Pantai Bengkenang, Wisata Bengkulu Yang Mulai Menggeliat

Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan kabupaten yang ada di bagian selatan Provinsi Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Dan di sebelah barat Kabupaten Bengkulu Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia. Dengan demikian wajar saja jika Kabupaten ini memiliki wisata bahari yang patut dibanggakan.

Salah – satunya sebuah pantai yang menyajikan konsep kekinian dipenuhi dengan spot selfie yang instagrammable yang bernama Pantai Bengkenang.

Pantai Bengkenang
Pantai Bengkenang. Sumber : www.pantainesia.com

Pantai Bengkenang adalah pantai yang sangat cocok bagi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dan dewasa. Maka jangan heran jika saat libur tiba, pantai ini selalu menjadi bagian tujuan wisatawan lokal pada khususnya.

Ragam Wisata, Aktivitas, Dan Pesona Pantai Bengkenang

Pantai Bengkenang adalah pantai dengan konsep besarnya adalah menyajikan spot indah bagi para pengunjungnya.

Bengkenang Beach dikelilingi oleh hijaunya area pesawahan, dan perkebunan. Di sepanjang bibir pantai terdapat pohon kelapa yang berjajar dan tegak ke atas sebagai bagian tak terpisahkan sebagai pohon yang pasti ada di setiap pantai.

Pesona Keindahan Pantai Bengkenang
Pesona Keindahan Pantai Bengkenang. Sumber : riskaaprizaa.blogspot.com

Namun berbeda dengan pantai lainya, di pantai ini kita sulit bermain di area pasir pantai. Karena posisi setelah daratan adalah genangan air, kemudian pasir pantai.

Tetapi, perbedaan itu justru menjadi kelebihan bagi Pantai Bengkenang.karena para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai di atas hamparan rumput hijau sehingga memberikan keteduhan saat berada di lokasi tersebut.

Saat memandang ke laut, para wisatawan dapat melihat lekukan pasir pantai yang indah yang membentang di sepanjang Pantai Bengkenang.

Lekukan tersebut diakibatkan ombak yang datang, seolah – olah ombak tersebut sedang melukis keindahan alam yang mempesona.

Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai tanpa takut kepanasan, karena di sana sudah disediakan tempat atau bangunan untuk berteduh dengan alas rerumputan.

Dan yang paling penting, Bangkenang Beach terkenal karena spot selfie yang dikreasikan unik, cantik, serta warna – warni dengan latar pemandangan alam.

Ragam Spot Selfie
Ragam Spot Selfie. Sumber : fennywahyuni23.blogspot.com

Tentu saja, hasil tangkapan kamera di pantai ini sangat layak untuk anda posting dan share di media sosial. Tidak sedikit juga pengunjung yang datang untuk membuat konten video demi kebutuhan media sosialnya.

Beberapa kreasi unik dan kreatif yang ada di Pantai Bengkenang diantaranya :

  • Spot selfie kayu yang membentuk gambar atau lambang “Love” yang berlatarkan pantai
  • Ayunan
  • Patung angsa dan bebek
  • Taman Rumput
  • Tempat Duduk Kayu

Di area tersebut, juga terdapat beberapa kedai yang menyajikan makanan dan minuman dengan sajian rasa yang sangat nikmat dan bersahabat di dompet para pengunjung.

Itulah pesona Pantai Bengkenang, sebuah objek wisata di Bengkulu yang mulai menggeliat untuk mendapatkan ruang di mata dan hati para wisatawan.

Pohon Kelapa Di Pantai Bengkenang
Pohon Kelapa Di Pantai Bengkenang. Sumber : id.pinterest.com

Sejarah Pantai Bengkenang

Salah – satu mata pencaharian masyarakat sekitar Pantai Bengkenang adalah mencari batu dan pasir. Bermula dari kepedulian beberapa warga setempat yang ingin menjadikan Pantai Bengkenang bukan hanya sekedar untuk mecari batu dan pasir saja.

Masyarakat setempat melihat bahwa keindahan Pantai Bengkenang mengandung dimensi wisata yang dapat menarik para wisatawan lokal pada khususnya.

Kehidupan Masyarakat Sekitar Pantai
Kehidupan Masyarakat Sekitar Pantai. Sumber : www.youtube.com

Dan benar saja, hanya baru ditata dengan spot kekinian yaitu berupa spot selfie saja, pantai ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan.

Dari sana mulailah Pantai Bengkenang berbenah dan menata diri setahap demi setahap menjadi objek wisata yang siap bersaing dengan objek wisata lainnya yang sudah “senior”.

Bahkan, dilansir dari radarbengkulu.com tanggal 15 September 2020 diberitakan bahwa pemerintah setempat berencana menanam berbagai macam pohon sepanjang Taman Wisata Alam sepanjang pesisir pantai, dan berawal dari Panti Bengkenang sampai ke Kedurang.

