Monumen Kebulatan Tekad, Pengingat Perjuangan Kemerdekaan Di Karawang

Monumen Kebulatan Tekad telah menjadi inspirasi bagi masyarakat Karawang dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Secara tidak langsung, apabila kamu ingin mengetahui sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Karawang kamu bisa mengunjungi Monumen Kebulatan Tekad ini.

Dari letak geografisnya, Kabupaten Karawang ini dekat dengan wilayah Ibukota DKI Jakarta yang secara tidak langsung Kabupaten Karawang ini memiliki keterlibatan dalam peristiwa kemerdekaan.

monumen kebulatan tekad
monumen kebulatan tekad. google maps. sumber: djohar arifin

simak juga: vihara sian djin ku poh

Monumen Kebulatan Tekad juga sering dikenal juga dengan nama Tugu Rengasdengklok, hal ini disebabkan karena lokasinya berada di Desa Rengasdengklok.

Nah, tentu kamu tidak pernah asing lagi ketika mendengar nama tempat Rengasdengklok bukan? Karena Rengasdengklok menjadi tempat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Bagi masyarakat Karawang, Monumen Kebulatan Tekad bukan hanya sebatas tugu bersejarah tetapi juga menyimbolkan semangat perjuangan dan keberanian.

Saat ini Monumen Kebulatan Tekad menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai disore hari, bersama keluarga ataupun teman.

Tidak hanya itu, jika kamu berkunjung ke Monumen Kebulatan Tekad ini dijamin tidak akan kelaparan, karena dilokasi ini banyak sekali pedagang yang menjajakan jajanan.

Lokasi Monumen Kebulatan Tekad

Berikut lokasi atau alamat lengkap dari Monumen Kebulatan Tekad, yaitu berada di Jalan Raya Rengasdengklok, Desa Rengasdengklok, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

situs bersejarah di karawang
situs bersejarah di karawang. google maps. sumber: Dedanimrod Chimatupang

simak juga: wisata kuliner soto gempol

Rute Menuju Monumen Kebulatan Tekad

Rute menuju Monumen Kebulatan Tekad dari Terminal Klari bisa ambil arah timur laut menuju Jalan Raya Klari/Jalan Raya Pantura.

Setelah 39 meter, belok kiri ke jalan Klari/Jalan Raya Pantura. Terus berada di lajur kanan untuk tetap berada di jalan Raya Klari/Pantura.

Setelah itu kamu belok kanan ke Jalan Lingkar Tanjung Pura, terus lurus untuk tetap berada di Jalan Lingkar Tanjung Pura. Belok sedikit ke kanan menuju Jalan Raya Pantura/Jalan Raya Tanjung Pura.

Belok kanan menuju Jalan Proklamasi lewati Rasa Nusantara. Setelah 10,5 km teruskan ke Jalan Raya Rengas Dengklok sejauh 2,0 km.

Lalu belok sedikit ke kiri menuju Jalan Tugu Proklamasi, setelah 1,9 km belok kiri lalu belok sedikit ke kanan menuju Jaan Raya Tugu Proklamasi. Belok sedikit ke kanan menuju Jalan Raya Proklamasi, lalu tujuanmu ada disebelah kanan.

taman yang asri
taman yang asri. google maps. sumber: Rifky febrian

simak juga: sentra kerajinan boneka cikampek

Jam Buka Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad terbuka selama 24 jam. Jadi, wisatawan bisa dengan bebas berkunjung ke tampat wisata bersejarah ini.

Harga Tiket Monumen Kebulatan Tekad

Tiada ada biaya tiket khusus untuk masuk ke Wisata Monumen Kebulatan Tekad alias gratis.

Fasilitas Monumen Kebulatan Tekad

Di Monumen Kebulatan Tekad terdapat beberapa fasilitas publik yang bisa kamu manfaatkan saat berkunjung, diantaranya:

  • Bangku Taman
  • Area Parkir Kendaraan
  • Warung Jajanan
suasana di malam hari
suasana di malam hari. google maps. sumber: Drone Indonesiachanel

simak juga: museum situs batu jaya

Daya Tarik Monumen Kebulatan Tekad

Bukan tempat wisata namanya jika tidak ada hal yang menarik pengunjung untuk berwisata. Monumen Kebulatan Tekad hingga sekarang masih menjadi tempat wisata bersejarah yang diminati wisatawan, daya tarik tersebut diantaranya:

1. Tempat Edukasi Peristiwa Kemerdekaan Indonesia

Monumen Kebulatan tekad merupakan simbol sejarah untuk mengenang seluruh rangkaian perjuangan para pahlawan yang memejuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

saksi perjuangan di masa lampau
saksi perjuangan di masa lampau. google maps. sumber: Luqman Hakim

simak juga: kampung budaya karawang

Di area Monumen Kebulatan Tekad terdapat relief yang menggambarkan peristiwa sejarah di masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Setiap relief di Monumen Kebulatan Tekad memudahkan wistawan untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam sebuah gambar.

2. Rumah Bersejarah

Diantara momen penting yang berlangsung di area Monumen Kebulatan Tekad adalah dulu tempat tersebut merupakan tempat rapat golongan tua (Ir. Soekarno, Moch.Hatta, dkk) dan golongan muda untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

rumah bersejarah
rumah bersejarah. google maps. sumber: Basri Hasibuan

simak juga: taruma leisure waterpark

Selain itu tempat ini juga menjadi tempat persinggahan Ir.Soekarno. Bahkan, tragedi penculikan Ir.Soekarno sebelum proklamasi  kemerdekaan Indonesia pun terjadi di tempat ini.

3. Spot Foto Aesthetic

Mengabadikan foto di tempat bersejarah tentu menjadi keunikan tersendiri. Berswa-foto dengan latar belakang Monumen Kebulatan Tekad tentu turut menambah kebanggaanmu terhadap perjuangan para pahlawan.

Selain itu berfoto di setiap spot indah di Monumen Kebulatan Tekad dapat djadikan kenang-kenangan dan diunggah ke sosial mediamu.

Selain spot Monumen Kebulatann Tekad, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang relief sejarah, duduk dibangku taman, atau spo-spot lain yang menurtmu indah.

hunting foto
hunting foto. google maps. sumber: E_Nida Sofiatul M

simak juga: candi jiwa karawang

Penutup

Jangan lupa berkunjung ke Monumen Kebulatan Tekad saat berkunjung ke Karawang ya. Kamu harus melihat secara langsung tempat bersejarah ini.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengenalkan sejarah kemerdekaan Indonesia dengan cara yang seru.


shopee