Museum Situs Batujaya, Wisata Edukasi Karawang

|

Museum Situs Batujaya harus menjadi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Destinasi wisata edukasi di Karawang ini sangat kaya akan sejarah dimasa lalu.

Anda pasti akan dibertanya “bagaimana bisa orang-orang zaman dulu membangun bangunan yang hebat?” Nah pertanyaan itu akan segera Anda temukan jawaban ilmiahnya, karena Museum Situs Batujaya memiliki pemandu yang hebat dan professional.

suasana yang asri
suasana yang asri. google maps. sumber: Suwarta Djanoarta

simak juga: pantai sedari karawang

Selain memiliki pemandu ahli dibidang sejarah, Museum Situs Batujaya juga memiliki pemandu yang ahli dibidang keilmuan arkeologi.

Jadi pemaparannya atau penjelasanya pun dipastikan ilmiah, alias bukan berlandasakan pada mitos-mitos yang selama ini berkembang di masyarakat.

Apabila selama ini Anda hanya mengetahui bahwa Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi, kini Anda memiliki pengetahuan baru bahwa Karawang memiliki destinasi wisata edukasi.

Museum Situs Batujaya juga sering dikunjungi oleh banyak lembaga-lembaga dari Satuan Pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Lokasi Museum Situs Batujaya

Adapun lokasi atau alamat dari Museum Situs Batujaya berada di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

museum situs batujaya
museum situs batujaya. google maps. sumber: Joko Yuwono

simak juga: kampung budaya karawang

Rute Museum Situs Batujaya

Apabila Anda berangkat dari Rengasdengklok, Karawang Anda bisa menggunakan Jalan Raya Rengasdengklok menuju Jalan Karya Bhakti.

Terus mengemudi dan ambil Jalan Kalijaya, dan Jalan Rengasdengklok menuju Kertasari sejauh 1,9 km. Lalu ambil Jalan Raya Batujaya menuju Jalan Candi Jiwa di daerah Segaran dan terus mengemudi sejauh 20,2 km.

Terus ikuti jalur Jalan Candi Jiwa untuk menuju Museum Situs Batujaya, kira-kira sejauh 700 m lagi.

Jam Buka Museum Situs Batujaya

  • Museum Situs Batujaya bisa Anda kunjungi dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
  • Dan terbuka setiap hari Senin hingga Minggu.
candi jiwa karawang
candi jiwa karawang. google maps. sumber: pipiet harumsyah

simak juga: goa dayeuh

Harga Tiket Museum Situs Batujaya

Saat ini, bagi Anda yang ingin berwisata sejarah di Museum Situs Batu Jaya Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000/ orang.

Fasilitas Museum Situs Batujaya

Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan wisatawan saat berkunjung ke Museum Situs Batujaya, diantaranya:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Gazebo,
  • Warung Makan,
  • Area Parkir,
  • Guide atau pemandu,
area parkir
area parkir. google maps. sumber: Heru Sugiarto

simak juga: green canyon karawang

Daya Tarik Museum Situs Batujaya

Sebagai tempat wisata yang kaya akan peninggalan bersejarah, tentu Museum Situs Batujaya ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, diantaranya:

1. Fosil Kerangka Manusia Zaman Pra-Sejarah

Hayo! Siapa yang penasaran melihat secara langsung fosil kerangka manusia zaman Pra-Sejarah yang ada di Museum Situs Batujaya?

Fosil kerangka manusia ini merupkan fosil asli. Ketika Anda masuk ke museum ini Anda akan disuguhkan  dengan box kaca besar berisi fosil kerangka manusia dari kepala hingga kaki.

Wah, penasaran kan? Fosil kerangka manusia ini ditemukan pertama kali saat pemugaran Candi Blandonga lho.

fosil kerangka manusia
fosil kerangka manusia. google maps. sumber: Yanti Nursanti

simak juga: situ cipule

2. Replika Arca Kepala Manusia dan Hewan

Ketika Anda melihat-lihat benda peninggalan zaman Pra-Sejarah, Anda juga bisa melihat replika arca kepala manusia dan hewan yang terpajang rapih.

Dulunya replika arca ini menempel di dinding candi, atau biasa kita sebut relief. Wah, agak sedikit mistis ya Sob, tapi tetap tidak meninggalkan kesan unik.

3. Keramik

Di Museum Situs Batujaya Anda juga bisa menemukan potongan-potongan keramik yang dipamerkan di dalam box kaca. Menurut penjaga Museum Situs Batujaya, keramik ini merupakan penginggalan Dinasti Ching.

koleksi museum
koleksi museum. google maps. sumber: Leon Kawidjaja

simak juga: candi jiwa karawang

4. Perlengkapan Upacara Masa Pra-Sejarah

Selain bisa melihat kerangka fosil, arca, potongan keramik, disini kam juga bisa melihat secara langsung perlengkapan upacara yang digunakan pada masa pr-sejarah diantaranya maik-manik yang biasa mereka gunakan, kendi, stupa, alat penerangan dan lainnya.

Tentu perlengkapan upacara zaman dulu sangat berbeda jauh dengan perlengkapan upacara zaman modern seperti sekarang ya,Sob.

5. Membaca Hasil Penelitian

Bagi Anda para mahasiswa atau peneliti yang berkunjung untuk mendapatkan banyak informasi dan data yang berkenaan dengan peninggalan Museum Situ Batu Jaya, pihak pengelola menyediakan rak khusus yang berisi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan peneliti sebelumnya.

Jadi selain melihat secara langsung peninggalan budayanya, Anda juga bisa sekaligus membaca hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan.

peninggalan zaman pra sejarah
peninggalan zaman pra sejarah. google maps. sumber: naufaldi pratama

simak juga: tempat wisata di karawang

6. Mata Uang Batu Jaya

Ukuran dan bentuk mata uang dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Berbeda dengan bentuk mata uang sekarang, di Museum Situ Batujaya ini terdapat mata uang yang dulu dipakai untuk bertransaksi.

Dari mata uang yang ditemukan ini bisa terlihat bahwa, mata uang tersebut seperti mata uang asing. Hal tersebut menunjukan bahwa di daerah Batujaya pada masa itu pernah dijajah oleh bangsa asing.

Penutup

Berwisata ke tempat yang kaya akan nilai sejarah menjadi keseruan tersendiri. Selain refreshing kita juga bisa sambil menambah ilmu.

Berkunjung ke Museum Situs Batujaya sangat cocok jika bersama anak-anak, tidak hanya bermain mereka datang kesini bisa sambil belajar. Sempatkan untuk berkunjung ke Museum Batujaya saat ke Karawang ya, Sob!