Klenteng Hok Lay Kiong, Klenteng Tertua di Bekasi Pembawa Hoki

|

Klenteng Hok Lay Kiong merupakan klenteng tertua di Kota Bekasi. Merujuk pada sejarah Klenteng Hok Lay Kiong yang sudah berusia sekitar lebih dari 300 tahun dan masih kokoh hingga saat ini.

Klenteng Hok Lay Kiong memiliki arsitektur yang sangat khas juga tidak mengalami banyak perubahan bentuk, dan hanya beberapa kali melakukan renovasi.

Mungkin dari kamu banyak yang bertanya Klenteng tempat ibadah dari agama apa? Nah jadi Klenteng merupakan tempat ibadah umat Hindu, Taoisme dan Konghucu.

klenteng tertua di bekasi
klenteng tertua di bekasi. google maps. sumber: Sie Teng San

simak juga: danau summarecon

Lalu apa perbedaan antara Vihara dengan Klenteng? Singkatnya, Vihara merupakan tempat ibadah dari agama Budha, sementara Klenteng adalah tempat ibadah dari penganut Tridharma atau tiga agama seperti Hindu, Taoisme, dan Konghucu.

Meski demikian, masih banyak orang yang menyebut Klenteng Hok Lay Kiong ini dengan sebutan Vihara Bekasi. Klenteng di Bekasi ini memiliki sejarah yang sangat panjang.

Hingga saat ini pihak pengelola Klenteng Hok Lay Kiong masih menyimpan rapih peninggalan yang telah berusia 300 tahun lebih, seperti ukiran dan pintu.

Lokasi Klenteng Hok Lay Kiong

Lokasi atau alamat lengkap dari Klenteng Hok Lay Kiong ada di Jl. Kenari I No.1, RT.006/RW.001, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

klenteng hok lay kiong
klenteng hok lay kiong. google maps. sumber: Bong Benny Gunawan

simak juga: gedung juang bekasi

Rute Menuju Klenteng Hok Lay Kiong

Untuk bisa sampai ke Klenteng Hok Lay Kiong ini kamu bisa mengikuti rute berikut ini. Jika berangkat dari Alun-Alun Bekasi, ambil ke arah selatan di Jl. Pramuka.

Lalu belok kiri menuju Jl. Veteran, kemudian belok kiri menuju Jl. Mayor Madmuin Hasibuan. Setelah 400 m belok kiri menuju Jl. RA Kartini. selanjutnya kamu belok kiri menuju Jl. Kenari sejauh 200 m. Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi.

Jam Buka Klenteng Hok Lay Kiong

Jam operasional dari Klenteng Hok Lay Kiong buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Harga Tiket Klenteng Hok Lay Kiong

Tidak ada tarif khusus yang dikenakan untuk bisa masuk ke Klenteng Hok Lay Liong. Kamu bisa berkunjung dengan gratis.

suasana imlek
suasana imlek. google maps. sumber: Bong Benny Gunawan

simak juga: waterboom lippo cikarang

Fasilitas Klenteng Hok Lay Kiong

Ada beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan saat berkunjung ke Klenteng Hok Lay Liong Bekasi, diantaranya:

  • Area Parkir,
  • Toilet,
  • Kolam,
  • Tempat Ibadah Bersih dan Terawat,

Daya Tarik Klenteng Hok Lay Kiong

1. Klenteng Artistik Berusia 300 Tahun

sudah berusia lebih dari 300 tahun
sudah berusia lebih dari 300 tahun. google maps. sumber: Eko Budi Utomo

simak juga: taman kota bekasi

Klenteng Hok Lay Kiong ramai dikunjungi wisatawan karena rasa penasarannya terhadap daya tarik yang ditawarkan klenteng tertua di Bekasi ini.

Klenteng yang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka ini tetap berdiiri kokoh setelah beberapa kali direnovasi.

Hingga saat ini masih ada peninggalan-peninggalan Klenten Hok Lay Kiong yang masih utuh hingga sekarang. Kamu wajib melihatnya secara langsung!

Saat memasuki area Klenteng Hok Lay Kiong kamu akan melihat ornamen-ornamen khas Cina  yang sangat kental.

Klenteng Hok Lay Kiong semakin artistik dan aesthetic dengan lampion-lampion merah yang tergantung, di sepanjang klenteng terdapat lilin-lilin besar dan kecil yang menghiasi ruang tengah dan sudut klenteng.

Setiap Hari raya Imlek tiba, Klenteng Hok Lay Kiong akan ramai dipenuhi para umat yang sedang merayakan imlek. Banyak kembang api, lilin, lampion indah sebagai wujud syukur akan perayaan Hari Raya Imlek.

tempat beribadah
tempat beribadah. google maps. sumber: Bong Benny Gunawan

simak juga: situ cibeureum bekasi

2. Altar Dewa

Di Klenteng Hok Lay Kiong terdapat beberapa altar dewa, tempat dimana semua permohonan dipanjatkan. Disini kamu bisa melihat altar Dewa Penguasa Langit Utara, Dewa Hok Tek Ceng Penguasa Bumi.

Panglima Truk Perang Kwan Sing Tae Kun sang panglima jujur dan sejati, Dewi Kwam Im Pho Sat sang dewi welas asih, Chai Sen Lo Ya yang dikenal sebagai dewa uang, dan lain sebagainya.

3. Kolam

Di dalam Klenteng Hok Lay Kiong juga terdapat kolam yang menghiasi ruangan. Suara air di kolam ini selain berfungsi  sebagai penghias, berfungsi juga sebagai media relaksasi.

Secara psikologis, otakmu akan merasa tenang atau refresh mendengar gemercik air seperti yang ada di dalam Klenteng Hok Lay Kiong ini. Apalagi untuk kamu yang sedang beribadah di klenteng ini.

tempat wisata religi
tempat wisata religi. google maps. sumber: Yuriantin Joe

simak juga: curug parigi

Penutup

Itulah informasi seputar Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi yang merupakan klenteng bersejarah dan tertua di Kabupaten Bekasi. Kamu wajib mengunjungi klenteng ini untuk melihat dan merasakan langsung vibes Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi.