Taman Limo Jatiwangi, Suasana Pedesaan Berjarak Selangkah dari Kota

Di Taman Limo Jatiwangi ini objek wisata yang bisa dijumpai antara lain danau, kolam ikan, saung-saung, wahana permainan anak, aneka kuliner, dan juga panggung hiburan.


Di Taman Limo Jatiwangi ini objek wisata yang bisa kita jumpai antara lain danau, kolam ikan, saung-saung, wahana permainan anak, aneka kuliner, dan juga panggung hiburan.
Taman Limo Jatiwangi. Image via: @cikarangdaily

Para Pengunjung yang datang ke taman ini dapat menikmati mengelilingi Taman Limo yang terbuat dari bambu sambil sesekali memegang handphone untuk berselfie ria. Taman Limo memang menawarkan panorama yang asri yang cocok untuk spot foto.

Di taman ini juga terdapat bunga-bunga yang menyegarkan mata dan bangunan warna-warni yang menarik. Satu hal lagi yang membuat suasana di sekitar jadi lebih asri, yakni terdapat danau. Ada pula berbagai spot kekinian yang bisa digunakan untuk selfie corner. Ada jembatan bambu, payung berwarna-warni, dan lain-lain.

Taman Limo Jatiwangi didesain dengan sangat rapi dan juga asri. Ternyata itu merupakan hasil swadaya masyarakat Jatiwangi yang digerakkan oleh kepala desa setempat. Jadi, lahan yang sebelumnya tidak digunakan disulap menjadi destinasi wisata murah meriah yang bisa menjadi jujukan para pengunjung. Dan satu hal lagi, tentunya bisa menambah aktifitas ekonomi  desa.

Jalan Payung di taman limo jatiwangi menjadi slaah satu lokasi yang menarik banyak pengunjung
Jalan Payung. Image via: @genpibekasi

Simak juga: tempat wisata di Bekasi

Lokasi Taman Limo Jatiwangi

Alamat taman Limo Jatiwangi terletak di Jalan. Cikedokan-Jatiwangi No.9, Jatiwangi, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Jarak taman Limo dari pusat kota Bekasi yaitu 24 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam.

Rute Menuju Taman Limo Jatiwangi

Untuk akses jalan cukup bagus, karena semuanya sudah di aspal sampai ke gerbang wisata.

Dari lipo Cikarang lurus masuk kawasan ejip. Terus ikuti jalan masuk ke kawasan MM2100. Dari perempatan PT. Toyo Denso ke kiri hingga menuju perempatan PT. Mikuni. Dari PT Mikuni ambil ke kanan arah keluar kawasan.

Setelah menemukan ada jembatan untuk masuk ke perkampungan warga, Ambil belok kiri untuk menuju talijati. Lurus terus hingga menemukan 2 jalur. Ambil jalur kanan. Tempat wisata ada di sebelah kiri jalan, banyak petugas parkir yang melambaikan tangan dan mengajak ke taman limo jatiwangi di situ.

Gerbang taman limo Jatiwangi didesainunik dnegan menggunakan bahan alami
Gerbang Taman Limo Jatiwangi. Image via: bekasikab.go.id

Jam Buka Taman Limo Jatiwangi

Untuk jam operasional wisata taman Limo Jatiwangi mulai buka pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Tiket Masuk Taman Limo Jatiwangi

Untuk sementara ini masuk areal wisata taman limo jatiwangi belum dipungut tiket masuk alias GRATIS. Jadi hanya bayar biaya parkir kendaraan saja. Biaya parkir di taman limo cikarang. Untuk biaya parkir motor Rp. 3.000, sedangkan untuk mobil Rp. 7.000.

Fasilitas Taman Limo Jatiwangi

Walaupun taman limo jatiwangi dapat diakses dengan gratis, Fasilitas pendukung kegiatan wisata yang disediakan pengelola sudah cukup memadai. Pengelola menyediakan antara lain: Toilet yang bersih, Saung lesehan, Tempat parkiran yang luas, Spot selfie.

Untuk tempat ibadah, pengelola menyediakan Mushola yang syar’i, pria wanita berbeda mushola. Jadi ada mushola khusus pria dan mushola khusus wanita

Aktivitas Menarik di Taman Limo Jatiwangi

  1. Playground

Playground taman limo jatiwangi bermanfaat memberikan kesempatan anak-anak untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan motorik
Playground Taman Limo Jatiwangi. Image via: alamat.com

Simak juga: Taman wisata Kopeng

Tersedia taman bermain yang dapat digunakan oleh anak-anak. Di taman ini anda bisa mengajak anak-anak anda untuk bermain bersama.

