Situ Cibayat, Wisata Alam Gratis di Karawang

|

Situ Cibayat merupakan destinasi wisata alam masih agak asing ditelinga kita, bahkan ada pula yang baru mendengar untuk pertama kalinya.

Destinasi wisata alam Situ Cibayat merupakan sebuah situ atau waduk yang cukup besar, dengan menampilkan alam yang masih alami dan terjaga. Situ Cibayat juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan perairan bagi perkebunan dan pesawahan.

gowes ke situ cibayat
gowes ke situ cibayat. google maps. sumber: Andika Desrianto

simak juga: situ cipule

Karena memang di sekitar Situ Cibayat tumbuh dengan subur area pesawahan, yang semakin membuat pemandangan menjadi indah dan juga asri.

Kabupaten Karawang yang berjuluk lumbung padi ini ternyata memiliki destinasi wisata alam yang cukup banyak. Salah satunya yang terletak di kampung Cibayat ini, yang tidak lain dan tidak bukan Situ Cibayat itu sendiri.

Sejarah Singkat Situ Cibayat

Sebelum kita ulas lebih jauh tentang Waduk atau Situ Cibayat Karawang, mari kita simak baik-baik sejarah singkat tentangnya.

Sekitar bulan Mei tahun 1984 silam, Presiden Soeharto pada saat menghadiri pelantikan Mahkamah Agung (MA) berpesan bahwa “kemajuan negara harus dapat menyentuh sampai ke daerah pelosok.

Pada bulan yang sama TNI yang saat itu bernama ABRI memiliki sebuah program yang bernama AMD (ABRI Masuk Desa) dengan tujuan untuk membangun desa menuju masyarakat adil dan makmur.

view cibayat
view cibayat. google maps. sumber: Hidayat 07

simak juga: curug bandung karawang

Salah satu daerahnya ialah Kabupaten Karawang itu sendiri, tepatnya di Desa Kutamaneuh, Tegalwaru. Sebagai titik tolak awal menuju masyarakat adil dan makmur bagi masyarakat.

Dan singkat cerita dibangunlah sebuah waduk atau Situ sebagai harapan agar Desa Kutamaneuh dapat mandiri sehingga menuju masyarakat yang adil dan makmur. Karena lokasinya berada di Kampung Cibayat, maka waduk tersebut diberi nama Situ Cibayat.

Lokasi Situ Cibayat

Untuk alamat Situ Cibayat ini berada di Kampung Cibayat, Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Cibayat

Untuk rute perjalanan menuju Situ Cibayat cukup mudah diakses oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika kamu berangkat dari Alun – Alun Karawang, maka akan menempuh perjalanan kira-kira sepanjang 42 km atau kurang lebih selama 1 jam 20 menitan.

Rute yang harus kamu ambil ialah dengan menuju ke arah timur di jalan K.H. Ahmad Dahlan untuk menuju Jalan Kertabumi. Dari bunderan belok kiri untuk melanjutkan ke Jalan Pakuncen.

bersepeda bersama
bersepeda bersama. google maps. sumber: Anda Suanda

simak juga: candi jiwa karawang

Kemudian belok kanan ke Jl. Pintu Air Wadas, lalu belok kiri menuju Jalan Internasional Karawang Barat. Terus saja melaju di jalur tersebut, kemudian arahkan kendaraanmu hingga tiba di Jalan Raya Pangkalan Loji.

Setelah itu belok kanan untuk menuju Jalan Naringgul, selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Situ Cibayat itu sendiri.

Jam Buka Situ Cibayat

Sebagai sebuah destinasi wisata Situ Cibayat belum dikelola secara resmi, itu artinya waduk atau situ ini terbuka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Harga Tiket Masuk Situ Cibayat

Begitupun dengan harga tiket masuk Situ Cibayat masih gratis.

pemandangan asri di sekitar situ
pemandangan asri di sekitar situ. google maps. sumber: Iwan One

simak juga: curug cigentis

Fasilitas Situ Cibayat

Fasilitas yang ada di sekitar Situ Cibayat Karawang diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Spot foto Alam yang masih alami,

Daya Tarik Situ Cibayat

1. Pemandangan Alam Yang Indah

spot foto terbaik
spot foto terbaik. google maps. sumber: abi alamin

simak juga: curug lalay

Situ Cibayat memiliki pesona alam yang masih alami dan terjaga, yang dimana kamu akan disuguhi pemandangan pepohonan dan pegunungan yang terlihat jelas sungguh mempesona dan juga menenangkan.

Pengunjung yang datang ke Situ Cibayat, banyak yang mengabadikan keindahan alamnya dengan mengabadikan momen ketika berkunjung di waduk tersebut.

Karena memang alam yang indah, sayang jika harus dibiarkan begitu saja. Harus kita abadikan untuk menjadi pengingat bahwa Tuhan sangat baik pada kita.

2. Suasana Yang Nyaman Untuk Bersantai

Suasana alam yang tenang, membuat siapa saja pengunjung yang datang ke Situ Cibayat merasa tenang dan juga rileks. Enaklah untuk dijadikan tempat ngadem sebentar.

ngadem bersama alam
ngadem bersama alam. google maps. sumber: angler sabtu minggu

simak juga: wonderland karawang

Selain itu banyak pula mereka datang untuk beristirahat setelah lelah bersepedah, atau memang sengaja hendak mengunjungi Situ Cibayat.

Waktu yang tepat mengunjungi Situ Cibayat Karawang ini ialah di pagi dan sore hari, dimana cuacanya tak begitu panas karena teriknya matahari.

Biasanya Situ Cibayat ramai di waktu sore, karena ingin menyaksikan indahnya matahari tenggelam dengan dihiasi hijaunya pemandangan.

Penutup

Tempat relaksasi nggak perlu mahal dan jauh bukan? Untuk kamu yang tinggal di sekitar Karawang dapat menjadikan Situ Cibayat sebagai destinasi wisata alam yang gratis namun menenangkan.