5 Tempat Wisata di India, Pesona Negeri Mahabharata

Tempat wisata di India memiliki karakteristik khusus, terutama untuk tempat wisata  yang mendunia. Yaitu tempat wisata yang memiliki nilai sejarah, arsitektur, serta kental dengan cerita legenda.

pesona india
pesona india. google maps. sumber: mustafa alzialiae

Namun perlu diketahuia juga bahwa sektor pariwisata India masih di bawah sektor industri film dalam konteks penyumbang devisa negara.

Ya, terbukti dunia mengenal dengan istilah Bollywood, sebagai sebuah diksi yang merujuk kepada industri film di India. Bahkan di Indonesia sangat mengenal sosok pemain fil yang bernama Sah Rukh Khan, serta film Mahabharata.

Padahal, pesona India bukan hanya tentang filmnya saja. Banyak tempat wisata di India yang sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya berkaitan erat dengan sejarah peradaban manusia.

Oleh karena itu, bagi anda yang suka baper dengan narasi cinta di film, dan lagu India. Saat ini, akan kami sajikan sisi lain negeri India, dari sektor wisatanya.

5 Tempat Wisata Di India

1. Taj Mahal

taj mahal
taj mahal. google maps. sumber: julio garcia garate

Yups, memang tak lengkap jika membahas Tempat wisata di India tanpa membahas keberadaan Taj Mahal. Sebuah mahakarya besar, sekaligus sebagai bukti cinta yang luar biasa untuk sang terkasih.

Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, bahwa tempat wisata di India memiliki nilai sejarh, serta roman yang menghiasinya.

Begitupun dengan Taj Mahal. Taj Mahal selain menjadi salah-satu keajaiban di dunia. Di sisi lain menjadi monumen cinta termegah di dunia, dan makam termegah di dunia.

Bukan tanpa alasan jika Taj Mahal menjadi 1 dari 7 keajaiban di dunia. Hal yang menakjubkan dari Taj Mahal adalah sebagai berikut:

  • Pembangunan yang memerlukan waktu hampir 22 tahun,
  • Dibangun oleh puluhan ribu pekerja,
  • Menghabiskan anggaran pembangunan sekitar 6 triliun rupiah.

Semua hal tersebut dilakukan atas nama cinta. Kini Taj Mahal adalah destinasi wisata di India yang sangat populer di dunia, sekaligus Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taj Mahal berdiri di atas sebuah lahan dengan luas 22,4 ha. Di area tersebut mata pengunjung akan melihat kolam, air mancur, yang berpadu dengan makam Mumtaz Mahal.

Jadi, jangan merasa sebagai pecinta sejati jika belum melakukan karya cinta Kaisar Kerajaan Mughal, Sah Jahan, untuk istri tercintanya yaitu Mumtaz Mahal.

  • Lokasi Taj Mahal : Agra, India.
  • Harga Tiket Masuk Taj Mahal: 1.600 Rupee untuk turis asing.

2. Agra Fort

agra fort
agra fort. google maps. sumber: Aghost Codm YT

Setelah selesai melakukan kunjungan wisata ke Taj Mahal, janganlah terburu-buru keluar dari kota Agra, India. Karena di Agra terdapat tempat wisata lainya yang sangat bersejarah, jaraknya hanya 2,5 kilometer dari Taj Mahal. Nama tempatnya Agra Fort.

Agra Fort, atau disebut juga dengan Benteng Agra memiliki daya tarik sebagai tempat wisata di India yang menyajikan view arsitektur bangunan istana khas kerajaan Mughal. Selain itu, di dalam Benteng Agra terdapat area taman yang tertata secara baik.

Benteng Agra juga memiliki status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Agra Fort sekaligus sebagai destinasi wisata sejarah di India yang recommended untuk dikunjungi.

  • Lokasi Agra Fort: Agra, India.
  • Harga Tiket Masuk: 250 Rupee.

3. Varanasi

benares
benares. google maps. sumber: Madhulika Rai

Berbicara tentang India sangat identik dengan keberadaan sungai suci, yaitu Sungai Ganga. Sungai tersebut berada di sebuah kota tertua di dunia yang bernama Varanasi.

Varanasi, disebut juga dengan nama Benares, merupakan pusat ilmu pengetahuan sejak 700 masehi. Faktanya, banyak universitas ternama yang ada di kota tersebut.

Kunjungan ke Varanasi menjadi kunjungan wisata yang wajib dilakukan. Karena varanis menjadi salah-satu pusat kebudayaan India.

4. Taman Nasional Periyar

taman nasional periyar
taman nasional periyar. google maps. sumber: The Wanderlust

Tempat wisata di India selanjutnya adalah tempat wisata yang bertemakan alam. Nama tempat wisata di India tersebut bernama Taman Nasional Periyar.

Daya tarik Taman Nasional Periyar selain sebagai rumah besar bagi berbagai macam spesies, terdapat juga sebuah danau buatan yang dibuat tahun 1895, saat India masih menjadi bagian dari Britania Raya.

Ciri khas lainnya dari Taman Nasional Periyar adalah keberadaan 1000 gajah. Untuk menjelajah kawasan Taman Nasional Periyar terdapat mobil khusus yang disediakan oleh pihak pengelola.

  • Lokasi Taman Nasional Periyar: Kerala, India.
  • Harga Tiket Masuk Taman Nasional Periyar: 250 Rupee.

5. The Ellora Caves

gua ellora
gua ellora. google maps. sumber: Alexxx Liss

Tempat wisata di India selanjutnya bernama The Ellora Caves, atau Gua Ellora. The Ellora Caves adalah gua buatan yang dibangun sejak abad ke 5 masehi.

Selain itu, Gua Ellora adalah situs arkeologi yang mencerminkan perdamaian, serta kerukunan antar umat beragama. Setidaknya terdapat 34 gua buatan yang ada di lokasi tersebut yang akan membuat mata pengunjung terpesona.

  • Lokasi The Ellora Caves: Aurangabad Maharashtra, India.
  • Harga tiket masuk The Ellora Caves: 600 Rupee.

Sebetulnya masih banyak tempat wisata di India yang tidak boleh terlewatkan, seperti:

  • Mysore Palace,
  • Mehrangarh Fort,
  • Amer Fort,
  • Golden City.

Semua tempat wisata tersebut sangat recommended untuk dikunjungi saat anda jalan-jalan di India.


Tinggalkan komentar