Bukit Barede, Hamparan Alam Dan Keagungan Borobudur Dari Ketinggian

Kamu dapat melihat kemegahan Candi Borobudur dari atas ketinggian, yakni dengan berada di atas sebuah bukit. Bukit yang dimaksud yakni Bukit Barede.

Bukit Barede merupakan sebuah tempat yang berada di kawasan Pegunungan Menoreh, dimana konon katanya sempat digunakan untuk berkumpulnya pasukan pada saat Perang Jawa oleh Pangeran Diponegoro.

Nama bukit tersebut merupakan akronim dari Bubare Perang Gedhe yang artinya selesainya perang besar atau setelah perang besar. Sejak saat itu, bukit tersebut dikenal dengan nama Bukit Barede.

Objek wisata alam bukit Barede memiliki panorama khas pegunungan. Dengan latar belakang pepohonan yang rindang serta berwarna hijau dan seolah-olah membentuk benteng bukit-bukit yang tak terlampau tinggi.

Karena lokasi wisata ini hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari candi Borobudur, tentu memiliki nuansa keindahan tersendiri.

Landscape berupa area pegunungan dan hamparan dataran rendah begitu memukau. Tidak hanya itu, Objek wisata alam Magelang ini pun menjadi salah satu tempat kece dalam menyaksikan fenomena matahari terbit.

menyaksikan cantiknya sunrise
menyaksikan cantiknya sunrise. Google Maps. Sumber: Bukit Barede

Simak juga: lokasi-lokasi indah di Magelang

Lokasi Bukit Barede

Lokasi Bukit Barede secara administrasi berada di Dusun Sendaren dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Barede

Seperti yang sudah kita singgung di awal, lokasi Bukit Barade ini terletak di dekat candi Borobudur sekitar 2 km. Lokasinya memang agak terpelosok. Namun jangan khawatir karena akses jalan menuju ke lokasi cukup baik.

Bila dari ruang parkir wisata Borobudur anda dapat mengambil jalur ke arah barat menuju Purworejo. Hingga tiba di perempatan Bangsongan (gardu londho) belok kiri sampai di persimpangan jalan (SD RINGIN PUTIH) ambillah jalan ke arah kanan. Lokasi Bukit Barede hampir sampai.

Teruskan saja sampai ketemu dengan gapura Selamat Datang Di Desa Karangrejo. Ikuti jalan tersebut, sampai persimpangan belok kiri lanjut hingga tiba di tempat parkir Bukit Barede.

trekking menuju bukit barede
trekking menuju bukit barede. Google Maps. Sumber: Ishak Pahing

Jam Buka Bukit Barede

Wisata Bukit Barede buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 04.00 hingga pukul 17.00.

Tiket Bukit Barede

Tiket masuk menuju Bukit Barede sangat murah dan sudah termasuk biaya parkir juga. Yakni hanya sekitar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Namun untuk wisatawan mancanegara harus membayar sebesar Rp. 30.000 sebelum memasuki area Bukit Barede.

menikmati alam di bukit barede
menikmati alam di bukit barede. Google Maps. Sumber: SANDYNATOR

Fasilitas Bukit Barede

Fasilitas wisata pun tergolong lengkap seperti:

  • Gazebo
  • Lahan parkir yang luas
  • Warung penjual makanan dan minuman
  • Gardu pandang yang berupa rumah pohon

Daya Tarik Bukit Barede

1. Berburu Sunrise

sunrise di bukit barede
sunrise di bukit barede. Google Maps. Sumber: Anthracius Bacilius

Simak juga: Wisata Petungkriyono

Untuk menikmati sunrise yang sempurna biasanya harus berjalan kaki mendaki gunung selama berjam-jam. Bahkan harus berkemah di tengah dinginnya udara pegunungan semalaman.

Hal itu tidak hanya membutuhkan persiapan fisik dan mental saja. Namun tidak demikian dengan menikmati indahnya matahari terbit di Bukit Barede.

Pemandangan yang luar biasa di sajikan di sekitar kawasan Bukit Barede, Malang. Keindahan kawasan Taman Wisata Borobudur ini sudah dikenal di seluruh dunia.

Kawasan ini disebut juga termasuk Sunrise terbaik di sekitar Magelang. Tidak heran kalau para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik banyak yang berwisata di kawasan ini.

