Wisata Sambil Terapi Di Pasir Pantai Duayu Sekundang

Terdapat sebuah pantai yang sangat terkenal di negara Jepang yang bernama Pantai Ibusuki. Selama 300 tahun lamanya pasir pantai tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan beberpa tahun ini dipercaya menjadi perawatan kecantikan kulit.

Tapi tahukah anda bahwa di Indonesia juga terdapat pantai dengan pasirnya yang sama-sama dipercaya dapat menyebuhkan penyakit? Sebetulnya banyak sekali pantai yang pasirnya dipercaya menjadi obat alami.

Salah-satunya di sebuah pantai eksotis di Bengkulu Selatan, tepatnya di Kota Manna terdapat pantai yang pasirnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nama pantai tersebut adalah Pantai Duayu Sekundang atau disebut juga Pantai Pasar Bawah.

Pantai Duayu Sekundang Atau Pantai Pasar Bawah
Pantai Duayu Sekundang Atau Pantai Pasar Bawah. Sumber : wisato.id

Memang Bengkulu merupakan daerah yang memiliki potensi alam yang sangat banyak sekali dan layak untuk dijadikan destinasi wisata.

Pemerintah daerahnya sadar akan potensi tersebut, bahkan jika tidak terhalang oleh situasi pandemi akan dilaksanakan Visit 2020 Wonderful Benkulu. Sebagai sebuah kegiatan promosi untuk memperkenalkan wisata yang ada di Bengkulu.

Destinasi wisata yang ada di Bengkulu patut dibangakan, salah-satunya wisata bahari. Tercatat sebanyak 18,98 persen orang berkunjung ke Bengkulu untuk melakukan wisata bahari.

Pada tahun 2018 berdasarkan hasilsurvei yang dilakukan oleh BPS berkaitan dengan wisata nusantara, tercatat sebanyak 2.154.928 kali wisatawan berkunjung ke objek wisata yang ada di Bengkulu.

Wonderful Bengkulu 2020
Wonderful Bengkulu 2020. Sumber : pedomanbengkulu.com

Pantai Duayu Sekundang atau disebut juga Pantai Pasar Bawah adalah bagian tak terpisahkan dari Begkulu, bahkan mejadi salah-satu kebanggaan wisata baharinya.

Pantai Pasar Bawah selalu menjadi tujuan utama wisata apalagi saat libur tiba. Karena ragam wisata di pantai tersebut banyak sekali, maka wajar jika pantai ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Lokasi ini sangat dekat dengan Kota Manna, sekitar 1 kilometer saja. Ombak di pantai ini memiliki gelombang yang sedang dan pasir pantai yang dipercaya dapat menjadi obat alami bagi bermacam jenis penyakit.

Pantai Duayu Sekundang menjadi perpaduan wisata keindahan alam dengan wisata terapi kesehatan. Pantai Pasar Bawah layak masuk list liburan anda selanjutnya.

Pasar Bawah Beach
Pasar Bawah Beach. Sumber : www.10travlr.com.au

Ragam Wisata Dan Aktivitas Di Pantai Duayu Sekundang

Sebetulnya ada apa saja sih di lokasi pantai tersebut sehingga selalu dipadati oleh para wisatawan? Bagi yang belum tahu, inilah ragam aktivitas dan pesona Pantai Duayu Sekundang :

1. Pesona Alam Pantai

Yang pertama adalah pesona pemandangan pantai yang memikat mata para wisatawan. Gelombang ombak yang sedang, udara pantai, deburan ombak, serta deretan pepohonan menjadi bagian penyejuk mata yang melihat.

Panorama sunset menjadi momen yang tidak ingin dilewatkan oleh setiap pengunjung. Hasil jepretan kamera saat sunset selalu disukai oleh para pemburu fotografi.

Sensasi sunset semakin menambah romantisme. Inilah momen indah saat berada di Pantai Duayu Sekundang. Keseruan lebih terasa jika anda datang bersama orang yang anda sayangi.

Sunset Di Pantai Duayu Sekundang
Sunset Di Pantai Duayu Sekundang. Sumber : wisato.id

2. Terapi Pasir Pantai Duayu Sekundang

Yang ke dua adalah daya tarik pasir pantainya. Pasir Pantai Duayu Sekundang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebetulnya banyak sekali pantai-pantai di Indonesia yang pasirnya dipercaya menjadi obat alami yang sangat mujarab. Bahkan di Jakarta, di beberapa hotel bintang lima menyajikan spa dengan terapi pasir pantai.

Sekitar pukul 11.00 sampai denga pukul 13.00 para wisatawan yang ada di Pantai Pasar Bawah mengubur tubuh mereka di dalam pasir pantai.