Playground merupakan suatu tempat penting yang bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Playground ini pun didesain agar orangtua dapat menikmati kebersamaan dengan anak, lewat berbagai kegiatan.

Orangtua pun dapat menyadari bahwa anak sudah berkembang sejauh mana. Dan mempelajari perkembangan anak.

Selain dapat meningkatkan kekuatan fisik, koordinasi dan keseimbangan, ada manfaat lain yang bisa didapat dari bermain di playground. Bermain di Playground bisa membuat anak belajar dan meningkatkan atau mengembangkan kemampuan sosial, kreativitas dan imaginasi, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Memiliki kepercayaan diri, serta mampu untuk menjaga diri sendiri.

  1. Danau Buatan

Selain pemandangan yang indah pengunjung juga bisa melakukan kegiatan memancing di danau buatan taman limo jatiwangi ini.
Danau buatan. Image via: @yogart_17

Bagi pengunjung Taman Limo Jatiwangi yang hobi memancing terdapat kolam dan danau buatan. Selain pemandangan yang indah pengunjung juga bisa melakukan kegiatan memancing di danau buatan ini.

Area ini awalnya digali untuk penambangan bahan baku genteng/bata. Lubang sisa galian inilah yang dikembangkan menjadi danau Buatan.

Pemanfaatan lahan terlantar, bermula d ari keinginan dan kemauan kepala desa Jatiwangi untuk merubah dan memanfaatkan resources yang ada dengan mempercantik dan menjadikan tempat wisata.

  1. Wahana Menyenangkan

flying fox taman limo jatiwangi memebrikan kesempatan untuk memompa adrenalin ke dalam aliran darah.
Titik Start Flaying Fox. Image via: sukakelayapan

SImak juga: Taman Batu Purwakarta

Ada tersedia banyak wahana bermain di taman Limo Jatiwangi ini. Semuanya sangat cocok untuk pengunjung yang membawa anak kecil. Mulai dari mewarnai gambar, kereta-keretaan, ayunan, becak-becakkan, tamiya, mobil-mobilan, sampai dengan kolam renang mini pun tersedia di sini.

Semua itu merupakan wahana yang biasanya dimanfaatkan untuk anak-anak. Sedangkan untuk pengunjung dewasa, juga ada disediakan oleh pengelola. Pengunjung dewasa bisa menyewa bebek-bebekan untuk menikmati indah danau di Taman Limo Jatiwangi ini.

Ada juga wahana flying fox untuk memompa adrenalin ke dalam aliran darah. Harga setiap wahana berbeda-beda. Mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 30.000/wahana, pengunjung sudah bisa menikmati wahana bermain yang ada disana.

  1. Jembatan Warna Warni

Jembatan Berwarna taman limo jatiwangi menajdi salahs atu spot favorit pengambilan foto kenangan
Jembatan Berwarna. Image via: @cikarangdaily

Terdapat beberapa jembatan yang menghiasi taman ini. Tidak hanya sebagai akses masuk taman ini, jembatan tersebut juga banyak digunakan pengunjung sebagai spot foto. Karena memang pemandangan yang didapat dari angel ini memberikan pemandangan yang sangat indah.

Jembatan banyak dipasang melintasi danau buatan. Dengan posisi yang melintang di atas danau, membuat jembatan menjadi lokasi yang ideal untuk pengambilan foto.

  1. Panggung Hiburan

Terdapat panggung hiburan yang bisa digunakan untuk pentas. Pengunjung bisa menyewa panggung hiburan di Taman Limo jatiwangi ini, untuk menyelenggarakan acara. Mulai dari pernikahan, ulang tahun, hingga perayaan-perayaan lainnya.

  1. Gazebo

Gazebo unik taman limo jatiwangi banyak terdapat di sekeliling tepi danau buatan
Gazebo unik. Image via: ayobekasi.com

Simak juga: Taman Herbal Insani 

Bagi pengunjung yang lelah berkeliling di Taman Limo bisa beristirahat di gazebo. Banyak gazebo yang tersedia. Gazebo-gazebo tersebut tersebar di beberapa lokasi. Di gazebo tersebut para pengunjung juga bisa menikmati bekal yang telah di bawa.

Dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga lainnya, banyak juga yang menyebut saung karena digunakan untuk tempat santai. Kuncinya adalah suasana alami, keakraban, kenyamanan dan keindahan.

Diantara banyak gazebo yang ada, Gazebo di tepi kolam buatan menjadi daya tarik utama di area itu. Dibuat secara artistik dan terbuka namun dengan konstruksi sederhana, tidak masif atau tidak terlalu berlebihan.

  1. Warung Makan

di Taman Limo Jatiwangi sudah disediakan Waroeng Apoeng 99. Waroeng Apoeng 99 merupakan tempat makan yang berada di atas danau yang menyajikan banyak menu-menu yang dijamin menggoyang lidah pengunjung
Warung apung. Image via: sukakelayapan

Di sekitar atau di sisi danau banyak warung makan yang ditata dengan baik dan teratur, jadi nyaman dan enak dilihat. Makan disini banyak pilihan menu. Jika ingin makan sambil berleha-leha, pengunjung bisa makan pada saung yang tersedia. Untuk menggunakan saung tidak dipungut biaya tambahan.

Selain saung-saung, di Taman Limo Jatiwangi sudah disediakan Waroeng Apoeng 99. Waroeng Apoeng 99 merupakan tempat makan yang berada di atas danau yang menyajikan banyak menu-menu yang dijamin menggoyang lidah pengunjung.

Selain soal menu, pemandangan pun sangat indah karena tepat berada di atas danau. Jadi sambil makan sambil menikmati indah danau.

Waroeng Apoeng 99 ini punya jadwal buka tersendiri. Hari Selasa – Minggu pukul 09.00-20.00. Jadi hari Senin Waroeng Apoeng 99  tutup.

Jembatan danau buatan di taman limo jatiwangi.
Jembatan danau buatan. Image via: @tamanlimo_jtw

Simak juga: Goa Liang Kantin

Tips Mengunjungi Taman Limo Jatiwangi

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memutuskan untuk mengunjungi taman limo jatiwangi. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun akan sangat mempengaruhi kenyamanan dalam menikmati keindahan suasana di lokasi itu.

  1. Jika berlibur di waktu weekend/ hari libur, pengunjuk akan penuh sekali. Keterbatasan akses jalan di wisata, yang hanya cukup untuk 2 orang. Jadi saat hilir-mudik menjadi agak susah. Belum akan kesulitan untuk bisa berfoto dengan nyaman.
  2. Waktu yang baik untuk berkunjung ke wisata ini di sore hari. Karena selain mulai sepinya pengunjung, bisa menghindari panas terik matahari.
  3. Jika ingin makan di saung lesehan yang disediakan, usahakan bukan jam makan siang.
  4. Usahakan berwisata di musim bukan hujan. Saat musim hujan tidak bisa beraktifitas secara maksimal.
berfoto di dembatan danau buatan taman limo jatwangi menjadi kegiatan yang dilakukan hampir sleuruh pengunjung
Kebersamaan. Image via: @tamanlimo_jtw

Objek Wisata Dekat Taman Limo Jatiwangi

Setelah puas bermain berkeliling di taman limo jatiwangi, pengunjung bisa melanjutkan ke objek wisata lain yang berdekatan. Tempat wisata di Bekasi selanjutnya yang juga memiliki pesona alam luar biasa di tengah pesat pembangunan ialah Situ Cibereum. Situ ini hanya berjarak 7.5 km dari taman limo jatiwangi.

Di danau yang kini tinggal seluas 2 hektar ini menawarkan banyak aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan bersama keluarga. Seperti menjelajahi danau, mancing hingga nongkrong sambil menikmati kuliner yang dijajakan di tepi kawasan danau.

Bagi pengunjung yang ingin wisata berhubungan dengan air namun modern, ada juga pilihan. Yakni Waterboom Lipo Cikarang dalam jarak hanya 8 m. Selain waterboom, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang  Seperti food court, gazebo dan d’cabin yang tersebar di banyak titik. Tidak ketinggalan juga ada area outbond yang menantang .

Jika anda mencari suasana liburan yang berbeda, tempat ini recommended banget. Kapan lagi bisa menikmati suasana pedesaan asri dalam jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment