Vihara Sian Djin Ku Poh, Vihara Bersejarah di Karawang

|

Vihara Sian Djin Ku Poh adalah vihara peninggalan Tionghoa yang sudah berdiri ribuan tahun. Hingga saat ini Vihara Sian Djin Ku Poh ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Vihara Sian Djin Ku Poh memiliki banyak nama atau sebutan, misalnya Kawasan Pecinaan, Kampung Benteng atau dikenal juga dengan nama Kelenteng Mak Kupoh.

vihara sia djin ku poh
vihara sian djin ku poh. google maps. sumber: daan andraan

simak juga: wisata kuliner soto gempol

Vihara ini sangat kental akan kisah sejarahnya di masa lampau, untuk kamu yang menyukai sejarah dan juga ingin eksplor Vihara Sian Djin Ku Poh lebih lanjut sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh diambil dari nama pendiri vihara yaitu Sian Djin Ku Poh ada juga yang menyebutnya Mak Kupoh.

Pendirian Vihara Sian Djin Ku Poh bermula pada 1700 M, Mak Kupoh dan beberapa penduduk Tionghoa datang ke Indonesia melewati perairan Sungai Citarum hingga sampai di Tanjungpura.

Mereka sampai di salah satu tempat di Karawang yang bernama Kampung Benteng. Pada saat itu ada satu kelompok yang disebut Tionghoa Makau (diluar kelompok Mak Kupoh) sedang berperang dengan Indonesia dan Belanda.

Akhirnya, Mak Kupoh dan penduduk Tionghoa yang bersamanya bersembunyi di Kampung Benteng ini hingga akhirnya mendirikan Vihara Sian Djin Ku Poh.

dari umat untuk umat
dari umat untuk umat. google maps. sumber: budi s. hadisusilo

simak juga: sentra kerajinan boneka cikampek

Didalam Vihara ini terdapat benda pusaka suci yang bernama Hiolo. Hiolo ini merupakan sejenis Guci yang menjadi benda penting di Vihara Sian Djin  Kupoh. Hiolo ini biasanya ditempatkan di ruang pemujaan. Pada tahun 1983 pernah terjadi kebakaran di Vihara Sian Djin Ku Poh, namun Hiolo ini masih bisa diselamatkan.

Saat perayaan Imlek tiba, Vihara Sian Djin Ku Poh ini sangat ramai pengunjung. Ditambah, suasana diluar vihara yang menggelar festival makanan.

Selain saat perayaan Imlek, biasanya para penganut Agama Buddha rutin mengunjungi Vihara Sian Djin Kupoh setiap tanggal 1 dan 15 dalam penanggalan Cina.

Lokasi Vihara Sian Djin Ku Poh

Lokasi Vihara Sian Djin Ku Poh berada di Jl. Muhamad Toha No.9, Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

lilin yang sangat besar
lilin yang sangat besar. google maps. sumber: budi s. hadisusilo

simak juga: museum situs batujaya

Rute Vihara Sian Djin Ku Poh

Untuk dapat sampai menuju Vihara Sian Djin Ku Poh kamu bisa mengikuti rute dari Terminal Klari Karawang menuju arah Barat Laut di Jalan Raya Klari/Jalan Raya Pantura.

Setelah 12 km belok kanan menuju Jalan Lingkar Tanjungpura (rambu Cikarang/Jakarta). Lalu kamu belok sedikit ke kanan menuju Jalan Raya Pantura/Jalan Raya Tanjungpura melewati Olympus disebelah kiri.

Setelah 500 meter belok sedikit ke kiri lalu belok kiri menuju Jalan Muhamad Toha sejauh 300 m dan tujuanmu berada disebelah kanan.

Jam Buka Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh bisa dikunjungi wisatawan 24 jam.

Harga Tiket Vihara Sian Djin Ku Poh

Tidak ada biaya khusus yang harus kamu keluarkan untuk bisa berkunjung ke Vihara Sian Sjin Ku Poh ini.

vihara menyambut imlek
vihara menyambut imlek. google maps. sumber: budi s. hadisusilo

simak juga: pantai sedari karawang

Fasilitas Vihara Sian Djin Ku Poh

Sebagai destinasi wisata religi, Vihara Sian Djin Ku Poh memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan wisatawan yang berkunjung, diantaranya:

  • Tempat Ibadah yang Luas dan Bersih,
  • Toilet,
  • Kolam Ikan,
  • Restoran Cina,
  • Area Parkir,

Daya Tarik Vihara Sian Djin Ku Poh

Banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Vihara Sian Djin Ku Poh, ada yang datang untuk melihat kemegahan arsitekturnya, ada juga yang datang untuk beribadah. Berikut daya tarik yang Vihara Sian Djin Ku Poh yang sayang untuk dilewatkan:

sangat kental akan kebudayaan dan religi
sangat kental akan kebudayaan dan religi. google maps. sumber: pendy

simak juga: kampung budaya karawang

1. Arsitektur yang Megah dan Artistik

Salah satu daya tarik utama dari Vihara Sian Djin Ku Poh adalah gaya arsitektur Cina yang khas. Ketika kamu mengunjungi Vihara ini, pertama kamu akan melihat gerbang merah mentereng yang ada di depan Vihara.

Tiang-tiang yang dibangun di Vihara Sian Djin Ku Poh ini dihias dengan ornamen Burung Hong yang terlihat artistrik. Jika perayaan Imlek tiba, Vihara Sian Djin Ku Poh ini akan dihiasi lilin-lilin besar yang indah.

Arsitektur vihara ini pun masih sangat terjaga keasliannya, suasana indah dan mistis berpadu menjadi satu di Vihara Sian Djin Ku Poh ini.

2. Vihara Budha

Di dalam Vihara Sian Djin Ku Poh terdapat Vihara Budha yang sangat terawat dengan baik. Vihara Budha ini dipakai sebagai tempat untuk mendidik dan membina umat tentang nilai-nilai kebajikan.

tempat beribadah umat buddha
tempat beribadah umat buddha. google maps. sumber: Franciscus Tannos

simak juga: goa dayeuh

3. Altar Dewi Kwam Im

Kamu akan melihat secara langsung Altar Dewi Kwan Im yang terdapat di dalam Vihara Sian Djin Ku Poh. Dewi Kwam Im dipercaya sebagai dewi kasih sayang.

Di ruangan yang terdapat altar Dewi Kwam Im dihias dengan relief-relief mewah yang menggambarkan Dewi Kwam Im. Menariknya di Vihara ini juga terdapat relief Sun Go Kong bersama kawan-kawannya dalam perjalanan mencari kitab suci.

4. Kolam Ikan Koki

Kolam Ikan Koki yang berda di tengah vihara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Gemericik air di Kolam ini cocok dijadikan relaksasi. Ikan Koki sendiri dipilih karena melambangkan keberuntungan.

kolam ikan koi
kolam ikan koi. google maps. sumber: pendy

simak juga: green canyon karawang

Penutup

Vihara Sian Djin Ku Poh adalah destinasi wisata religi yang terkenal di Karawang dengan Budaya Tionghoa yang kental.

Selain tempat ibadah bagi pemeluk Agama Budha, vihara ini ramai didatangi wisatawan untuk mengabadikan kemegahan dan keindahan arsitekturnya di lensa kamera.