Gedung Juang Bekasi, Tempat Wisata Sejarah Berbasis Digital

|

Gedung Juang Tambun Bekasi atau biasa dikenal dengan nama Gedung Juang 45 atau Gedung Tinggi dan sekarang disulap menjadi Museum Bekasi merupakan tempat wisata sejarah modern di Kabupaten Bekasi.

Gedung Juang Bekasi saat ini menjadi pilihan wisata sejarah menarik yang wajib kamu kunjungi karena pemerintah mendesain semua fasilitas didalamnya berbasis digital.

Sejarah Gedung Juang Tambun

Gedung Juang Bekasi ini dibangun dilahan seluas 13.900 meter persegi, dengan luas bangunan 1.1177 meter persegi. Tempat wisata sejarah luas dan megah yang sangat recommended untuk kamu kunjungi.

Sejarah awal dibangunnya Gedung Juang Bekasi tentu menjadi perhatian tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, dulunya Gedung Juang ini dibangun oleh seorang bangsawan Cina yang bernama Khouw Theng Kie pada tahun 1900.

monumen perjuangan
monumen perjuangan. google maps. sumber: Muslihun Keren

simak juga: waterboom lippo cikarang

Gedung Juang Bekasi ini dijadikan sebagai tempat memantau perkebunan dan pertanian oleh sang pemilik. Renovasi bangunan Gedung Juang Bekasi telah dilakukan dua kali, pertama tahun 1906 hingga 1910, dan yang kedua pada tahun 1925.

Ketika zaman penjajahan Belanda, Gedung Juang ini beralih fungsi menjadi benteng perjuangan dan pertahanan rakyat Indonesia. Hingga pada tahun 1949 sempat ada tragedi, Gedung Juang Bekasi ini direbut oleh Belanda hingga berhasil direbut kembali oleh para pejuang Indonesia.

Sekarang, Gedung Juang Bekasi di revitalisasi secara besar-besaran oleh pemerintah Bekasi untuk mengenang momen perjuangan pemuda Indonesia di gedung bersejarah ini.

Gedung Juang Bekasi awal beroperasi pada tanggal 19 Maret 2021, diresmikan langsung oleh Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Saat ini, Gedung Juang Bekasi berada dibawah pengelolaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi.

Lokasi Gedung Juang Bekasi

Gedung Juang Bekasi berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin Nomor 39, Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

gedung juang tambun
gedung juang tambun. google maps. sumber: Mohammad Abyan

simak juga: taman kota bekasi

Rute Menuju Gedung Juang Bekasi

Akses menuju Gedung Juang Bekasi sangatlah mudah. Jika kamu berangkat dari Terminal Bekasi Kota kamu bisa menggunakan transportasi pribadi atau umum dengan waktu tempuh 12 menit diperjalanan.

Dari Terminal Bekasi Kota majulah ke arah Barat Laut di Jalan Ir.H. Juanda atau Jalan Pantura, Setelah itu putar balik, lanjutkan untuk mengikuti Jalan Raya Pantura.

Lewati Hotel Merdeka, tetap dijalan tersebut sejauh 5 kilometer. Lalu belok kiri, dan kamu akan sampai di Gedung Juang Bekasi lokasi tujuanmu.

Jam Buka Gedung Juang Bekasi

Kamu bisa mengunjungi Gedung Juang Bekasi pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Gedung Juang Bekasi hanya libur di hari Minggu.

gedung juang bekasi
gedung juang bekasi. google maps. sumber: Hardi Ansyah

simak juga: situ cibeureum bekasi

Harga Tiket Gedung Juang Tambun Bekasi

Untu kamu yang ingin berwisata ke Gedung Juang Bekasi, kamu tidak akan dikenakan tarif tiket masuk. Jadi kamu bisa menjelajahi wisata edukasi di Gedung Juang sepeuasnya tanpa dipungut biaya.

Fasilitas Gedung Juang Bekasi

Gedung Juang Bekasi memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu akses saat berkunjung, diantaranya:

  • Area Parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Digital Library,
  • Toko Marchandise,
  • Museum,
  • Gedung Theater,
  • Permainan Edukasi Sejarah 3D/Digital,
dihiasi taman yang cantik
dihiasi taman yang cantik. google maps. sumber: Rizky Dwi Purnomo

simak juga: go!wet waterpark

Daya Tarik Gedung Juang Bekasi

Gedung Juang Bekasi memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan merasakan pengalaman berlibur yang mengesankan, daya tarik Gedung Bekasi yang bisa kamu jumpai yaitu:

1. Museum Digital

Terdapat Museum yang sudah didesain berbasis digital di Gedung Juang ini lho. Saat memasuki area Museum kamu akan melihat berbagai macam daya tarik yang tersedia.

Kamu bisa melihat Ruang Sejarah Bupati Bekasi dari masa ke masa lengkap dengan foto dan videonya. Kamu juga bisa melihat peninggalan Masa Prasejarah, yang disimpan terawat dalam box kaca lengkap dengan penjelasannya.

Di dalam museum digital ini terdapat berbagai cerita sejarah, seperti Sejarah Kerajaan Tarumanegara yang sudah didesain secara digital. Kamu akan dibuat takjub dengan setiap spot yang ada di museum ini.

museum digital
museum digital. google maps. sumber: Riza Setiawan

simak juga: curug parigi

Selain itu di dalam Museum Gedung Juang ini juga terdapat Cinema Tiga Dimensi (Cinema 3D) yang menampilkan perjuangan Pahlawan Rakyat Bekasi.

Terpampang juga lukisan-lukisan sejarah yang aesthetic yang sangat cocok untuk dijadikan latar belakang fotomu. Wah, lengkap sekali ya!

2. Permainan Edukasi Sejarah 3 Dimensi

Di Gedung Juang juga terdapat berbagai macam permainan edukasi Sejarah berbasis digital. Ini akan sangat cocok untuk wisatawan dari berbagai jenjang usia. Belajar sejarah tidak akan bosan jika dengan metode permainan digital yang tersedia di Gedung Juang.

3. Toko Marchandise

Kamu bisa membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan di Gedun Juang Bekasi ini. Ketika memasuki area Gedung Juang, kamu akan langsung melihat toko marchandise khas Bekasi.

Setiap marchandise yang dijual di Gedung Juang ini merupakan produk hasil tangan UMKM Bekasi. Wah, sangat kreatif dan produktif ya!

tempat bersantai dan menghabiskan waktu
tempat bersantai dan menghabiskan waktu. google maps. sumber: Sopyan Iskandar

simak juga: saung ranggon

Penutup

Kini kamu bisa berwisata sambil belajar sejarah dengan cara yang unik dan seru dengan berkunjung ke Gedung Juang Bekasi.

Gedung Juang Bekasi menjadi pilihan wisata edukasi sejarah yang paling recommended untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bermanfaat yang mengesankan.