Gunung Sanggabuana, Panorama Alam Menakjubkan Di Karawang

Gunung Sanggabuana merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Karawang dengan ketinggian sekitar 1291 mdpl. Sangat cocok untuk kamu yang hobi naik gunung dan ingin menghabiskan waktu liburan bersama teman sefrekuensi.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk menjajal track Gunung Sanggabuana dan menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Tentu kamu harus membawa peralatan mendaki dan bekal yang lengkap ketika ingin berwisata ke Gunung Sanggabuana.

pemandangan di malam hari
pemandangan di malam hari. google maps. sumber: Gunung Sanggabuana

simak juga: monumen rawa gede

Jangan lupa bawa jaket ya, karena udara malam di Gunung Sanggabuana sangatlah dingin. Sama satu lagi bawa pembekalan yang lengkap jangan sampai kamu kelaparan.

Sejarah Gunung Sanggabuana Karawang

Gunung Sanggabuana dikenal dengan gunung yang menyimpan banyak misteri, konon dulunya merupakan pusat pemerintahan yang begitu megah dan maju pada masanya.

Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya batuan yang diduga merupakan buatan manusia yang mengandung unsur magnet dan dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif.

Penemuan-penemuan di Gunung Sanggabuana ini merupakan bukti penting bahwa zaman dulu tempat ini memang berada di masa peradaban yang maju.

Gunung Sanggabuana ini juga dipercaya sebagai kawasan kekuasaan dari Kerajaan Pajajaran, ada pula yang menyebutkan bahwa Gunung Sangganbuana merupakan tempat Prabu Siliwangi bermeditasi.

gunung sanggabuana
gunung sanggabuana. google maps. sumber: Lathif Baska

simak juga: wana wisata puncak sempur

Trekking Gunung Sanggabuana

Layaknya mendaki gunung pada umumnya, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Jalurnya berupa jalan setapak yang cukup mudah dilalui.

Dari area parkir kendaraan menuju tempat registrasi atau pos pendaftaran dan tiket masuk akan membutuhkan waktu trekking sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Dan dari pos registrasi menuju Gunung Sanggabuana akan menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam, tergantung pada kecepatan dan ketahanan diri sendiri.

Lokasi Gunung Sanggabuana

Objek wisata Gunung Sanggabuana berlokasi di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

alam yang masih terjaga
alam yang masih terjaga. google maps. sumber: Imsi Sara

simak juga: monumen kebulatan tekad

Rute Menuju Gunung Sanggabuana

Jika kamu berangkat dari Terminal Klari, kamu tinggal maju terus ke arah Barat Laut di Jalan Raya Klari/ Jalan Raya Pantura. Setelah 2,2 kilometer belok kiri menuju Jalan Suhud Hidayat.

Setelah sampai di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Tlk. Jambe Raya. Lalu belok kanan ke Jalan Puri Tlk.Jambe/ Perumahan Perum Peruri.

Di bundaran, ambil jalan keluar ke 2 menuju Jalan Arteri Galuh Mas. Setelah itu, keluar bundaran ke Jalan Arteri Galuh Mas. Kamu bisa ambil jalan keluar pertama dan masuk ke Jalan Bharata Raya.

Kamu akan kembali menemukan bundaran setelah berkendara sejauh 150 meter, kemudian keluar bundaran ke Jalan Raya Perumnas. Tetap dijalan itu sejauh 1000 meter.

Gunakan lajur manapun untuk belok kiri ke Jalan International Karawang Bar. Di Bundaran ambil jalan keluar ke 2 lalu keluar bundaran dan belok kanan ke Jalan Raya Badami.

Setelah berkendara sejauh 25 kmĀ  teruskan ke Jalan Raya Pangkalan Loji lalu belok kanan ke Curug Cigentis. Setelah itu kamu akan menemukan plang khusus untuk sampai di Gunung Sanggabuana setelah perjalanan sejauh 5 km.

camping ground
camping ground. google maps. sumber: CHOI9 YEOL9

simak juga: vihara sian djin ku poh

Jam Buka Gunung Sanggabuana

Pendakian Gunung Sanggabuana terbuka selama 24 jam. Kamu bisa datang kapan saja di waktu luangmu bersama orang-orang tersayang.

Harga Tiket Gunung Sanggabuana

Untuk bisa berwisata dan mendaki Gunung Sanggabuana kamu harus menyiapkan biaya tiket dan parkir kendaraan.

  • Tiket Gunung Sanggabuana Rp 10.000,- per orang.
  • Parkir kendaraan roda dua Rp 5.000,-
  • Kendaraan roda empat Rp 10.000,-
pos tiket masuk dan registrasi
pos tiket masuk dan registrasi. google maps. sumber: Putra Segartanjung ncuexAndriann

simak juga: pantai sedari karawang

Fasilitas Gunung Sanggabuana

Fasilitas umum yang ada kebanyakan berada di area dekat pos, beberapa diantarany:

  • Toilet,
  • Masjid,
  • Gazebo,
  • Warung Kopi/ Warung Makanan,
  • Area Parkir,

Daya Tarik Gunung Sanggabuana

Gunung Sanggabuana menyimpan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, diantaranya:

1. Panorama Gunung yang Indah

eksplor gunung sanggabuana
eksplor gunung sanggabuana. google maps. sumber: Ahmad Fatah

simak juga: pantai pelangi

Gunung Sanggabuana menyajikan panorama alam yang menakjubkan, hutan-hutan yang menjulang tinggi hingga puluhan meter, sungai-sungai yang mengalir jernih, suara burung hutan yang berkicau merdu.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan indah tersebut, jadi lelahmu tidak akan sia-sia. Apalagi jika sudah berhasil sampai puncak, sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan.

2. Terdapat Tempat-tempat Bersejarah

Selain keindahan panorama alam yang bisa kamu nikmati saat mendaki Gunung Sanggabuana, kamu juga akan menjumpai beberapa tempat indah bersejarah di Gunung Sanggabuana diantaranya:

  • Situs Kebon Jambe,
  • Makom Pandai Domas,
  • Komplek Ma Paraji Sakti,
  • Pancuran Kejayaan,
  • Makom 2 (Eyang Jagaraksa).
wisata pilihan lain di gunung sanggabuana
wisata pilihan lain di gunung sanggabuana. google maps. sumber: Gunung Sanggabuana

simak juga: kampung budaya karawang

Di tempat-tempat tersebut wisatawan yang datang biasanya sambil melakukan tawasulan, mendoakan orang-orang terdahulu yang dimakamkan di area Gunung Sanggabuana.

Di Gunung Sanggabuana juga terdapat Campground UBP Cigolonsor yang tentunya cocok untuk dijadikan tempat camping.

Penutup

Gunung Sanggabuana menjadi objek wisata yang sangat pas untuk kamu para hikers yang tertantang untuk mengeksplor keindahan Gunung Sanggabuana.

Wisatawan yang datang pun berasal dari berbagai daerah, sehingga sudah tidak diragukan lagi keindahan dan sensasi perjalanannya.

Jangan lupa bawa peralatan mendaki yang lengkap, bekal makanan dan peralatan masak yang dibutuhkan ya serta tetap jaga diri dan keselamatan bersama.

Selamat mandaki Gunung Sanggabuana!


shopee