Curug Parigi, Sensasi Air Terjun Niagara di Bekasi

Curug Parigi atau yang dikenal dengan Kampung Wisata Curug Parigi menghadirkan pesona alam yang begitu menakjubkan, sensasinya bak berwisata di Air Terjun Niagara lho.

Curug Parigi sering disebut mirip seperti Air Terjun Niagara, Amerika Serikat. Air terjunnya yang deras meluncur indah menjadi daya tarik menakjubkan bagi wisatawan yang datang.

Curug Parigi ramai dikunjungi tak hanya weekend, di weekdays pun wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Curug Parigi ini.

curug parigi
curug parigi. google maps. sumber: Ari Setiawan

simak juga: saung ranggon

Kamu tidak perlu menjajaki hutan atau gunung untuk bisa berlibur di curug karena lokasi Curug Parigi ini berada di tengah Kota Bekasi, sehingga mudah untuk dijangkau.

Meski berada di tengah kota, akses jalan menuju Curug Ciparigi ini lebih asik dinikmati dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Tak jarang banyak club sepeda datang beramai-ramai menjajal track  menuju Curug Parigi untuk merasakan akses jalan yang seru dan tentu keindahan curugnya.

Menurut masyarakat sekitar, Curug Parigi tidak terbentuk secara alami melainkan melalui proses pengerukan berpuluh-puluh tahun lalu dimulai tahun 1980-an hingga terbentuk tebing batu besar yang menjadi dasar dari air terjun.

Lokasi Curug Parigi

Curug Ciparigi berlokasi di Cikiwul, RT 001/ RW 006, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

landscape curug parigi
landscape curug parigi. google maps. sumber: Asep Dodi

simak juga: taman limo jatiwangi

Rute Menuju Curug Parigi Bekasi

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Curug Parigi dan memulai pemberangkatanmu dari Terminal Bekasi Kota, perjalananmu hanya menghabiskan waktu 45 menit.

Dari Terminal Bekasi Kota maju terus ke arah barat laut di Jalan Ir.H. Juanda/ Jalan Raya Pantura, lalu belok kiri setelah ATM BNI Borobudur Bekasi (di sebelah kiri) ke Jalan Lap.Serbaguna.

Setelah 400 meter belok kiri ke Bekasi Tengah/ Jalan Baru Underpass/ Jalan Sersan Aswan. Setelah itu belok kanan ke Jalan Cut Mutia (Rambu Rw. Panjang/Bogor).

Tetap dijalan tersebut sejauh 2,3 km lalu belok kiri ke Jalan Cut Mutia/Jalan raya Narogong/ Jalan Raya Siliwangi.

Belok kanan setelah klinik Yakesti (sebelah kanan) ke Jalan Swadaya II, setelah 160 meter belok kiri, ikuti jalan hingga belok kanan ke Jalan Pangkalan 1A.

Setelah 20 meter belok kanan ke Jalan Kp. Bantar Gebang. Tetap di jalan tersebut, lalu belok kanan setelah Warmo Bae Reto Bekasi ke Jalan Pangkalan 1.

Di Bundaran ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Bumi Mutiara, lalu belok kanan setelah Indomaret JH ke Blk. Jk/ Jalan Vila Nusa Indah 5.

Pada bundaran pertama, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Raya Komp. Nusa Indah 5. Belok kiri untuk tetap di Jalan raya Komp. Vila Nusa Indah 5. Ikutin jalan tersebut hingga kamu sampai di titik lokasi Curug Parigi.

spot wisata adem
spot wisata adem. google maps. sumber: Ribka S

simak juga: trans snow world bekasi

Jam Buka Curug Parigi Bekasi

  • Curug Parigi bisa kamu kunjungi dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
  • Setiap hari Senin hingga Minggu.

Harga Tiket Curug Parigi Bekasi

Kamu hanya perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan ketika ingin berwisata ke Curug Parigi.

  • Parkir kendaraan roda empat Rp 10.000,-
  • Kendaraan roda dua Rp 5.000,-

Fasilitas Curug Parigi Bekasi

Beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan ketika berwisata di Curug Parigi Bekasi diantaranya:

  • Toilet
  • Area Parkir
  • Warung Makanan
  • Gazebo
  • Spot Foto Khusus
sepedahan seru
sepedahan seru. google maps. sumber: S.YUKKAS 205

simak juga: tempat wisata di bekasi

Daya Tarik Curug Parigi Bekasi

Curug Parigi Bekasi memiliki daya tarik unik yang membedakannya dengan wisata curug pada umumnya, diantaranya:

1. Curug Parigi yang Eksostis

Curug Parigi menyajikan panorama alam yang eksostis. Curug yang terbentuk dari pengerukan ini terbentuk sangat indah.

Matamu akan dimanjakan dengan air curug yang mengalir deras dari batu tebing berwarna hitam kecoklatan.

Jika kamu pernah melihat Air Terjun Niagara di Benua Amerika, atau mungkin pernah melihatnya di sosial media, Curug Parigi ini memiliki vibes yang sama.

Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk mendapatkan sensasi Air Terjun Niagara, cukup datang ke Curug Parigi Kota Bekasi.

niagaranya bekasi
niagaranya bekasi. google maps. sumber: I Made Suryadi

simak juga: ecopark ancol

Ketika kamu ingin berenang atau bermain air di Curug Parigi, pihak pengelola menyediakan rambu peringatan khusus yang menjadi batas aman wisatawan untuk bermain air.

2. Cocok Sebagai Tempat Video Cinematic

Bagi kamu yang hobi nge-vlog, Videographer atau para pembuat konten, Curug Parigi Bekasi sangat cocok untuk pembuatan Video Cinematic.

Tentunya hasilnya akan sangat keren dan aesthetic, karena banyak juga diantara wisatawan yang menjadikan view Curug Parigi sebagai tempat pembuatan video klip. Kamu harus coba juga ya, recommended  banget deh!

4. Spot Foto Intragramable

Pihak pengelola Kampung Wisata Curug Ciparigi Bekasi membangun spot-spot foto khusus bagi wisatawan yang berkunjung.

Kamu bisa memilih spot foto dengan berbagai bentuk yang unik untuk hasil jepretan terbaikmu. Instragamable pastinya.

salah satu spot keren
salah satu spot keren. google maps. sumber: Rateka Lee

simak juga: setu babakan

5. Panorama Alam yang Asri

Ketika kamu menyusuri akses jalan menuju Ciparigi hingga sampai dilokasi, kamu akan menjumpai panorama alam yang masih asri.

Banyak pepohonan rindang yang menyejukan udara, pohon-pohon pisang disepanjang akses jalan, serta rumput-rumput yang segar. Keren ya di tengah kota, tapi ada wisata alam tersembunyi yang indah seperti Curug Parigi.

Penutup

Berwisata ke Curug Parigi atau Kampung Wisata Curug Parigi Bekasi sangat recommended untuk kamu kunjungi di akhir pekanmu.  Kapan lagi merasakan sensasi curug yang letaknya ad di tengah Kota Bekasi.


shopee