Bendungan Walahar, Keindahannya Bukan Hanya Sekedar di Kalimat Aja

Bendungan walahar memiliki keindahan yang nyata, alias bukan hanya sekedar di kalimat banyak orang yang pernah mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Bendungan walahar memiliki pesona yang berani untuk diadu dengan destinasi danau-danau yang ada di Indonesia lainnya, yang pasti kamu akan dibuat sadar bahwa Karawang punya tempat seindah Bendungan walahar.

Bendungan walahar Karawang terkenal dengan panjang dan luasnya, sehingga kamu bisa rarakitan bersama orang-orang paling spesial dalam hidup kamu.

bendungan walahar
bendungan walahar. google maps. sumber: Himawan Setiyo

simak juga: gunung sanggabuana

Bicara soal ketenangan, Bendungan walahar Karawang dijamin akan membuat kamu tenang karena suara gemercik air akan membuat kamu rileks.

Oleh karenanya, apabila kamu bosan atau suntuk dengan pekerjaan yang menumpuk berarti kamu sedang membutuhkan waktu untuk rehat dan piknik ke Bendungan walahar ini.

Apalagi saat langit sedang biru sob, waktu berliburmu akan semakin sempurna. Spot-spot foto yang instagramabel juga siap untuk kamu upload di media sosial kamu lho.

Bendungan walahar ini juga sangat terjaga lho kebersihannya, sehingga kamu bisa nyaman untuk berwisata dalam waktu yang lama di Bendungan walahar ini. Berikut info yang dapat kami sampaikan!

Sejarah Bendungan Walahar

Bendungan Walahar dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda, yakni sekitar tahun 1918 dan selesai sekitar tahun 1925. Dikenal dengan nama Parisdo.

Tujuan utama pembangunan Bendungan Walahar ini ialah sebagai saluran irigasi bagi area pesawahan yang ada di sekitar bendungan khususnya, Karawang pada umumnya. Bendungan Walahar juga berfungsi untuk menahan aliran Sungai Citarum.

Terdapat sebuah jembatan dengan panjang sekitar 3 meter, yang melintang di atas bendungan dan memiliki beberapa ruangan.

bendungan bersejarah
bendungan bersejarah. google maps. sumber: nurwida swardana

simak juga: monumen rawa gede

Lokasi Bendungan Walahar

Lokasi atau alamat dari Bendungan walahar ini berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Rute Menuju Bendungan walahar

Untuk bisa sampai di Bendungan walahar Karawang ini, kamu bisa menggunakan rute dari Terminal Klari, yakni ambil arah timur laut menuju Jalan Raya Klari untuk selanjutnya masuk ke Jalan Raya Pantura.

Lalu kamu ambil Jalan Lingkar Tanjungpura ke Jalan Kedung Waringin sejauh 13,6 km, waktu yang dibutuhkan sekitar 19 menit.

Selanjutnya kamu ambil Jalan Raya Pebayuran dan Jalan Teluk Bango menuju Bendungan walahar sejauh 32,3 km sekitar 57 menit jarak tempuh.

gowes ke bendungan
gowes ke bendungan. google maps. sumber: wahyu triyantoro

simak juga: wana wisata puncak sempur

Jam Buka Bendungan walahar

Bendungan walahar bisa kamu kunjungi dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, setiap hari Senin hingga Minggu.

Harga Tiket Bendungan walahar

Untuk bisa berwisata di Bendungan walahar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang fantastis, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Fasilitas Bendungan walahar

Di Bendungan walahar kamu bisa menggunakan berbagai fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola, diantaranya:

  • Toilet/MCK,
  • Mushola,
  • Area Parkir Kendaraan,
  • Warung Makanan,
  • Gazebo,
wisata ke bendungan walahar
wisata ke bendungan walahar. google maps. sumber: dea widyaningsih

simak juga: monumen kebulatan tekad

Daya Tarik Bendungan walahar

Bendungan walahar merupakan tempat wisata yang dikenal dengan daya tarik alamnya yang memesona, selain itu destinasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin refreshing  dengan budget yang murah. Diantara daya tarik yang akan kamu temui ketika berkunjung ke Bendungan walahar,diantaranya:

1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Ketika sampai di Bendungan walahar kamu akan dibuat puas dengan sajian pemandangan alam yang indah.  Terhampar luas Bendungan walahar, yang di pinggirnya dihiasi tanaman-tanaman air.

Udara sekeliling yang sejuk dan menyegarkan, ditambah pesona alam yang tersaji begitu indah membuatmu akan merasa betah berlama-lama di Bendungan walahar.

Air danau yang begitu tenang akan menjadi healing terapi tersendiri untuk jiwa dan ragamu. Kamu bisa duduk manis ditepi danau sambil memandang danau yang menghampar luas.

bendungan yang cukup panjang
bendungan yang cukup panjang. google maps. sumber: Syamsul Arifin

simak juga: vihara sian djin ku poh

Dengan pesona alam yang ditawarkan, tempat ini pun sangat cocok untuk dijadikan tempat foto yang Instagramable dan aesthetic.

2. Warung Makan

Di Bendungan walahar terdapat warung makan yang menyediakan berbagai macam menu seperti Bakso, Sate Maranggi, Nasi Goreng, dan lainnya.  Citra rasa masakan yang disajikan di warung makan ini tentu berbeda dengan tempat yang ada di kota lain.

Hal favorit saat menyantap makanan di warung makan Bendungan walahar adalah spot tempat makanmu akan langsung menghadap ke Bendungan walahar. Nikmat sekali rasanya makan dipinggir danau yang dilengkapi pemandangan yang sejuk di mata.

3. Spot Memancing

Bendungan walahar bisa kamu gunakan untuk memancing juga lho. Disediakan spot-spot tertentu di Bendungan walahar yang khususu digunakan sebagai tempat pemancingan.

Spot Memancing  di Bendungan walahar inilah yang sering dijadikan daya tarik utama disini. Tentu, kamu harus membawa alat pancing dan pakannya sendiri ya. Cocok sekali bukan untuk kamu yang hobi memancing?

spot memancing
spot memancing. google maps. sumber: Didin Abidin

simak juga: pantai sedari karawang

4. Gazebo

Jika kamu lupa membawa tikar, atau cuaca saat kamu berkunjung ke Bendungan walahar kurang bersahabat. Gazebo bisa menjadi tempat yang pas untuk kamu bersantai sambil membuka bekal makanan.

Dengan tiket masuk Rp5.000 ditambah dengan fasilitas umum gratis yang bisa kamu gunakan, Bendungan walahar ini sangat recommended untuk dikunjungi kan.

Penutup

Bendungan walahar dengan fasilitas dan daya tarik yang ditawarkan membuatmu tidak harus berpikir dua kali untuk berkunjung ke danau eksotis ini. Bendungan walahar sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Jadi tunggu apalagi? Yuk, berwisata ke Bendungan walahar!


shopee