Untuk menghindari teriknya sinar matahari yang langsung ke wajah, mereka menutupi kepala dengan topi, payung bahkan baju.

Sesekali para wisatawan berteduh dulu di bawah pohon rindang saat merasa kepanasan, atau berteduh di warung dekat pantai sambil menikmati kesegaran kelapa muda dan manisnya jagung bakar.

Pantai Duayu Sekundang menyajikan kebahagiaan dan kesehatan dalam berwisata.

Terapi Pasir Pantai
Terapi Pasir Pantai. Sumber : bengkulu.antaranews.com

3. Kolam Renang

Bagi yang takut berenang di pantai apalagi saat arus besar, maka para wisatawan tidak perlu merasa kecewa. Karena di lokasi pantai ini terdapat spot kolam renang dengan view pemandangan pantai.

4. Fasilitas Olah Raga

Bukan hanya pasir pantai saja sebagai spot kesehatan di pantai ini. Terdapat beberapa fasilitas olah raga lainya di sekitar pantai, dan yang paling terkenal adalah lapangan Tennis .

5. Taman Bermain

Pantai Duayu sekundang merupakan pantai yang sangat cocok menjadi wisata keluarga. di pantai tersebut terdapat wahana bermain anak atau disebut juga panggung bermain.

Lokasi panggung tersebut masih di dekat pantai, tidak terlalu panas karena banyak pohon-pohon yang melindungi mereka dari panasnya sinar matahari.

Jangan dibayangkan panggung dari kayu ya, area bermain ini sudah tertata baik dengan konsep panggung seperti bale-bale dengan dinding tembok dan berada di atas anak tangga, sehingga seperti panggung.

Dengan demikian para orang tua yang membawa anak-anaknya berlibur ke pantai ini dapat merasakan ketenangan saat melihat mereka bermain.

Wanahana Bermain Untuk Anak
Wanahana Bermain Untuk Anak. Sumber : www.bengkuluinteraktif.com

6. Tempat Pelelangan Ikan

Mata pencaharian masyarakat setempat yang utama adalah sebagai nelayaa. Maka di lokasi Pantai Pasar Bawah terdapat lokasi pelelangan ikan.

Saat pelelangan ikan ada baiknya traveler membeli ikan di sana untuk dibawa ke rumah. Karean ikannya masih segar, banyak ragamnya, serta lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Tempat Pelelangan Ikan
Tempat Pelelangan Ikan. Sumber : www.asgolnews.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Duayu Sekundang Atau Pantai Pasar Bawah

Lokasi dan alamat Pantai Duayu Ssekundang atau Pantai Pasar Bawah berada di Desa / Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna Kota / Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu

Rute Menuju Pantai Duayu Sekundang

Bagi yang datang dari Palembang, Sumatera Selatan, bisa melewati Pagaralam lalu menuju Taanjung Sakti. Setelah melewati perbukitan anad akan tiba di Kota Manna.

Adapun total jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jam Operasional Pantai Duayu Sekundang Atau Pantai Pasar Bawah

Jam operasional Pnatai duayu sekundang adalah full 24 jam dari hari Senin – Minggu

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Duayu Sekundang Atau Pantai Pasar Bawah

Harga tiket masuk ke objek wisata ini sebesar Rp. 10.000 rupiah per orang

Penginapan Di Pantai Duayu Sekundang Atau Pantai Pasar Bawah

Terdapat penginapan di dekat pantai Pasar Bawah dengan view pantai yang sangat indah. Adapun harga yang ditetapkan sesuai jenis dan fasilitas yang didapatkan

Tips Wisata

  • Seluruh perlengkapan seperti : alat-alat, baju ganti, obat-obatan, kamera dipastikan sudah dibawa
  • Selalu utamakan kenyamanan dan keamanan dalam berwisata
  • Ikuti protokol yang  sudah ditetapkan oleh pihak pengelola
  • Jangan merusak area rekreasi
  • Jangan membuang sampah sembarangan

Penutup

Itulah pantai yang menyajikan keindahan serta terapi kesehatan bagi para wisatawan di Bengkulu Selatan. Jadilah pengunjung yang selalu menjaga kebersihan serta keindahan objek wisata yang dikunjungi.

Perlahan namun pasti, surga-surga tersembunyi di tanah air akan terbuka dan tertata seiring perkebangan jaman. Sejatinya potensi alam yang ada adalah warisan nyata untuk generasi penerus, supaya meraka bangga dengan nama Indonesia.

Selamat berlibur, dan selalu jaga kesehatan dan kebahagiaan.

Baca juga:

Leave a Comment