Pantai Tanjung Baru, Pesonanya Karawang Punya

Pantai Tanjung Baru merupakan salah satu pantai atau tempat wisata yang berada di Pantai Utara Jawa atau sering dikenal dengan sebutan Pantura.

Pantai Tanjung Baru ini secara administratif berada di Kabupaten Karawang. Seperti yang kita ketahui kalau Kabupaten Karawang ini terkenal dengan sebutan kota industri.

Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya di Indonesia, Pantai Tanjung Baru juga memiliki keistimewaannya tersendiri juga.

pantai tanjung baru
pantai tanjung baru. google maps. sumber: Fhe. Ndi

simak juga: tempat wisata di karawang

Meskipun bagi sebagian orang yang pernah berkunjung mungkin merasa kecewa karena air lautnya yang lebih dominan berwarna kecoklatan.

Hal tersebut dikarenakan minimnya tanaman Bakau. Menurut beberapa informasi yang beredar, tanaman Bakau dahulu sempat mendominasi pantai Pantai Tanjung Baru ini. Dan membuat pantai tidak terkena abrasi hingga mampu menjaga ekosistem laut disana.

Meski demikian, Pantai Tanjung Baru Karawang ini selalu menjadi pantai rujukan untuk berwisata bersama keluarga, atau kawan-kawan di sekolah atau kantor.

Pesona Pantai Tanjung Baru ini juga tidak hanya berhasil menyita perhatian para pengunjung untuk datang, akan tetapi juga menarik penyanyi legend POP Sunda, yaitu Alm. Darso.

Alm. Darso menciptakan satu lagu khusus dengan judul “Tanjung Baru”. Pantai Tanjung Baru yang khas, menjorok serta bentangan pantai luas menjadi keunggulan tersendiri untuk dikunjungi.

bermain air laut
bermain air laut. google maps. sumber: Deni SNL

simak juga: wonderland karawang

Pesona keindahan alam Karawang tergambarkan dengan keindahan alam Pantai Tanjung Baru. Tempat wisata ini cocok buat kamu menghilangkan atau sekedar meredakan lelah dan stress.

Pilihlah waktu liburmu, ajaklah kawanmu, ambilah barangmu, lalu pergilah untuk sejenak menghibur dirimu sendiri setelah melalui perjuangan yang panjang dalam hidup.

Dan Pantai Tanjung Baru adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi sebagai tempat wisata, dengan anginnya yang menyejukan rasa, dan pemandangannya dijamin menenangkan pikiran.

Lokasi Pantai Tanjung Baru

Lokasi atau alamat dari Pantai Tanjung Baru ini berada di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

berlibur bersama
berlibur bersama. google maps. sumber: Deni SNL

simak juga: curug lalay

Rute Menuju Pantai Tanjung Baru

Untuk rute menuju Pantai Tanjung Baru, kamu bisa menggunakan beberapa opsi, apabila kamu berangkat dari Terminal  Klari, Karawang Timur Jemputan, Terminal klari, Jl. Raya Klari, Anggadita, Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang.

Ikuti Jalan Lingkar Tanjungpura, Jalan Raya Syeh Quro, Jalan Tanggul Utara, Jalan Irigasi Telagasari-Tempuran dan Jalan Layapan menuju Jalan Raya Tempuran dengan jarak tempuh sekitar 275 km.

Terus mengemudi di Jalan Tempuran untuk selanjutnya diteruskan ke Jalan Tj. Baru di Pasirjaya sejauh 7,7 km dan kamu akan sampai di lokasi Pantai Tanjung Baru Karawang dalam total waktu 1 jam 10 menit.

Tetaplah berkendara dengan hati-hati karena jalan yang ditempuh tidak semua rata, beberapa diantaranya rusak dan berlubang.

Jam Buka Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru bisa diakses selama 24 jam oleh wisatawan, jadi kamu bisa dengan mudah untuk datang ke lokasi ini kapan saja.

hunting foto
hunting foto. google maps. sumber: Ridwan Taupik Hidayat

simak juga: curug cigentis

Harga Tiket Pantai Tanjung Baru

Untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburmu di Pantai Tanjung Baru, kamu harus menyiapkan budget khusus untuk biaya tiket masuk dan parkir kendaraaan.

  • Tiket masuk Pantai Tanjung Baru Rp 10.000
  • Biaya parkir kendaraan roda dua Rp 2.000
  • Kendaraan roda empat Rp 5.000

Fasilitas Pantai Tanjung Baru

Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung Panta Tanjung Baru, diantaranya:

  • Toilet/MCK
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Area Parkir Kendaraan
berfoto bersama alam
berfoto bersama alam. google maps. sumber: 

simak juga: candi jiwa karawang

Daya Tarik Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung salah satunya pantai ini tidak terlalu ramai pengunjung, jadi sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk bersantai. Selain itu, dibawah ini akan diulas secara lengkap daya tarik Pantai Tanjung Baru, diantaranya:

1. Spot Sunset dan Sunrise yang Indah

Kabar baik untuk kamu para pemburu Sunset dan Sunrise. Saat berwisata ke Pantai Tanjung Baru kamu akan dimanjakan dengan spot-spot keren saat matahari terbit dan tenggelam.

Nikmati suasana bersantai di pinggir pantai dengan nuansa langit sunset dan sunrise yang menawan. Ajak orang-orang tersayang untuk menikmatinya bersama.

senja di pantai tanjung baru
senja di pantai tanjung baru. google maps. sumber: Anim Alfanjamil

simak juga: curug bandung karawang

2. Tempat Pemancingan

Siapa sangka Pantai Tanjung Baru sering digunakan oleh warga sekitar untuk memancing. Wah, bagi kamu yang hobi memancing Pantai Tanjung Baru bisa kamu jadikan arena pemancingan seru di list kunjungan wisatamu.

3. Warung Makanan

Di pantai Tanjung Baru juga terdapat warung-warung makanan yang berjajar di pesisir pantai. Kamu bisa menikmati berbagai macam olahan ikan laut juga loh disini.

Selain itu, warung-warung di Pantai Tanjung Baru menjual Kelapa Muda atau Dawegan yang menjadi minuman ciri khas saat berkunjung ke pantai.

4. Gazebo

Gazebo disini bisa kamu gunakan untuk melepas lelah saat seharian berenang atau bermain air. Fasilitas Gazebo ini bisa kamu gunakan tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

Kamu bisa ajak keluarga atau kawan sekantor untuk makan-makan di Gazebo ini. Dengan panorama alam yang sangat indah, hamparan pantai Tanjung Baru siap menyempurnakan liburanmu.

fasilitas yang ada
fasilitas yang ada. google maps. sumber: Aqil Akram

simak juga: situ cipule

Penutup

Itulah informasi lengkap Pantai Tanjung Baru, bagi kamu yang berkunjung ke Karawang, sempatkan waktu untuk berwisata ke pantai ini ya. Selamat berlibur.


shopee