Kampung Budaya Karawang, Tempat Asri Buat Olahraga dan Bersantai

Kampung Budaya Karawang menyuguhkan keramahan alam yang akan membuat kamu merasakan kembali suasana Karawang tempo dulu.

Suasana pedesaan yang khas akan sawahnya, dan juga tempat wisata yang menjadi salah satu wadah dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan sunda khususnya.

Ketika kamu menginjakan kaki di Kampung Budaya Karawang, suasana aman, tentram, dan nyaman akan sangat terasa.

dekat dengan kawasan pesawahan
dekat dengan kawasan pesawahan. google maps. sumber: Hasbi Ananta

simak juga: goa dayeuh

Hanya saja kondisi Kampung Budaya Karawang saat ini tak seperti dulu lagi, dimana sekarang ini banyak sekali bangunan dan tempat-tempat yang sudah terbengkalai.

Namun, Kampung Budaya Karawang masih dapat dijadikan lokasi untuk bersantai hingga berolahraga dengan suasana alam yang sejuk.

Lokasi Kampung Budaya Karawang

Lokasi atau alamat dari Kampung Budaya Karawang ini berada di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Rute Menuju Kampung Budaya Karawang

Rute menuju Kampung Budaya Karawang dari Terminal Klari, Karawang Timur, dengan menuju ke arah barat laut menuju Jalan Raya Klari kemudian Jalan Raya Pantura.

Selanjutnya terus berada di Jalan Suhud Hidayat untuk menuju ke Jalan Teluk Jambe Raya, lalu ambil menuju Jalan Arteri Galuh Mas hingga tiba di Jalan Pandu. Terus saja melaju di Jalan Desa Wadas, kemudian kamu tinggal mencari lokasi dari Kampung Budaya Karawang ini.

wahana bermain anak
wahana bermain anak. google maps. sumber: Rudy Creative33

simak juga: pantai tanjung pakis

Jam Buka Kampung Budaya Karawang

Tidak ada jam buka dan jam tutup khusus untuk berwisata di Kampung Budaya Karawang. Jadi, kamu bisa kapan saja datang ke destinasi wisata ini.

Warga lokal biasa berkunjung di pagi hari atau sore hari untuk sekedar berolahraga dan jalan-jalan menikmati suasana Kampung Budaya Karawang.

Harga Tiket Kampung Budaya Karawang

Untuk berwisata di Kampung Budaya Karawang kamu tidak dibebankan biaya sepeserpun alias gratis.

salah satu wahana outbound
salah satu wahana outbound. google maps. sumber: Alfahrizi Pra

simak juga: pantai samudera baru

Fasilitas Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang meiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakanoleh wisatawan, diantaranya:

  • Gazebo
  • Kedai/ Warung Makanan
  • Mushola
  • Toilet
  • Pendopo
  • Villa Kampung Budaya
  • Gedung Pertunjukan

Daya Tarik Kampung Budaya Karawang

1. Suasana Yang Asri

suasana yang asri
suasana yang asri. google maps. sumber: Agnestio Nattaya Sormin

simak juga: green canyon karawang

Ketika kamu berwisata di Kampung Budaya Karawang kamu akan melihat pohon-pohon rindang sejauh mata memandang yang tertanam di sepanjang jalan, hal ini membuat suasana di destinasi wisata Kampung Budaya Karawang menjadi sangat sejuk.

Selain itu, kamu juga bisa melihat hamparan sawah hijau yang menyegarkan mata. Kampung Budaya Karawang betul-betul cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan.

2. Danau Buatan

Kamu juga bisa menjumpai Danau Buatan yang cukup besar di Kampung Budaya Karawang ini. Terkadang, danau ini digunakan pengunjung untuk memancing ikan.

Selain itu, kamu bisa duduk santai sambil membuka bekal makananmu di samping danau buatan ini. Wah, nikmat ya!

adem banget
adem banget. google maps. sumber: Muhammad Irfan Nurhakim

simak juga: situ cibayat

3. Resto Kampung Budaya

Bagi kamu para pecinta kuliner, tentu menjadi hal yang wajib merasakan kelezatan kuliner khas  ketika datang ke suatu objek wisata di daerah.

Di destinasi wisata ini terdapat Resto Kampung Budaya yang menyajikan makanan khas Sunda dengan citra rasa asli Karawang. Harus banget dicoba sih ini.

4. Pendopo

Ketika kamu berjalan-jalan di area Kampung Budaya Karawang kamu akan menemukan Pendopo yang bisa digunakan untuk tempat pertemuan. Pada Hari Minggu, Pendopo ini biasa digunakan untuk tempat berlatih.

Jika kamu berniat kesini untuk berkumpul bersama teman, rekan kerja, keluarga untuk melaksanakan kegiatan, fasilitas pendopo ini sangat bisa kamu manfaatkan.

aula tempat latihan
aula tempat latihan. google maps. sumber: Ade Triyanto

simak juga: curug bandung karawang

5. Gedung Teater

Selain Pendopo, Gedung Teater yang ada di Kampung Budaya Karawang ini memiliki daya tariknya tersendiri. Gedung Teater ini biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan seni.

Tentu, Gedung Teater ini merupakan fasilitas umum, jika kamu berniat menyelenggarakan pentas seni untuk acara sekolah atau kampus, tempat ini sangat cocok untuk digunakan.

6. Tempat Olahraga

Warga lokal biasa menjadikan Kampung Budaya Karawang ini sebagai tempat olahraga favorit, kamu bisa bersepeda atau olahraga lari di sepanjang area wisata yang sejuk ini.

Banyak pengunjung yang datang di pagi dan sore hari untuk bersantai dan berolahraga bersama, baik itu bersepeda maupun jogging mengelilingi Kampung Budaya Karawang.

7. Villa

Untuk kamu yang datang dari luar kota atau berniat menghabiskan malammu di Kampung Budaya Karawang, pihak pengelola menyewakan banyak villa untuk digunakan.

Fasilitas Villa di Kampung Budaya Karawang cukup lengkap dan modern, dan luasnya pun bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang menginap.

villa kampung budaya karawang
villa kampung budaya karawang. google maps. sumber: andiranic channel

simak juga: candi jiwa karawang

Hanya saja, beberapa bangunan yang ada di kawasan villa sudah tidak layak huni. Sayang banget ya,,,padahal dulunya selalu ramai dikunjungi.

8. Permainan Anak

Kampung Budaya Karawang menjadi tempat yang cocok juga untuk dijadikan sarana edukasi dan tempat bermain anak. Sambil kamu menikmati suasana sekitar, anak-anak bisa mencoba permainan yang tersedia seperti main mobil-mobilan dan sebagainya.

Penutup

Kampung Budaya Karawang menjadi tempat yang sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan liburanmu di tempat yang kaya akan akan nilai budayanya.

Jadi tunggu apalagi, sempatkan berkunjung ke Kampung Budaya Karawang ya!


shopee