Kampung Durian, Saat Pesona Bukit Dan Sawah Menjadi Satu Di Bengkulu Tengah

|

Kampung Durian, atau secara resminya ditulis Kampoeng Durian, adalah wisata Kabupaten Bengkulu Tengah yang sedang populer di masyarakat saat ini.

Kampung Durian secara umum menyajikan harmoni alam berupa bukit-bukit cantik, area sawah, dan sungai, yang dilengkapi dengan beragam wahana wisata yang akan memanjakan para wisatawan.

kampoeng durian bengkulu
kampoeng durian bengkulu. google maps. sumber: Kampoeng Durian

Istilah Kampung Durian, atau Kampoeng Durian bukan hanya ada di Bengkulu Tengah saja. beberapa daerah lain di Indonesia juga memiliki nama objek wisata yang sama, seperti:

  • Kampung Durian di daerah Malang,
  • Kampung Durian di daerah Purwokerto,
  • Kampung Durian di daerah Banyumas,
  • Kampung Durian di daerah Sukoharjo,

Tentu saja terdapat perbedaan satu sama lainnya. Titik persamaanya adalah di kawasan tersebut terkenal sebagai daerah penghasil durian.

Adapun perbedaanya terletak di sajian wahana, atau konten wisatanya. Dan yang akan kita bahas saat ini adalah wisata Kampung Durian, atau Kampoeng Durian yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Simak juga: Pantai Padang Betuah

Lokasi Kampung Durian

Lokasi Kampung Durian atau Kampoeng Durian berada di alamat Desa Datar Lebar, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Simak juga: Pantai Tapak Paderi

Rute Menuju Kampung Durian

wisata kampoeng durian
wisata kampoeng durian. google maps. sumber: fadli ansyori

Jika perjalanan anda dimulai dari Alun Alun Kota Bengkulu, maka jarak tempuhnya selitar 47 kilometer. Saat kondisi jalanan lancar, maka waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan.

Sebagian besar kondisi jalan menuju Kampung Durian Taba Penanjung sudah bagus, meskipun saat mulai mendekati lokasi utama belum diaspal.

Saat anda mulai memasuki Desa Datar Lebar, maka di samping kiri dan kanan jalan terdapat para penjual durian. Harga duriannya murah, dijual Rp. 30.000 an.

Simak juga: Benteng Marlborough

Harga Tiket Masuk Kampung Durian

  • Tiket masuk Kampung Durian, atau Kampoeng Durian Rp. 10.000 per orang (Weekday).
  • Tiket masuk Kampung Durian, atau Kampoeng Durian Taba Penanjung Rp. 15.000 per orang (Weekend).
  • Terdapat tiket terusan bagi anda yang ingin melakukan aktivitas camping, atau glamping.

Jam Buka Kampung Durian

Di luar jam reservasi untuk camping, atau glamping, maka Kampung Durian buka dari jam 07.30 – 17.00, dan beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Kampung Durian

Fasilitas wisata di Kampung Durian adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Area camping, dan glamping,
  • Kantin,
  • Gazebo,
  • Kolam renang.

Daya Tarik Kampung Durian

1. Kolam Renang Di Tengah Sawah

kolam renang kampoeng durian
kolam renang kampoeng durian. google maps. sumber: fadli ansyori

Saat selesai memarkir kendaraan, maka lanjutkan sedikit perjalanan menurun melewati beberapa vila, atau penginapan. Dan dari jauh sudah bisa terlihat spot kolam renang Kampung Durian yang indah.

Lokasinya berada di samping sebuah sungai, di area pesawahan, dan dikelilingi oleh bukit-bukit kecil yang cantik. Jumlahnya juga banyak, ada 6 buah kolam renang.

Setiap kolam renang memiliki kedalaman yang berbeda – beda. Nah, untuk kolam renang usia anak-anak berada di dekat area air terjun buatan yang didesign terasering, atau berundak.

Setiap kolam dipisahkan oleh tembok pejalan kaki. Dan di samping kolam tersebut terdapat gazebo-gazebo, dan kantin yang menjual makanan, dan minuman.

2. Camping Atau Glamping

spot camping
spot camping. google maps. sumber: Kristin Marlina

Daya tarik selanjutnya dari Kampung Durian Bengkulu Tengah adalah spot camping, atau glampingnya. Lokasinya berada di samping sungai dengan kondisi air yang jernih.

Camping di Kampung Durian bisa menjadi salah-satu solusi bagi anda yang butuh healing, atau menjadi tujuan wisata keluarga di akhir pekan.

Karena untuk camping di Kampung Durian tidak perlu repot-repot trekking di jalur yang terjal dan curam. Saat malam tiba, dan lampu-lampu mulai menyinari, maka suasana yang romantis, dan instagramable pun tersaji.

Untuk menjamin kepuasan wisata anda, maka sangat penting untuk mempertimbangkan aspek cuaca. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.