Wisata Air Gajah Depa, Waterpark Instagramable di Sumedang

Wisata Air Gajah Depa salah satu waterpark yang ada di Sumedang Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cimalaka. Wisata air ini memiliki view kekinian dan juga ramah anak.

Berenang merupakan kegiatan seru dan menyenangkan, apalagi untuk anak-anak. Mereka paling senang jika kita ajak untuk bermain air, tak perduli panas ataupun hujan.

Wisata Air Gajah Depa dapat menjadi salah satu pilihan ketika hendak mengajak anak bermain air, apalagi banyak wahana permainan yang dapat dimainkan.

patung gajah depa
patung gajah depa. google maps. sumber: Pitri Yani

simak juga: museum prabu geusan ulun

Namanya memang unik, entah apa alasan dibalik penamaan tersebut. Tak jauh dari area parkir terdapat patung gajah yang sedang tengkurap kalau dalam bahasa sunda disebut gajah depa, yang menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Berikut ulasan tentang Wisata Air Gajah Depa, sebagai bahan referensi awal dalam menentukan tempat berenang weekend ini bersama keluarga tercinta.

Lokasi dan Alamat Wisata Air Gajah Depa

Lokasi dan alamat Wisata Air Gajah Depa berada di Jl. Raya Serang No. 90, Galudra, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Wisata Air Gajah Depa

Akses menuju Wisata Air Gajah Depa sangat mudah dijangkau, apalagi dengan bantuan maps yang ada di androidmu. Dimana kamu tinggal mengikuti arahan yang diberikannya.

Jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, selain itu kamu juga dapat menggunakan transportasi umum ataupun online.

mandi salju
mandi salju. google maps. sumber: Supriadi super

simak juga: tahura gunung kunci

Jam Buka Wisata Air Gajah Depa

  • Wisata Air Gajah Depa buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 16.00 untuk akhir pekan jam tutup dapat berbeda.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Gajah Depa

Harga tiket masuk Wisata Air Gajah Depa berbeda antara hari biasa dan hari libur, yakni:

  • Weekdays sebesar Rp. 30.000,-
  • Weekend dan hari libur sebesar Rp. 35.000,-

Fasilitas Wisata Air Gajah Depa

Fasilitas yang ada di Wisata Air Gajah Depa sangat lengkap dan memadai, yakni tersedianya:

  • Toilet,
  • Kamar bilas,
  • Saung,
  • Penyewaan loker,
  • Mushola,
  • Wahana permainan,
  • Area parkir yang luas,
  • Kantin,
  • Area bermain,
kolam anak utama
kolam anak utama. google maps. sumber: Supriadi super

simak juga: alun-alun sumedang

Daya Tarik Wisata Air Gajah Depa

1. Kolam Anak

Wisata Air Gajah Depa memiliki dua buah kolam anak, kolam anak yang pertama tempatnya sedikit tersembunyi dan senantiasa tak terlalu banyak orang.

Di kolam tersebut terdapat perosotan yang di atasnya ada ember tumpah, jadi suasana seru akan tercipta jika kamu berseluncur bertepatan dengan jatuhnya air dari ember tumpah.

Kolam anak yang kedua bisa dibilang kolam anak utama, lokasinya tak begitu jauh dari pintu masuk, dilengkapi dengan perosotan mini dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

salah satu wahana yang ada
salah satu wahana yang ada. google maps. sumber: Supriadi super

simak juga: curug ciputrawangi

Di sekeliling kolam tersebut dikelilingi kolam semacam kolam arus yang dapat dimanfaatkan anak-anak untuk berenang mengelilingi kolam anak utama.

Selain itu ada pula perosotan yang cukup besar dan cukup menantang, namun tetap aman jika dimainkan oleh anak-anak. Perosotan tersebut cukup lebar, sehingga dapat dimainkan lebih dari dua orang.

Kolam anak di Wisata Air Gajah Depa memiliki kedalaman tak lebih dari 1 meter, sehingga aman banget jika dijadikan tempat bermain air anak-anak.

2. Kolam Dewasa

Wisata Air Gajah Depa merupakan tempat wisata keluarga, sehingga bukan hanya memiliki kolam anak saja disini juga ada Kolam Dewasanya, letaknya berada di antara kedua kolam anak.

Bentuk kolamnya dibuat memanjang seperti tempat untuk lomba berenang, pas banget dijadikan tempat berenang ataupun berlatih renang.

kolam dewasa
kolam dewasa. google maps. sumber: Aulia Nurul Hasanah

simak juga: gunung tampomas

3. Kolam Salju

Kolam salju salah satu tempat favorit anak-anak ketika bermain di Wisata Air Gajah Depa, dimana mereka dapat bermain busa di sebuah kolam yang cukup luas dengan suasana bagaikan di kutub utara.

Busa-busa yang keluar seperti salju yang sedang turun dari langit, hingga wajar jika disebut kolam salju. Apalagi kolamnya dipenuhi oleh putihnya busa.

Selanjutnya ada pula sebuah seluncuran air yang cukup panjang namun landai, akhir tujuannya ialah sebuah kolam di samping kolam busa. Untuk dapat memasuki kawasan mandi salju, kamu harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Selain itu, Wisata Air Gajah Depa juga memiliki kolam air hangat layaknya jacuzzi. Dapat dimanfaatkan untuk relaksasi, supaya badan kembali bugar dan bersemangat.

4. Suasana Yang Indah

suasana kekinian
suasana kekinian. google maps. sumber: Asep junaedi

simak juga: mata air cikandung

Wisata Air Gajah Depa bukan hanya memiliki wahana permainan yang lengkap, suasana yang diciptakannya juga indah dan tertata dengan baik.

Meski tak begitu luas, namun cantik dan menarik. Di salah satu sudut kolam anak terdapat air terjun mini yang airnya langsung mengalir ke kolam.

Pokoknya suasana di Wisata Air Gajah Depa enak banget dan bikin betah, apalagi untuk kamu yang gemar hunting foto.

Penutup

Wisata Air Gajah Depa menjadi lokasi favorit keluarga untuk berlibur apalagi di akhir pekan atau hari libur, maka tak heran di waktu-waktu tersebut selalu ramai.

Namun ingat kita harus tetap menjaga protokol kesehatan yang sudah dicanangkan pemerintah, jangan kendor apalagi lengah. Yuk kita saling menjaga!


shopee