Masjid Merah Cirebon, Saksi Bisu Penyebaran Agama Islam

Masjid Merah Cirebon atau Masjid Merah Panjunan merupakan salah satu tempat wisata religi yang juga sering dikunjungi oleh banyak pengunjung. Para pengunjung yang datang tersebar dari berbagai tempat dan wilayah di Indonesia, khususnya daerah Jawa barat dan Jawa Tengah.

Masjid Merah sangat cocok untuk kamu jadikan rujukan wisata religi yang harus kamu datangi. Ketika kamu sampai di Masjid Merah ini dijamin pasti membuat kamu nyaman sekaligus khusyuk ketika berada di dalam Masjid Merah ini.

masjid merah panjunan
masjid merah panjunan. google maps. sumber: Linah Sapitri

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Sebagai informasi tambahan, Masjid Merah ini merupakan pusat penyebaran Agama Islam pada masanya. Tidak hanya itu, Masjid Merah ini juga merupakan tempat berkumpulnya para Wali ketika hendak menyikapi persoalan ketika itu.

Lokasi Masjid Merah Cirebon

Lokasi atau alamat dari Masjid Merah ini ada di Jl. Panjunan No.43, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Rute Menuju Masjid Merah Cirebon

Bagi kamu yang datang dari Terminal Harjamukti Cirebon, kamu bisa ambil Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Pantura. Kemudian tetaplah dijalan Dukuh Semar untuk selanjutnya mengambil Jalan Geriliawan dan Kalan Kesambi di Drajat.

Lalu ambil jalan Nyi Mas Gandasari, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Sukalila Selatan. Terus ikuti Jalan Kolektoran untuk kemudian belok kanan ke Jalan Panjunan.

salah satu masjid bersejarah di cirebon
salah satu masjid bersejarah di cirebon. google maps. sumber: nizar kauzar

simak juga: keraton kanoman cirebon

Selanjutnya bagi kamu yang berangkat dari Stasiun Kereta Api Cirebon Prujakan kamu bisa ambil arah Utara di Jalan Nyi Mas Gandasari menuju Jalan Pekalangan dengan jarak 300 m.  Belok kanan ke Jalan Tentara Pelajar, belok kiri ke Jalan Sukalila Selatan.

Lalu Belok kanan setelah jarak 450 m, kamu belok kanan untuk kemudian belok kiri ke jalan Kolektoran sekitar 190 m. Kemudian Kamu belok kanan ke Jalan Panjunan dan kamu akan sampai di lokasi Masjid Merah.

Jam Buka Masjid Merah

Masjid Merah termasuk salah satu mesjid cagar budaya yang ada di Cirebon, meski begitu pengunjung bisa kapanpun datang untuk menunaikan ibadah salat lima waktu.

Hanya saja Masjid Merah ini tidak menggelar Salat Jumat dikarenakan sejarahnya zaman dulu, praktek ibadah Salat Jumat dipindahkan ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Sejak saat itu, Salat Jumat tidak digelar lagi di masjid ini.

Harga Tiket Masjid Merah

Untuk kamu yang ingin menunaikan ibadah di Masjid Merah tidak ada tiket khusus untuk beribadah di masjid ini.

suasana merah yang dominan
suasana merah yang dominan. google maps. sumber: Ayoe V

simak juga: makam sunan gunung jati

Fasilitas Masjid Merah

Meski ukuran masjid merah ini tidak sebesar dan semegah masjid-masjid modern yang ada sekarang, Masjid Merah memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh jamaah yang berkunjung, diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Tempat wudhu,
  • Serambi masjid,
  • CCTV,

Daya Tarik Masjid Merah

1. Tempat Legalisasi Para Wali

Sejak dibangun Masjid Merah dikenal sebagai tempat legalisasi (pengesahan) para wali. Zaman dulu sebelum para wali menjalankan tugasnya untuk syiar agama Islam, para wali tersebut berkumpul untuk disahkan oleh Sunan Gunung Djati.

ruang utama masjid
ruang utama masjid. google maps. sumber: Farahdiba Asia

simak juga: cirebon waterland

2. Interior Masjid yang Klasik

Ketika melangkahkan kaki memasuki Masjid Merah ini, kamu akan merasakan nuansa zaman dulu. Melihat interior sekeliling masjid yang masih terjaga sejak dibangunnya pada 15 abad yang lalu hingga sekarang. Interior masjid ini didominasi warna merah dengan ciri khas ornamen kebudayaan Jawa dan Cina.

3. Gerbang Masjid Berbentuk Candi

Gerbang Masjid Merah tidak seperti gerbang masjid pada umumnya. Gerbang masjid ini terlihat seperti bentuk-bentuk candi. Tertarik untuk mengabadikan foto di gerbang masjid ini?

hiasan dinding masjid
hiasan dinding masjid. google maps. sumber: samber jagat

simak juga: tempat wisata di cirebon

4. Piring Keramik Khas Cina

Jika pada umumnya piring keramik dijadikan hiasan yang dipajang di lemari, di Masjid Merah piring atau mangkuk keramik ini menempel di dinding yang berfungsi sebagai hiasan dinding masjid.

Hal yang terbesit pertama ketika membicarakan Masjid Merah adalah ornamen piring atau mangkuk keramik di setiap dindingnya. Piring dan mangkuk keramik berornamen khas Cina.

5. Patilasan Pangeran

Di Masjid Merah Cirebon ini terdapat makam keramat, tepatnya berada di sisi kiri masjid. Yang diyakini masyarakat sekitar sebagai sebuah patilasan.

pintu masuk masjid merah
pintu masuk masjid merah. google maps. sumber: ika prasetyanti

simak juga: wanawisata ciwaringin

6. 17 Pilar Masjid

Di dalam Masjid Merah terdapat 17 Pilar atau Tiang Penyangga yang mempunyai makna 17 rakaat kewajiban salat bagi umat muslim.

Penutup

Sempatkan berkunjung ke Masjid Merah ketika kamu ke Cirebon, ya. Di masa pandemi ini tetap prioritaskan protokol kesehatan agar kamu terbebas dari berbagai macam penyakit.


shopee