Situ Cibeureum Bekasi, Wisata Gratis Hadirkan Sejuta Pesona

Situ Cibeureum atau Danau Cibeureum merupakan tempat wisata alam yang menghadirkan sejuta pesona. Situ Cibeureum sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur ke tempat yang kaya akan nuansa alam yang sejuk dan jauh dari kebisingan.

Situ Cibeureum terletak di Kabupaten Bekasi meski begitu, tak hanya masyarakat Bekasi yang berwisata kesini saat akhir pekan pun Situ Cibeureum ramai dikunjungi wisatawan luar kota.

situ cibeureum bekasi
situ cibeureum bekasi. google maps. sumber: I Made Suryadi

simak juga: go!wet waterpark

Ketika kamu berwisata ke Situ Cibeureum kamu akan melihat hamparan danau yang luas yang dikelilingi pohon-pohon rindang yang menyejukkan hati dan pandangan. Teriknya cuaca Bekasi akan langsung sirna ketika kamu berwisata ke Situ Cibeureum.

Situ Cibeureum ini memiliki luas sekitar 2 hektar, di tengah-tengah danau terbentuk satu daratan kecil yang turut menambah keunikan wisata Situ Cibeureum.

Banyak orang yang bilang Situ Cibeureum ini mirip seperti Danau Toba, ditambah daratan kecil ditengah-tengah danau yang bak Pulau Samosir.

Lokasi Situ Cibeureum Bekasi

Situ Cibeureum berlokasi di Lambangjaya, Kecamatan Tamun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

refreshing bersama
refreshing bersama. google maps. sumber: Herie Purwanto

simak juga: curug parigi

Rute Menuju Situ Cibeureum Bekasi

Jika kamu ingin berlibur ke Situ Cibeureum dan titik pemberangkatanmu dari Terminal Bekasi Kota, waktu tempuhmu hanya 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dari Terminal Bekasi Kota kamu bisa melaju ke arah Barat Laut di Jalan Ir.H.Juanda, setelah itu belok kiri setelah ATM BNI Borobudur Bekasi ke Jalan Lapang Serbaguna. Lalu Belok Kiri ke Bekasi tengah atau Jalan Baru Underpass.

Setelahnya belok kiri ke Jalan Khairil Anwar. Belok kanan ke Jalan HM. Joyo Martono sejauh 160 meter lalu bergabung ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejauh 3,6 kilo meter. Ambil jalan keluar 21 menuju Tambun atau Mustika Jaya atau Setu. Belok kiri untuk tetap di Jalan Boulevard.

Di Bundaran, ambil jalan keluar ke 2 menuju Jalan Bussiness Boullevard, lalu keluar bundaran ke Jalan Bussiness Boullevard. Ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Baru Grand Wisata  atau Jalan Grand Lake Boullevard.

Setelah 550 meter putar balik,lalu belok kiri ke Jalan Cibeureum. Melaju terus sejauh 950 meter, lalu belok kanan dan akhirnya kamu sampai di Situ Cibeureum.

Jam Buka Situ Cibeureum Bekasi

Kamu bisa berkunjung ke Situ Cibeureum kapan saja, karena tempat wisata ini bisa diakses selama 24 jam.

fasilitas yang ada
fasilitas yang ada. google maps. sumber: John Markus

simak juga: saung ranggon

Harga Tiket Situ Cibeureum Bekasi

Berwisata ke Situ Cibeureum tidak perlu menyiapkan budget khusus untuk tiket masuk alias gratis. Kamu cukup menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan saja.

Fasilitas Situ Cibeureuem Bekasi

Situ Cibeureum memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa diunakan wisatawan yang berkunjung, diantaranya:

  • Rakit,
  • Gazebo,
  • Toilet,
  • Warung Makan,
  • Tempat Pemancingan,
  • Warung oleh-oleh,
  • Area Parkir,
adem banget
adem banget. google maps. sumber: Al

simak juga: tempat wisata di bekasi

Daya Tarik Situ Cibeureum Bekasi

1. Keindahan Alam yang Terjaga

Situ Cibeureum Bekasi dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Kamu bisa memandang air situ yang tenang dan jernih, serta pohon-pohon rindang disekeliling situ.

Penat dan lelahmu akan langsung sirna karena takjub melihat alam di sekitar Situ Cibeureum yang indah. Kamu bisa duduk-duduk di tepi Sungai Cibeureum atau Gazebo sambil bersantai bersama keluarga.

2. Rarakitan

Tidak afdol rasanya jika berwisata ke Situ Cibeureum tanpa berlayar menyusuri situ dengan Rarakitan. Kamu bisa menaiki rakit di Situ Cibeureum dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000,- per orang.

Rasakan semilir angin yang sejuk sambil melihat keindahan Situ Cibeureum dengan berlayar di rakit. Benar-benar refreshing yang sangat berkesan!

rarakitan
rarakitan. google maps. sumber: Mat nur

simak juga: taman limo jatiwangi

3. Pulau Kecil Di Tengah Situ Cibeureum

Di tengah Situ Cibeureum terdapat area tanah yang ditumbuhi pohon-pohon rindang, orang sekitar menyebutnya mirip seperti Pulau Samosir, dan Situ Cibeureum adalah Danau Tobanya.

Wisatawan yang berkunjung tentu akan sangat penasaran jika tidak menepi di pulau kecil ini. Nah, bagi kamu yang ingin melihat pulau kecil ini, kamu bisa menggunakan rarakitan agar bisa sampai kesini.

4. Tempat Pemancingan

Bagi kamu yang hobi memancing, Situ Cibeureum menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan spot pemancingan ikan.

Banyak diantara wisatawan yang datang untuk memancing di situ ini. Ada berbagai jenis Ikan air tawar yang bisa kamu tangkap.

Jangan lupa siapkan alat pancing dan pakan terbaikmu agar hasil tangkapannya maksimal. Seru ya memancing di tengah suasana Situ Cibeureum yang indah.

danau tobanya bekasi
danau tobanya bekasi. google maps. sumber: Ahmad Taufiq

simak juga: trans snow world bekasi

5. Warung Makanan

Di sepanjang Situ Cibeureum banyak warung makanan yang bisa kamu singgahi. Warung makan di Situ Cibeureum ini menyajikan berbagai menu makanan, salah satu andalannya adalah menu Ikan.

Kamu bisa menyantap kelezatan Ikan Bakar yang dimasak dengan citra rasa khas. Uniknya, warung makan ini menghadap langsung ke Situ Cibeureum. Jadi sambil menikmati hidangan kamu bisa sambil memandangi panorama alam Situ Cibeureum yang memanjakan mata.

Penutup

Sempatkan berwisata ke Situ Cibeureum saat berkunjung ke Bekasi. Dengan daya tarik dan fasilitas yang ditawarkan momen liburanmu akan sangat berkesan. Jangan lupa ajak orang-orang tersayangmu untuk bermain di Situ Cibeureum ya!


shopee