Untuk dapat menyaksikan ‘The Famous Sunrise’ dengan sempurna, pengunjung harus sudah berada di view point Bukit Barede pada pukul 04.00 wib atau sebelum matahari terbit.

Carilah tempat yang strategis untuk mengabadikan indahnya sunrise di Bukit ini. Biasanya tempat ini akan penuh oleh pengunjung terutama pada hari libur.

selalu ramai dikunjungi wisatawan
selalu ramai dikunjungi wisatawan. Google Maps. Sumber: Sunny Yang

2. Menyaksikan Borobudur dari Ketinggian

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Bukit Barede ialah melihat begitu megahnya Candi Borobudur dari kejauhan.

Lokasinya yang berada tak jauh dari candi membuatnya dapat menjadi salah satu tempat yang menarik untuk menyaksikan salah satu keajaiban dunia tersebut.

Banyak tersedia beberapa rumah panggung atau gazebo, serta kursi-kursi kayu yang dapat digunakan untuk duduk-duduk santai memandangi pemandangan alam yang tersaji.

Untuk dapat menuju Puncak Bukit Barede, kamu harus melakukan trekking sekitar 15 menit lamanya dengan melalui jalan setapak yang sudah bagus dan mudah untuk dilalui.

3. Gardu Pandang

alamnya masih asri
alamnya masih asri. Google Maps. Sumber: Otaku Kim

Simak juga: Benteng Kalamata

Wisata dengan konsep gardu pandang saat ini cukup populer di banyak tempat. Dari gardu pandang, biasanya wisatawan bisa bebas memandang keindahan alam setempat lebih jauh tanpa terhalang apapun dari ketinggian.

Demikian juga dengan Bukit Barede ini. Gardu Pandang sengaja dibangun pengelola, bagi pengunjung yang ingin menyaksikan panorama alam yang menyejukkan.

Juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berswafoto atau selfie agar pengunjung dapat mengabadikan kenangannya di tempat itu.

Di lokasi ini juga terdapat warung kopi yang didirikan oleh para penduduk lokal. Adanya warung kopi dengan panorama pegunungan ini diharapkan pengunjung bisa menikmati kopi di atas bukit dengan sensasi yang mempesona.

Penginapan

Terdapat beberapa penginapan yang ada di sekitar Bukit Barede, yakni:

1. Omah Setumbu Villa

Berada di Desa Karangbunder, Kretek 2, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Lokasinya dari Bukit Barede sekitar 630 meter, dan hanya 10 menit dari Candi Borobudur.

Dan ketika menginap disini, kamu diperbolehkan membawa serta hewan peliharaanmu. Harga yang ditawarkan pun tak membuat kantong bolong.

2. Mentari Pagi Homestay

Mentari Pagi Homestay berlokasi sekitar 70 meter dari Bukit Barede dan sekitar 5 km dari Candi Borobudur. Homestay yang satu ini cocok banget untuk kamu yang datang bersama keluarga besar, karena lokasinya dapat menampung hingga 10 orang.

3. Homestay Griya Kirana

Tempatnya sangat nyaman, memiliki nuansa yang dekat dengan alam sangat asri sekali. Namun fasilitas yang akan didapatkan banyak seperti, kamar mandi yang nyaman, wifi gratis, serta lokasinya yang tak terlalu jauh dari Candi Borobudur.

Tips Mengunjungi Bukit Barede

Berikut beberapa tips untuk kamu yang hendak mengunjungi Bukit Barede, yakni:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Jika hendak menyaksikan sunrise sebaiknya membawa baju hangat, karena cuaca akan cukup dingin.
  • Berhati-hatilah ketika sedang berada di puncak bukit.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Bukit Barede.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam di Bukit Barede.
hamparan keindahan bukit barede malang
hamparan keindahan bukit barede malang. Google Maps. Sumber: Prashanth Shivram

Simak juga: Pusat Laut Donggala

Penutup

Berkunjung ke tempat ini sangat disarankan bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari rutinitas perkotaan dan riuhnya pekerjaan. Salah satu wisata keluarga yang wajib dikunjungi bila berada di kawasan Magelang atau Borobudur.


Leave a Comment