.

Benteng Marlborough berdiri di atas bukit buatan, serta pintu gerbang yang menghadap ke kota Bengkulu. Dari atas benteng, para wisatawan dapat melihat langsung ke arah pantai eksotis yaitu Pantai Tapak Paderi, dan Samudera Hindia.

Dan jangan lupa abadikan momen tersebut dalam kamera ponsel, dijamin membuat iri orang yang melihat.

Benteng Di Tengah Pemandangan Pantai Dan Kota
Benteng Di Tengah Pemandangan Pantai Dan Kota. Sumber : republika.co.id

2. Gerbang Utama

Seni arsitektur pintu gerbang utama yang terbuat dari kayu dan besi menjadi spot selfie favorit pengunjung.

 

Gerbang Benteng Marlborough
Gerbang Benteng Marlborough. Sumber : www.dutawarta.com

3. Ruangan Area Dalam Benteng

Ada banyak ruangan yang ada di dalam benteng tersebut gambaran sejarah masa lalu. Ruangan tersebut pernah difungsikan sebagai :

  • Ruangan kantor
  • Ruang tahanan
  • Gudang senjata
Bangunan Di Dalam Benteng
Bangunan Di Dalam Benteng. Sumber : cahpantai.com

4. Bastion

Bangunan penjagaan di empat sudut benteng yang artistik. Bastion atau tempat penjagaan ini berbentuk segi lima dengan celah pengintai berbentuk segitiga di dinding Bastion. Mirip dengan apa yang ada di film peperangan.

Bastion Di Setiap Sudut
Bastion Di Setiap Sudut. Sumber : blog.spacestock.com

5. Halaman Tengah

Halaman yang luas dan terbuka di tengah-tengah benteng. Di masa lampau area luar maupun dalam benteng salah-satunya difungsikan menjadi pusat pemukiman.

Nah, halaman tersebut sangat dimungkinkan menjadi tempat berlatih para pasukan, juga tempat berkumpul dan berlindung penduduknya dari serangan musuh.

Halaman Tengah Marlborough
Halaman Tengah Benteng Marlborough. Sumber : www.triptrus.com

6. Meriam

Keberadaan 72 meriam di area dalam Benteng Marlborough semakin membawa imajinasi para wisatawan untuk sejenak berada di masa lampau.

Keberadaan 72 meriam menjadi saksi perjuangan anak bangsa terbebas dari penjajahan.

Deretan Meriam Di Benteng Marlborough
Deretan Meriam Di Benteng Marlborough. Sumber : backpackerjakarta.com

7. Parit Pertahanan

Seperti halnya di film-film perang, atau dalam game bergenre kerajaan, maka lokasi benteng pertahanan selalu dikelilingi oleh parit.

Begitupun dengan Benteng Marlborough. Sebelum memasuki area dalam benteng, maka pemandangan pertama yang akan dilihat oleh pengunjung adalah pemandangan parit sebagai pertahanan awal Fort Marlborough.

Parit Pertahanan Benteng
Parit Pertahanan Benteng. Sumber : travel.detik.com

8. Pantai Tapak Paderi

Tidak jauh dari lokasi Benteng Marlborough terdapat pantai yang sangat mempesona, yaitu Pantai Tapak Paderi.

Sebuah pantai yang berbatasan langsung dengan Samuder Hindia dan memiliki garis pantai yang panjang.

Sunset Tapak Paderi
Sunset Tapak Paderi. Sumber : correcto.id

Keindahan sunset Pantai Tapak Paderi salah-satu magnet utama datangnya wisatawan. Tetapi selain itu, di sana juga terdapat spot menarik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Diantaranya :

  • Pondok Sandal Jodoh
  • Wisata Kuliner
  • Souvenir

Keindahan Benteng Marlborough yang berpadu dengan keindahan Pantai Tapak Paderi menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Penginapan

Para wisatawan tidak perlu cemas jika berkunjung ke Benteng Marlborough mesti menginap dimana. Karena banyak hotel maupun penginapan yang sudah beroperasi siap melayani wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Harga Tiket

Para wisatawan yang datang ke Benteng Marlborough akan dikenakan biaya Rp.2500 saja. Harga yang sangat murah sekali. Sangat cocok jika anda datang bersama keluarga, harga tiketnya tidak akan banyak menguras uang saku.

Lokasi Benteng Marlborough

Alamat lokasi Benteng Marlborough berada di Jalan Benteng Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.

Rute

Akses untuk menuju Benteng Marlborough sangat mudah sekali. Jika transit pertama melalui bandara Fatmawati, maka para wisatawan tinggal sewa mobil yang ada di sekitar area bandara.

Jarak dari Bandara Fatmawati menuju Fort Marlborough sekitar 15 kilometer dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit.

Jika transit pertama adalah di Kota Bengkulu, maka waktu yang dibutuhkan menuju area tersebut sekitar 15 menit. Bisa menggunakan mobil, minibus, taxi, maupun motor.

Penutup

Kini Indonesia telah merdeka. Benteng Marlborough menjadi saksi bahwa di negeri ini pernah dijajah karena pesona alam bumi pertiwi yang begitu memikat bangsa luar.

Benteng Marlborough menjadi saksi bahwa di tanah Bengkulu pernah lahir anak bangsa dan para pahlawan yang berhasil mengusir penjajah.

Inilah objek wisata sejarah yang wajib dikunjungi oleh anda bersama keluarga.

Baca juga:

Leave a Comment