Alun-Alun Karawang, Wisata Menawan di Pusat Kota

Alun-alun Karawang merupakan ikon Kabupaten Karawang yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati waktu bersantai diwaktu sore hari.

Alun-alun Karawang menjadi rujukan banyak wisatawan untuk kamu dikunjungi bersama orang-orang terdekat kamu, seperti sahabat, keluarga, atau pasangan.

Seperti yang kita ketahui bahwa alun-alun merupakan bagian dari pusat kota yang bisa dikunjungi oleh setiap orang. Oleh karenanya, terasa aneh apabila kamu berkunjung ke suatu wilayah baik kota maupun kabupaten tetapi tidak mengunjungi alun-alunnya.

alun alun karawang
alun alun karawang. google maps. sumber: Ari Dwi

simak juga: bendungan walahar

Alun-alun Karawang sangat mudah untuk kamu kunjung, selain karena lokasinya yang strategis Alun-alun Karawang juga memiliki tata Kelola yang sangat baik.

Dilingkungi oleh pohon-pohon yang tinggi dan rindang dijamin membuat kamu betah untuk berteduh dengan dihiasi langit karawang di sore hari.

Alun-alun Karawang juga dilengkapi dengan kursi taman yang elok serta banyak sekali spot foto yang bisa kamu gunakan untuk mengisi konten di media sosial.

Sebagaimana alun-alun yang lain, Alun-alun Karawang juga dekat dengan Masjid Agung Karawang yang memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi masyarakat Karawang.

Lokasi Alun-alun Karawang

Lokasi Alun-alun Karawang ini berada di Desa Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

masjid agung karawang
masjid agung karawang. google maps. sumber: ASEP RUSLI

simak juga: gunung sanggabuana

Rute Menuju Alun-alun Karawang

Menuju Alun-alun Karwang ini kamu bisa mengikuti rute perjalanan berikuti ini. Apabila kamu berangkat dari Terminal Klari, Karawang kamu ambil arah timur laut menuju Jalan Raya Klari/Jalan Raya Pantura.

Belok kiri menuju Jalan Raya Klari/Jalan Raya Pantura dan teruskan berkendara sejauh 5.0 km. dibundaran kamu ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Tuparev/Raya Tupareu sejauh 1,1 km.

Kemudian belok kiri menuju Jalan Nagasari, lalu ikuti jalan Brigpol Sukarna. Dalam jarak 450 m teruskan ke Jalan Galuh Mas Raya/ Jalan Raya RSUD/Jalan Raya Sukaharja sejauh 290 m.

Putar balik terus berkendara sejauh 290 m dan teruskan ke Jalan Brigpol Sukarna sejauh 400 m, dan kamu akan sampai di Alun-alun Karawang.

Jam Buka Alun-alun Karawang

Alun-alun Karawang merupakan fasilitas publik yang bisa kamu kunjungi 24 Jam. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ikon Karawang ini dihari liburmu.

tempat ngadem di pusat kota
tempat ngadem di pusat kota. google maps. sumber: Yohanees Hutagalung

simak juga: monumen rawa gede

Harga Tiket Alun-alun Karawang

Untuk bisa bermain dan menghabiskan waktu liburanmu bersama orang tersayang di Alun-alun Karawang kamu tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk tiket alias gratis.

Fasilitas Alun-alun Karawang

Alun-alun Karawang memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan wisawan yang berkunjung, diantaranya:

  • Toilet,
  • Masjid,
  • Taman,
  • Warung Makanan/Minuman,
  • Area Parkir,
  • Permainan Anak,
spot foto favorit pengunjung
spot foto favorit pengunjung. google maps. sumber: Sang Petualang Sosial

simak juga: wana wisata puncak sempur

Daya Tarik Alun-alun Karawang

Alun-alun Karawang merupakan tempat wisata sentral dan menjadi simbol dari Kota Karawang. Tempat berkumpul nya pengunjung lokal maupun dari luar daerah. Alun-alun Karawang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena daya tarik yang ditawarkan, diantaranya:

1. Murah Meriah

Alun-alun Karawang merupakan tempat wisata yang recomended untuk kamu yang ingin berjalan-jalan santai menikmati suasana kota.

Kamu bisa mengajak orang-orang tersayang untuk menghabiskan waktu di tempat ini tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

tempat wisata murah meriah
tempat wisata murah meriah. google maps. sumber: KABAR SEPUTAR MURIA

simak juga: monumen kebulatan tekad

2. Area Kumpul Lesehan

Di Alun-alun Karawang terdapat satu area khusus yang biasa digunakan para wisatawan yang berkunjung untuk duduk dan berkumpul.

Area ini merupakan area lesehan, yang tentunya bersih dan nyaman karena dibuat dari rumput sintetis. Anak-anak pun bisa bermain dengan leluasa di area ini, tanpa khawatir pakaiannya kotor.

Selain itu, area lesehan ini sangat cocok juga untuk dijadikan tempat kumpul atau rapat bersama komunitasmu. Seru ya rapat di alam terbuka!

3. Permainan Anak

Di Alun-alun Karawang terdapat banyak wahana permainan anak yang disewakan, tentunya untuk menambah keseruan anak saat menghabiskan akhir pekan.

Kamu bisa membawa anak-anak untuk bermain balon, memancing, naik komedi putar dan masih banyak yang lainnya. Harga sewa mainan ini pun cukup murah untuk dijangkau, jadi gak perlu khawatir kantong bobol di jamin seru deh!

bersantai di sore hari
bersantai di sore hari. google maps. sumber: Cecep Rochendi

simak juga: vihara sian djin ku poh

4. Aneka Jajanan

Jajanan di Alun-alun Karawang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, bahkan ada yang menjadikannya tujuan utama ketika bermain disini.

Banyak sekali jajanan yang bisa kamu cicipi di Alun-alun Karawang, mulai dari Cimol, Cilok, Bakso, Telur Gulung hingga Nasi Goreng tersedia disini.

Selain itu, kamu juga bisa melepas dahagamu dengan aneka minuman yang dijajakan. Wah super komplit deh jajanannya.

Selain jajanan, jika malam minggu tiba kamu akan menemukan banyak penjual baju, aksesoris dan penjual lainnya di Alun-alun Karawang. Pasti seru untuk kamu yang hobi belanja.

5. Spot Foto Menarik

Kurang rasanya jika datang ke Alun-alun Karawang tanpa mengabadikan momen-momen seru dalam sebuah foto. Banyak spot-spot menarik yang menjadi latar belakang yang bagus untuk fotomu. Wajib banget deh berfoto di Alun-alun Karawang, apalagi bagi kamu yang pertama kali berkunjung ke tempat ini.

hunting jajanan
hunting jajanan. google maps. sumber: ORISINIL CHANNEL

simak juga: pantai pelangi

Penutup

Alun-alun Karawang merupakan detinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat tiba di Kabupaten Karawang. Selain menjadi simbol kebanggan warga Karawang untuk berkumpul, Alun-alun Karawang juga memiliki daya tarik tersendiri yang wajib kamu coba.


shopee