Goa Dayeuh, Eksplore 5 Goa Sekaligus

Goa Dayeuh salah satu tempat wisata di Karawang yang nggak boleh kamu lewatkan, karena disini kamu dapat eksplor bukan hanya 1 goa melainkan 5 goa sekaligus.

Selayaknya goa pada umumnya, Goa Dayeuh berada di kawasan yang masih asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar.

wisata alam plus sejarah
wisata alam plus sejarah. google maps. sumber: Gotan Channel

simak juga: pantai tanjung pakis

Namun bukan hanya itu saja, area depan dari tempat wisata Goa Dayeuh disulap menjadi sebuah tempat wisata yang nyaman untuk segala usia.

Goa Dayeuh menjadi bukti bahwa kabupaten dengan julukan “lumbung padi” ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Karawang.

Karena keasriannya, Goa Dayeuh juga kerap kali dikaitkan dengan hal-hal mistis atau gaib. Meski demikian, tempat wisata yang kini dikelola oleh BUMDES dan masyarakat sekitar tersebut hingga kini menjadi tempat wisata paling diminati di Karawang Selatan.

Lokasi Goa Dayeuh

Lokasi atau alamat lengkap dari Goa Dayeuh berada di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

jalur menuju goa dayeuh
jalur menuju goa dayeuh. googla maps. sumber: Aruni Naufalia Akbar

simak juga: curug cigentis

Rute Menuju Goa Dayeuh

Rute menuju Goa Dayeuh jika dari arah Terminal Klari Karawang, yakni dengan mengikuti Jalan Lingkar Tanjungpura, untuk menuju Margakaya.

Selanjutnya kamu ambil ke arah Jalan Arteri KIIC menuju Jalan Pasarjati, lalu ke Jalan Raya Pangkalan sejauh 9,8 km untuk selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Goa Dayeuh ini.

Jam Buka Goa Dayeuh

  • Jam operasional Goa Dayeuh buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pagi menuju siang hari agar kamu bisa melihat pemandangan alam Goa Dayeuh dengan jelas.

goa paseban
goa paseban. google maps. sumber: Aruni Naufalia Akbar

simak juga: curug lalay

Harga Tiket Masuk Goa Dayeuh

Untuk bisa menikmati suasana alam Goa Dayeuh kamu cukup menyiapkan budget Rp5.000 untuk kebersihan dan pemeliharaan tempat wisata.

Fasilitas Goa Dayeuh

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Goa Dayeuh diantaranya:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Gazebo,
  • Warung Makanan dan minuman,
  • Area parkir kendaraan,
gowes ke goa dayeuh
gowes ke goa dayeuh. google maps. sumber: Lathif Baska

simak juga: wonderland adventure waterpark

Daya Tarik Goa Dayeuh

Goa Dayeuh sangat ramai oleh pengunjung terutama di hari libur. Selain dikenal sebagai salah satu tempat bersejarah di Karawang, Goa Dayeuh memiliki daya tarik lain yang dapat membuat pengunjung merasakan keseruan selama berada di tempat wisata ini, diantaranya:

1. ATV

Sebelum eksplor Goa Dayeuh, kamu dapat mencoba bermain ATV yang disewakan oleh pengelola setempat. Dengan biaya yang sangat murah, yakni hanya sekitar Rp. 25.000,- saja untuk 30 menit. Murah banget kan, apabila dibandingkan dengan harga yang biasa ditawarkan di tempat wisata lain.

2. Hewan Primata

Setelah puas bermain ATV kamu akan diajak untuk menapaki beberapa anak tangga dengan hiasan tiang merah mirip seperti yang ada di Jepang.

hewan primata yang ada di kawasan wisata goa dayeuh
hewan primata yang ada di kawasan wisata goa dayeuh. google maps. sumber: khoirul wisnu adi

simak juga: tempat wisata di karawang

Sebelum memasuki pintu masuk area Goa Dayeuh kamu akan disambut oleh beberapa ekor monyet yang lalu-lalang mendekati pengunjung untuk mengambil makanan yang mereka bagikan.

Tenang saja, monyetnya jinak kok jadi kamu nggak usah khawatir apalagi takut. Kurang lebih ada sekitar 60 ekor hewan primata yang mendiami kawasan wisata Goa Dayeuh Loji Karawang ini.

3. Pemandangan Alam Yang Asri

Daya tarik selanjutnya ialah suasana alamnya yang mempesona, terlihat masih sangat asri dan juga udara yang dirasakan masih segar. Tak ketinggalan suara alam seperti kicauan burungpun ikut menemani perjalanan kamu menuju Goa Dayeuh.

4. Lima Goa Bersejarah

Goa atau dalam bahasa sunda kadang disebut juga ‘Guha’ Dayeuh memiliki beberapa goa dalam satu kawasan. Sedikitnya ada lima goa yang ada di kawasan Goa Dayeuh ini, dimana empat goa berada dalam satu kawasan yang sama.

eksplor goa intan dan goa masigit
eksplor goa intan dan goa masigit. google maps. sumber: Budi Djabrickz

simak juga: candi jiwa karawang

Goa-goa tersebut diantaranya:

  • Goa Paseban,
  • Goa Intan,
  • Goa Masigit,
  • Goa Instal, dan
  • Goa Keraton,

Goa pertama yang akan kamu jumpai diperjalanan ialah Goa Paseban, ukurannya tidak terlalu besar. Dan dapat dilihat secara langsung dari luar, serta tidak berbentuk goa pada umumnya.

Di bagian depannya dipasangi pagar, berdasarkan kisah sejarahnya Goa Paseban ini merupakan tempat persinggahan dari Prabu Siliwangi.

Untuk menuju 4 goa yang lainnya, kamu harus menapaki jalan yang menurun yang masih berupa tanah dan bebatuan. Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman dan nggak licin ya…

Goa Keraton dipercaya sebagai tempat beristirahat para pejabat, sedangkan Goa Instal dimanfaatkan untuk menyimpan kuda Bupati pada waktu itu.

hunting foto
hunting foto. google maps. sumber: YOE_ Maulana18

simak juga: curug bandung karawang

Sedangkan Goa Intan dan Goa Masigit memiliki cerita sejarahnya tersendiri, dan untuk menuju ke dua goa tersebut kamu harus memanjat.

5. Spot Foto Menarik

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke destinasi wisata bersejarah seperti Gua Dayeuh tanpa mengabadikan foto. Di area depan Goa Dayeuh terdapat spot foto unik yang menjadikan hasil fotomu aesthetic dan Instagramable, belum lagi jika kamu mengabadikan foto dengan latar goa yang eksotis pasti akan membuat hasil jepretanmu semakin keren.

Penutup

Goa Dayeuh menjadi tempat wisata recomended bagi kamu para pecinta wisata alam dan juga menyukai sejarah. Trekking yang tidak terlalu sulit membuat siapa saja bisa berkunjung ke tempat wisata ini.


shopee