Pantai Bandealit, Pantai Alami Penuh Misteri di Area Perlindungan Taman Nasional

Daya tarik utama Pantai Bandealit adalah alamnya yang masih alami dengan udara yang masih segar. Berada di kawasan hutan lindung, menambah kesejukan di sekitar pantai. Kealamian Pantai yang terjaga dibuktikan dengan kebersihan dan kejernihan air lautnya.

Daya tarik utama Pantai Bandealit adalah alamnya yang masih alami dengan udara yang masih segar
Pantai Bandealit. Image via: @nengindah20

Bersantai di Pantai Bandealit juga cukup menyenangkan dan aman karena ombaknya yang tenang dan teratur meski pantai ini bagian dari gugusan pantai selatan. Selain bermain air, pengunjung juga bisa melakukan sejumlah olaharaga air mulai dari berenang, body board, jet ski, hingga berselancar angin.

Kenyamanan selama berada di pantai ini didukung oleh kontur pantai yang landai. Suasana Pantai Bandealit yang masih sepi dan tenang, sangat pas untuk pengunjung yang ingin menenangkan diri sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang. Yang membuat suasana disana menjadi semakin natural adalah keberadaan hutan tropis di sekeliling pantai.Pantai Bandealit sangat cocok untuk para pecinta alam yang ingin melakukan beach camp.

Sepinya pantai membuat anda akan leluasa untuk menikmati keindahan malam dengan suasana yang hening dan mendamaikan.

indahnya pantai bandealit mempesona dnegan hamparan pasir pantainya
Pantai yang indah. Image via: @explorejember

Simak juga: Ragam Pilihan wisata di Jember

Lokasi Pantai Bandealit

Pantai Bandealit terletak Taman Nasional Meru Betiri, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Taman Nasional Meru Betiri ini dikenal sebagai hutan tropis dataran rendah.

Jarak Pantai indah ini Jember  kira-kira 64 kilometer dengan waktu tempuh 2-3,5 jam.

Rute Menuju Pantai Bandealit

Jika dari arah kota Jember, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan sepanjang 35 kilometer ke arah selatan. Menuju kecamatan Tempurejo kemudian melanjutkan kearah desa Andongrejo. Hingga sampai pada taman nasional Meru Betiri.

Pantai Bandealit persis berada di ujung taman nasional Meru Betiri, sehingga untuk mencapai Pantai haruslah terlebih dahulu melewati taman nasional.

Begitu juga dengan pengunjung yang berangkat dari Surabaya. Setelah tiba di Jember, pengunjung hanya perlu mengikuti rute yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Nelayan Bandealit tersebar di sepanjang pantai, menambah aksen keindahan pada pantai ini
Nelayan Bandealit. Image via: @pantai-bandealit

Akses menuju Pantai disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan pada agen travel yang tersedia di kota Jember. Hal ini karena tidak ada angkutan umum menuju Pantai Bandealit.

Jam Buka Pantai Bandealit

Selain itu, Pantai Bandealit beroperasi selama 24 jam dengan beberapa petugas penjaga yang merupakan pengelola Pantai ini. Jadi Pantai Bandealit cukup aman untuk dikunjungi karena adanya sistem penjagaan tersebut.

Tiket Pantai Bandealit

Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000-, per orang. Harga  tiket masuk tersebut sangat cocok bagi yang ingin membawa rombongan keluarga.

Fasilitas Pantai Bandealit

Selain penjagaan yang aman, fasilitas di wisata Pantai ini cukup lengkap seperti penginapan, pondok wisata, toilet dan area parker. Selain fasilitas tersebut di pantai ini juga disediakan perlengkapan camping ground, body board, kano, shelter dan Speed Boat.

Bagi yang bingung masalah makanan disana ngga usah khawatir karena beragam hidangan kuliner bisa ditemukan dengan mudah di area wisata pantai tersebut.

Daya Tarik Pantai Bandealit

  1. Pantai yang Asri

sunset Bandealit mempesona dnegan semburat jingga di langit

Sunset Bandealit. Image via: Jember Tourism

Simak juga: Telaga Bleder

Karena Pantai Bandealit berada di kawasan hutan nasional yang dilindungi, Pantai ini juga masuk dalam program perlindungan pemerintahan atas lingkungan dan alam. Pantai Bandealit terkenal sebagai Pantai yang asri tanpa campur tangan manusia yang mengubah atau merombak kondisi Pantai.

