Pantai Srau, Nyiur Melambai Berpadu Bersama Hamparan Pasir Putih

Pantai Srau berada di Kabupaten Pacitan, dimana kota yang berjuluk seribu goa ini memiliki beberapa pantai indah dan masih sangat asri.

Salah satunya ialah Pantai Srau, sebuah pantai yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta tidak begitu ramai. Sehingga lokasi yang tepat untuk menyepi dan lebih mendekatkan diri dengan alam dan Sang Pencipta.

nyiur melambai di pantai srau
nyiur melambai di pantai srau. google maps. sumber: Deny Dhenul

Pantai Srau ini cukup luas, wilayahnya dibagi menjadi 3 area atau 3 zona. Yakni:

  • Sebelah timur yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati terbit dan terbenamnya matahari.
  • Bagian tengah biasanya digunakan untuk bermain air.
  • Bagian barat terdapat sumber air tawar.

Di bagian tengah juga terdapat sebuah taman sederhana, yang dihiasi oleh nyiur melambai serta tempat duduk untuk bersantai. Banyak pengunjung yang datang bersama kawan dan komunitas untuk menikmati indahnya Pantai Srau.

Misteri Pantai Srau

Keindahan Pantai Srau ternyata memiliki kisah mistis yang menyebar dari mulut ke mulut. Kisah tersebut berawal dari sumber air tawar yang ada di sebelah barat.

Konon katanya sumber air tawar tersebut angker, sehingga penduduk sekitar tidak berani mengambil air hingga malam hari.

Keangkerannya semakin terbukti tatkala berdirinya sebuah penginapan yang lokasinya tak jauh dari sumber mata air tersebut.

Menurut cerita yang berkembang, penginapan tersebut milik warga asing. Namun karena pemilik dan orang-orang yang menginap di sana sering diganggu oleh makhluk astral, akhirnya ditutup dan dibiarkan begitu saja.

Gangguan tersebut dikaitkan dengan keberadaan sumber air tawar yang angker, karena memang lokasi penginapannya tak jauh dari sumber air tawar.

Disarankan untuk kamu yang datang mengunjungi sumber air tawar harap menjaga sikap dan menghindari hal-hal yang tidak baik, untuk mencegah kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

pantai srau
pantai srau. google maps. sumber: YSF SKONE

Lokasi & Alamat Pantai Srau

Pantai Srau ini beralamat di Desa Candi (Dusun Srau), Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Srau

Perjalanan menuju Pantai Srau tak begitu sulit, akses jalannya sudah beraspal meski tak begitu lebar. Namun masih bisa dilalui kendaraan roda empat kok.

Rute yang dapat diambil jika dari arah Kota Pacitan dengan menuju Jl. W.R Supratman, ketika berada di pertigaan Tumpang Rinjing ambillah ke arah kiri.

Kemudian kamu akan menemukan petunjuk arah yang akan mengarahkanmu menuju Pantai Srau. Jarak tempuh yang dituju dari Pacitan sekitar 21 km, dengan waktu tempuh kira-kira 45 menit.

Jam Buka Pantai Srau

Jam operasional Pantai Srau dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh. Sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk camping di sekitar pantai.

Tiket Pantai Srau

  • Tiket masuk Pantai Srau hanya dengan membayar Rp. 5.000,- per orang.
  • Parkir motor sebesar Rp. 5.000,- per unit.
  • Parkir mobil sebesar Rp. 10.000,- per unit.

Fasilitas Di Pantai Srau

Fasilitas yang ada di Pantai Srau diantaranya:

  • Area yang luas untuk menyimpan kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Camping Ground
gazebo yang menghadap langsung ke laut lepas
gazebo yang menghadap langsung ke laut lepas. google maps. sumber: Cresentiana Wulandari

Penginapan

Di sekitar Pantai Srau belum tersedia penginapan, karena biasanya pengunjung yang datang untuk menginap dengan mendirikan tenda atau camping.

Kamu dapat menemukan penginapan atau villa di sekitar Pantai Watu Karung, yakni kira-kira 30 menit dari Pantai Srau.

Daya Tarik Pantai Srau

1. Alamnya Yang Indah

alam yang indah
alam yang indah. google maps. sumber: ronny sp

Pantai Srau memiliki tiga zona atau wilayah untuk disambangi, masing-masing area memiliki keunikan dan pemandangannya sendiri.

Untuk menikmati keindahan alam yang tersaji di Pantai Srau, dapat dilakukan di 2 area yakni sebelah timur dan dari atas bukit pandang.

Di bagian timur Pantai Srau terdapat beberapa gazebo yang menghadap langsung ke arah pantai, sehingga kamu dapat menikmati deburan ombak yang cukup kencang dibalut birunya air laut sambil bersantai.

Di bagian timur ini tidak disarankan untuk bermain air, karena ombaknya cukup kencang sehingga tidak aman dan cukup berbahaya.

Kamu juga dapat menikmati keindahan Pantai Srau dengan mendaki tangga yang akan membawamu menuju puncak bukit pandang.

Panorama di ketinggian terlihat sungguh menawan, keindahannya tak ada yang menghalangi. Birunya laut dipadu dengan hijaunya bukit serta hamparan pasir putih.

2. Menikmati Sunset dan Sunrise

menikmati pergantian hari
menikmati pergantian hari. google maps. sumber: Adityo

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Srau ialah sajian panorama sunset dan sunrisenya yang sungguh cantik dan menawan. Kamu dapat menikmatinya dengan bersantai di gazebo yang banyak tersedia di sekitar pantai.

Atau kamu juga dapat menikmatinya dari puncak bukit pandang. Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan perubahan alam tersebut.

3. Melakukan Ragam Kegiatan Seru

Keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Srau diantaranya:

  • Bermain Air dan pasir

Bermain air dan pasirnya yang lembut, di area bagian tengah. Area ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup landai dan ombak yang tak begitu kencang. Sehingga kamu dapat bermain air lautnya yang bersih dan berwarna biru tersebut.

Area ini terkadang air lautnya suka surut, jika hal itu terjadi yang tampak hanyalah hamparan pasir yang dihiasi bukit indah yang melengkung di bagian bawahnya.

spot untuk memancing
spot untuk memancing. google maps. sumber: chandar chan
  • Memancing

Kegiatan lain yang dapat dilakukan ialah memancing, terdapat beberapa spot favorit yang biasa digunakan para mancing mania. Dan lokasinya pun sudah dilengkapi dengan gazebo.

Sehingga sambil menunggu umpannya dimakan ikan, kamu dapat bersantai sambil menikmati alam yang tersaji di Pantai Srau.

3. Area Untuk Camping

camping di pantai srau
camping di pantai srau. google maps. sumber: Mas No Alvin

Pantai Srau memiliki camping ground yang cukup luas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berkemah bersama keluarga atau komunitas.

Lokasi untuk campingnya tersebar dimana-mana, tak sedikit pengunjung yang memilih untuk mendirikan tenda di atas bukit dengan alasan pemandangan yang tersaji lebih indah.

4. Sumber Air Tawar

Yang paling unik dan menarik dari Pantai Srau ialah adanya sumber air tawar, dimana kita semua tahu bahwa air laut itu rasanya asin bukan tawar.

Lokasi sumber air tawar tersebut berada di sebelah barat, namun jarang pengunjung yang datang untuk mendatanginya. Hal tersebut mungkin karena dicap tempat yang angker, apalagi jika malam tiba.


Tinggalkan komentar