Bukit Tangkiling, Wisata Palangkaraya Di Kawasan 9 Bukit

Bukit Tangkiling adalah tempat wisata Palangkaraya berupa bukit batu yang kental dengan nilai legenda. Selain itu, lokasi Bukit Tangkiling berada di Taman Wisata Alam (TWA) Tangkiling, berdiri tegak di antara 9 bukit lainnya.

Perlu diketahui bahwa Kota Palangkaraya adalah kota terluas yang ada di Indonesia,  luasnya sekitar 3,6 kali dari luas Ibu Kota Jakarta.

Namun, wilayahnya didominasi oleh hutan, hampir tidak ada gunung, yang ada hanyalah perbukitan. Sehingga keberadaan Bukit Tangkiling menjadi sebuah tempat wisata Palangkaraya berupa bukit, yang sangat populer terutama di kalangan milenial.

menikmati alam bersama kawan
menikmati alam bersama kawan. google maps. sumber: Fajar Suryanto

Penasaran dengan pesona keindahan Bukit Tangkiling? Inilah review Bukit Tangkiling yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat wisata saat liburan tiba.

Simak juga: Wisata Balikpapan

Trekking Menuju Bukit Tangkiling

Trekking adalah aktivitas yang tidak bisa terelakan saat menuju puncak bukit. Namun begitulah alam menyajikan pesona dengan caranya sendiri.

Keseruan wisata ke puncak bukit dimulai saat trekking. Ada sensasi tersendiri yang sulit dilupakan, ditambah sajian panorama alam dengan sudut yang berbeda-beda.

Begitupun perjalanan menuju puncak Bukit Tangkiling sangat kental dengan panorama alam yang indah, serta melalui beberapa spot penting sebagai ciri khas Bukit Tangkiling.

Jika langkah kaki pendakian anda cukup cepat, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai di puncak Bukit Tangkiling hanya sekitar 30 menit saja.

jalur trekking yang harus ditempuh
jalur trekking yang harus ditempuh. google maps. sumber: Nopri Setiawan

Simak juga: Bukit Siguntang.

Trekking awal akan menyusuri tangga yang sudah berbentuk cor – coran, atau lapisan semen, serta di sampingnya terdapat pembatas, sekaligus pegangan tangan untuk memudahkan pendakian.

Hanya saja kondisi tangga tersebut tidak sampai ke puncaknya. Setelah melewati anak tangga, para pengunjung akan berjalan di atas lapisan tanah, dan bebatuan. Oleh karena itu tidak disarankan kunjungan saat musim hujan, dan dianjurkan menggunakan alas kaki yang tepat.

Sebetulnya di tengah perjalanan, maupun di puncak Bukit Tangkiling terdapat warung yang menjajakan makanan, dan minuman. Tetapi saat kondisi pandemi, para pengunjung yang datang menjadi sedikit, yang mengakibatkan warung-warung tersebut sering tutup.

Oleh karena itu, sebagai langkah preventif, bawalah perbekalan sendiri dari rumah terutama air minum. Karena perjalanan menuju Bukit Tangkiling sangat menguras energi.

Pertanda puncak Bukit Tangkiling sudah dekat adalah saat pengunjung melewati sebuah batu besar. Nama batu tersebut adalah Bat Rock, atau batu kelelawar. Lokasi tersebut juga menjadi spot selfie favorit pengunjung.

Sejarah, Atau Legenda Bukit Tangkiling

suasana sekitar bukit tangkiling
suasana sekitar bukit tangkiling. google maps. sumber: Nopri Setiawan

Simak juga: Bukit Campuhan Ubud

Legenda yang berkembang di Bukit Tangkiling adalah legenda yang hampir mirip dengan Legenda Sangkuriang, Tangkuban Perahu.

Tentang sebuah kisah cinta terlarang seorang pemuda yang bernama Tangkiling yang akhirnya menikah dengan seorang perempuan yang ternyata ibu kandungnya sendiri.

Kisah cinta terlarang tersebut membuat para dewa murka, yang mengakibatkan Tangkiling berubah wujud menjadi sebuah batu.

Bukan hanya itu saja, kapal yang sempat ditumpangi oleh Tangkiling berubah wujud juga menjadi batu, yang disebut dengan Batu Banama.

Daya Tarik Bukit Tangkiling Palangkaraya

1. Berada Di Kawasan 9 Bukit

menikmati pergantian hari di bukit tangkiling
menikmati pergantian hari di bukit tangkiling. google maps. sumber: jefry ir

Simak juga: Gunung Andong

Daya tarik yang pertama dari Bukit Tangkiling adalah pesona alam sekitarnya yang sangat indah, yang tersaji dari trekking awal.

Hal tersebut dikarenakan lokasi Bukit Tangkiling berada di kawasan Taman Wisata Alam Tangkiling. Selain itu, lokasi Bukit Tangkiling berada dekat dengan 9 bukit lainnya. Seperti :

  • Bukit Baranahu
  • Bukit Kalalawit
  • Bukit Tabala
  • Bukit Tunggal
  • Bukit Bulan
  • Bukit Buhis
  • Bukit Liau
  • Bukit Lisin
  • Bukit Tangkiling

2. Spot Terbaik Menikmati Kota Palangkaraya

kerlap kerlip kota di malam hari
kerlap kerlip kota di malam hari. google maps. sumber: Fajar Suryanto

Daya tarik selanjutnya dari Bukit Tangkiling adalah sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan Palangkaraya dari ketinggian.

Di sisi lain, Bukit Tangkiling sering juga dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata religi. Salah – satu alasannya karena terdapat sebuah batu besar, yang ditutupi oleh kain kuning.

Lokasi & Alamat Bukit Tangkiling

Lokasi Bukit Tangkiling tidak jauh dari jala raya yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan Kasongan, Ibukota Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Alamat lengkapnya berada di Jl. Tjilik Riwut Km 32 arah luar kota, Palangka Raya.

Rute Menuju Bukit Tangkiling

Rute menuju Bukit Tangkiling dari pusat kota Palangka Raya sekitar 34 km dengan estimasi waktu perjalanan 30 menit. Jalurnya sangat bagus dan sudah beraspal.

Setelah memakirkan kendaraan, lanjutkan perjalanan menuju puncak Bukit Tangkiling dengan berjalan kaki.

trekking yang melelahkan terbayarkan
trekking yang melelahkan terbayarkan. google maps. sumber: terune sasak

Simak juga: Bukit Doho Indah

Jam Buka Bukit Tangkiling

Jam operasional Bukit Tangkiling belum ditetapkan secara resmi, namun alangkah baiknya jika kamu datang sebelum matahari tenggelam.

Tiket Bukit Tangkiling

Tiket masuk Bukit Tangkiling pun masih gratis, kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang kamu bawa saja.

Fasilitas Bukit Tangkiling

Karena belum dikelola secara maksimal, fasilitas umum yang ada di sekitar Bukit Tangkiling pun belum terlalu memadai.

Fasilitas yang ada hanya terdiri dari:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Penginapan khusus untuk pengunjung yang hendak berziarah

Tinggalkan komentar