Namun demikian, walau kawasan Pantai merupakan kawasan yang dilindungi, namun pengelola sangat memperhatikan kebersihan Pantai. Adanya kawasan taman nasional Meru Betiri menjadikan kawasan Pantai Bandealit semakin asri dan alami.

Para pengunjung dapat menikmati pesona hamparan Pantai sekaligus menikmati segarnya hembusan angin serta hijaunya hutan taman nasional Meru Betiri yang menyajikan berbagai keindahan seperti beragam jenis pohon serta makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Pengelola Pantai Bnadealit sangat menjaga kebersihan Pantai untuk menunjang kenyamanan para pengunjung.

Selain airnya yang bersih, Pantai yang merupakan salah satu gugusan Pantai Selatan ini juga memiliki karakteristik Pantai yang berbeda yakni Pantai yang landai dan tidak terdapat banyak Batu Karang. Selain itu, pasirnya yang lembut sehingga sangat aman bagi pengunjung yang membawa anak.

  1. Beragam Aktivitas pantai

Salam satu kegiatan menyenangkan di pantai Bandealit adalah main kano di sela-sela pohon bakau
Ber-kano di Bandealit. Image via: wisatajatim.info

Bermain-main di Pantai Bandealit juga cukup menyenangkan dan aman karena ombaknya yang tenang dan teratur meski pantai ini bagian dari gugusan pantai selatan. Selain bermain air, pengunjung juga bisa melakukan sejumlah oleharaga air mulai dari berenang, kano, body board, jet ski, hingga berselancar angin

Dengan semua keindahan yang ditawarkan Pantai Bandealit, bisa menjadi obyek gambar yang menarik untuk pengunjung yang mencintai landscape fotografi. Apalagi dengan adanya jajaran perahu nelayan yang semakin menambah pemandangan Pantai Bandealit.

Jika ingin menikmati sajian ikan segar bakar, pengunjung bisa membeli langsung dari para nelayan yang baru pulang melaut.  Untuk kemudian dibakar di tepi pantai.

Tidak jauh dari lokasi pantai, tepatnya di sisi timur, terdapat teluk dan muara sungai yang luas dengan perairan payau. Karena luasnya, muara sungai ini nampak menyerupai danau. Pengunjung yang menyukai aktivitas memancing bisa melakukannya di sini dan menangkap ikan-ikan segar berukuran besar.

Muara sungai ini juga cukup unik karena di musim kemarau ia memiliki volume air yang berlimpah dan terjadi hal yang sebaliknya di musim penghujan. Karenanya di musim kemarau banyak pengunjung yang melakukan speedboat ataupun berkano di sana.

  1. Wisata Hutan Lindung

Di pantai bandealit Pantai dan Hutan menyatu dalam ahrmoni alam nan selaras
Pantai dan Hutan. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: Pantai Natsepa NTT

Tak jauh dari muara sungai terdapat hutan mangrove yang menjaga pantai dari abrasi. Hutan mangrove seluas 8 hektar ini memiliki mangrova jenis pedada. Selain melindungi pantai, hutan mangrove tersebut juga menjadi tempat tinggal sejumlah burung.

Pengunjung bisa melakukan pengamatan mengenai jenis dan aktivitas dari burung-burung tersebut. Selain hutan mangrove, Pantai Bandealit juga menawarkan kawasan agrowisata berupa perkebunan yang dikelola oleh PT Bandealit.

Perkebunan ini pun masih dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri dengan sejumlah koleksi tanaman hortikultura seperti jeruk, rambutan, sirsak, dan tak ketinggalan si raja buah, durian.

Pengunjung yang suka melakukan trekking bisa menuruni tebing Gunung Sodung. Salah satu tebing yang ada di gunung ini memiliki ketinggian 100 meter dari permukaan laut. Dengan ketinggian yang dimilikinya, puncak tebing ini menawarkan keindahan alam Pantai Bandealit.

Naik 100 meter lagi lebih tinggi, pengunjung akan mendapati goa jepang lengka dengan benteng pertahanannya. Goa yang terbuat dari batu ini menjadi tempat para tentara Jepang mengintai kedatangan musuh.