Penanaman Pohon Oleh Pemerintah Setempat
Penanaman Pohon Oleh Pemerintah Setempat. Sumber : www.radarbengkuluonline.com

Pohon – pohon tersebut seperti  pohon Ketaping, pohon Asam, Cemara, Pala, dan Trembesi. Jika pohon – pohon ini sudah tumbuh besar, bayangkan sebuah keteduhan tersaji di sepanjang pesisir pantai, termasuk di Pantai Bengkenang.

Kuliner

Setelah lelah seharian bermain dan menikmati keindahan Pantai Bengkenang, tentu saja perut kalian menjadi lapar. Nah, saya sarankan jika kalian berkunjung ke suatu lokasi wisata dimanapun itu, cobain deh kuliner khas daerah tersebut.

Begitu juga di Pantai Bengkenang yang berlokasi di Manna mempunyai kuliner khas Manna yang bukan main enaknya saat dicicipi.

Nama kuliner tersebut adalah Gulai Kamba’ang. Gulai dengan kuah yang kuat rasa rempah-rempahnya, dengan topping utama adalah iga sapi.

Gulai Kamba'ang
Gulai Kamba’ang. Sumber : jelajahindonesia2017.wordpress.com

Yang sudah terkenal menyajikan Gulai Kamba’ang berada di Pasar Kuatu dan Pasar Ampera. Cobain deh, rasanya nggak bakalan mengecewakan lidah dan perut kalian.

Sebetulnya masih banyak makanan khas Manna yang wajib dicoba, seperti :

  • Cak Uncung
  • Lontong Tunjang
  • Gulai Lema

Semua makanan khas Manna mempunyai kekuatan rasa dan rempah-rempah yang khas. Kuliner ini merupakan tradisi serta warisan dari para pendahulu yang wajib dilestarikan dan dikembangkan.

Dengan pesatnya perkembangan dunia digital, seharusnya kuliner – kuliner yang ada di Indonesia harus mampu bersaing dengan kuliner yang ada di luar negeri.

Jangan minder dengan rasa, karena nyatanya semua kuliner di Indonesia sangat nikmat di lidah dan di perut. Bukankah rendang dari Padang telah membuktikan bahwa kuliner Indonesia pernah menjadi nomor satu di dunia?

Lokasi Dan Alamat Pantai Bengkenang

Lokasi dan alamat Pantai Bengkenang berada di Desa / Keurahan Tj. Besar Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu – Indonesia.

Rute Menuju Pantai Bengkenang

Rute menuju Pantai Bengkenang bisa melalui Jalan Depati Payung Negara / Jalan Lintas Barat Sumatera Di Bengkulu.

Kemudian lanjutkan perjalanan anda menuju Jalan Lintas Pd. Kubang – Simpang Keroya, kemuadian masuk ke Jalan Taman Tahura.

Setelah itu, rute selanjutnya menuju ke Jalan Samsul Bahrun kemudian ke Jalan Irian, masuk ke Jalan Danau, kemudian belok kiri ke Jalan Zainul Arifin.

Setalah itu, lanjutkan menuju Jalan Tim. Indah Raya, belok kiri ke Jalan Hibrida, kemudian masuk ke Jalan Raden Fatah.

Jam Operasional

Pantai Bengkenang beroperasi selama 24 jam dari hari Senin sampai hari Minggu

Harga Tiket Masuk Pantai Bengkenang

Harga tiket masuk menuju Pantai Bengkenang sebesar Rp. 7.000 per orang

Penginapan Di Pantai Bengkenang

Ada beberapa ragam penginapan dengan harga dan jenis fasilitas yang ditawarkan berbeda-beda. Jarak penginapan ke Pantai Bengkenang rata-rata sekitar 5 kilo meter, berada di Manna.

Tips Wisata

Ada beberapa tips jika anda hendak berkunjung ke Pantai Bengkenang. Diantaranya :

  • Pastikan cuaca pada saat anda akan berwisata itu cerah
  • Jangan sampai barang bawaan seperti perlengkapan dan logistik ada yang ketinggalan
  • Selalu buat nyaman dan aman selama di perjalanan, di lokasi wisata, hingga pulang kembali
  • Abadikan momen bahagia anda
  • Selalu ikuti protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola maupun pemerintah

Penutup

Itulah review tentang Pantai Bangkenang. Semoga dapat menjadi sebuah referensi saat anda ingin menuju ke sana.

Kemanapun dan dimanapun lokasi wisatanya, jangan sampai anda merusak dan membuang sampah ke mana saja ya…

Selamat berlibur dan tetaplah bersyukur…

Baca juga:

Leave a Comment