  1. Misteri SIWIL

keberadaan hutan dan jarangnya pemukiman menyebabkan pantai bandealit selalu diselimuti berbagai kisah mistis
Pantai yang misterius. Image via: wonderfulindonesia.co.id

Pantai yang dikenal dengan keindahan alamnya yang natural ini juga memiliki misteri yang menjadi masyarakat sekitar dan para pengunjungnya. Pantai cantik yang tersembunyi ini dikenal cukup angker.

Menurut cerita tersebut di pantai ini ada sosok mahluk kerdil yang menyerupai seperti manusiayang dikenal dengan SIWIL. Ada beberapa pengunjung yang pernah melihat dan mengambil gambar jejak kaki dari mahluk tersebut.

Bahkan pada tahun 1992, dua orang ilmuwan berkebangsaan Inggris pernah melakukan penelitian di sekitar pantai untuk mengetahui keberadaan makhluk tersebut. Meskipun hasil akhir penelitian-nya tidak menunjukkan tanda keberadaan SIWIL.

Namun menurut pengakuan beberapa pengunjung, mereka telah melihat secara langsung makhluk kerdil yang memiliki ukuran tak sampai 1 meter ini. Hasil tangkapan nelayan pun pernah dicuri dan dibuat berantakan olehnya.

Pantai Bandealit bisa Dicapai dengan Kendaraan Off-road.
Dicapai dengan Kendaraan Off-road. Image via: @rinnie_aning

Simak juga: Air Terjun Lapopu

  1. Asal Usul Nama

Nama Bande Alit berasal dari Bende, yang berarti gong untuk menabuh gamelan. Juga kata Alit, yang berarti kecil. Jadi Bande Alit adalah gong  kecil yang digunakan pada jaman itu untuk memanggil seseorang.

Konon di zaman sekitar Abad 17, ada seorang istri dari Wong Agung Wilis dari Kerajaan Blambangan yaitu permaisuri Dewi Sukesih. Suatu saat, Wong Agung Wilis menyuruh istrinya untuk mengungsi atau mencari perlindungan ke arah barat.

Dewi Sukesih yang dalam kondisi hamil mengungsi melewati jalur darat melalui hutan belantara Alas Purwo Grajagan menuju daerah barat. Akhirnya Sukesih melahirkan seorang putra yang diberi nama Joko Mursodo.

Setelah Joko Mursodo dewasa, dia bermaksud mau mencari ayahnya yang tinggal di Blambangan. Abdi Kinasih menyarankan pada Joko Mursodo jangan mencari ayahnya, karena di daerah Blambangan masih terjadi peperangan.

Dari perkataan Abdi Kinasih itu, Joko Mursodo tersinggung sampai dia berujar tidak akan memanggil nama Abdi Kinasih lagi dengan cara memukul gong kecil sebelum bertemu dengan ayahnya. Sampai akhirnya daerah pantai itu dinamakan Bande Alit.

Menikmati sepi di [antai bandealit bsia benar-benar sempurna
Menikmati sunyi. Image via: @kikiwulann

Objek Wisata Dekat Pantai Bandealit

Di Jember, selain pantai ini, ada juga beberapa pntai indah lainnya. Salah satunya adalah pantai tanjung papuma. Keindahan pantai dengan pasir putihnya yang masih bersih, ombaknya hingga  suasana alamnya yang begitu menentramkan memberikan pengalaman yang luar biasa ketika menghabiskan waktu di sini.

Dan lagi banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di sini, dari berenang di pantai hingga diving untuk mengeksplor keindahan terumbu karang. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menemukan spot diving yang keren.

Jika tertarik dengan wisata iklim sejuk dataran tinggi, jember memili Perkebunan Teh Gunung Gambir. Tak sekedar menikmati alamnya, pengunjung juga bisa mencoba faslitas seru yang disediakan oleh pengelola. Dari kolam renang, area camping ground, tempat penginapan hingga gedung pertemuan yang bisa digunakan untuk menggelar acara besar.

Sekian cerita kami, mengenai keindahan Pantai Bandealit di area timur Pulau Jawa. Segera luangkan waktu untuk menengok keindahan alam daerah timur Pulau ini.

Selamat Berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment