7 Tempat Wisata Di Kamboja, Dari Kuil, Hingga Wisata Pantai Populer

|

Tempat wisata di Kamboja menghadirkan beragam objek wisata yang populer, hits, dan layak yntuk dikunjungi. Arsitektur kuil masih menjadi daya tarik utamanya, sebagai sebuah wisata religi, yang bernilai sejarah.

Tempat wisata Kamboja juga menyajikan wisata alam yang sangat indah. Terutama objek wisata pantai yang terkenal ke mancanegara.

Sebagai kabar gembira, pada tanggal 30 November 2021 nanti, Kamboja telah siap membuka kembali kunjungan wisata turis asing ke negaranya.

Tentu saja ada kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh para pengunjung. Di antaranya adalah kewajiban untuk divaksin, serta menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Dan inilah info objek wisata yang populer di Kamboja, yang sudah kami siapkan untuk anda. Sebagai sebuah referensi awal menentukan rencana tujuan liburan nanti.

7 Tempat Wisata Di Kamboja

1. Sihanoukville

sihanoukville
sihanoukville. google maps. sumber: Ongtola Sunnuon

Simak juga: tempat wisata di Dubai

Objek wisata pantai yang terkenal ke mancanegara di Kamboja adalah Sihanoukville. Daya tarik dari Sihanoukville sangat luar biasa, karena tempat tersebut menjadi Kota Pelabuhan, yang berarti segala fasilitas penunjang wisata di sekitarnya sudah tersedia lengkap.

View alam di Sihanoukville, atau disebut juga Kampong Som, adalah panorama alam pantai, yang berpadu dengan arsitektur gedung-gedung pencakar langit.

Selain itu, pasir pantai di Sihanoukville adalah pasir putih, dan nyaman untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga. Aktivitas wisata di Sihanoukville yang paling terkenal adalah berlayar.

Di kawasan Sihanoukville banyak sekali kawasan wisata lainnya, dari mulai fashion, wisata kuliner, serta hotel, atau penginapan yang nyaman.

  • Lokasi Sihanoukville berada di alamat Distrik Mittakpheap, Kota Sihanoukville, Provinsi Sihanoukville, Negara Kamboja.

2. Angkor Wat

angkor wat
angkor wat. google maps. sumber: EduarduS Jowawedu

Objek wisata di Kamboja yang mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO, sekaligus ikon Kamboja, adalah Angkor Wat, atau disebut juga Nokor Wat.

Selain itu, Angkor Wat juga menjadi salah-satu bangunan keagamaan terbesar yang ada di dunia, yang dibangun pada abad ke 12, oleh Raja Suryawarman II.

Hingga saat ini, Angkor Wat masih dijadikan sebagai situs ziarah umat Buddha dari berbagai belahan dunia. Seni arsitekturnya melambangkan mahakarya yang bernilai sejarah, dan nilai filosofis.

Angkor Wat juga memiliki panorama alam sekitar yang sangat indah. Dari mulai taman, hingga danau. Suasana tenang, dan nyaman, adalah nuansa wisata saat berada di kawasan tersebut.

  • Lokasi Angkor Wat berada di alamat Siem Reap, Kamboja.

3. Istana Kerajaan Phnom Penh

istana kerajaan phnom phen
istana kerajaan phnom phen. google maps. sumber: 김우식

Simak juga: tempat wisata di India

Istana Kerajaan, atau disebut juga dengan Royal Palace, di negara manapun, ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, termasuk di Kamboja.

Istana Kerajaan Phnom Penh sudah berdiri sangat lama, sehingga mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Istana Kerajaan Phnom Penh dibangun pada 1860-an.

Istana Kerajaan Phnom Penh adalah sebuah kompleks istana kediaman Raja Kamboja, yang di dalamnya terdapat bangunan-bangunan lainnya, seperti:

  • Tembok pertahanan,
  • Menara,
  • Kuil Buddha Zamrid,
  • Balairung Singasana.

Pemandangan di sekitar Istana Kerajaan Phnom Penh juga sangat indah, karena Phnom Penh berada di dekat pertemuan Sungai Mekong, dan Sungai Tonle Sap.

  • Lokasi Istana Kerajaan Phnom Penh berada di alamat Samdach Sothearos Blvd (3), Phnom Penh, Kamboja.
  • Jam buka Istana Kerajaan Phnom Penh untuk wisatawan, setiap harinya berbeda-beda.

4. Cardamom Mountain

cardamom mountain
cardamom mountain. google maps. sumber: Kindly Ki

Cardamom Mountain adalah gugusan pegunungan Kamboja, yang masih terjaga secara baik, serta menjadi salah-satu hutan hujan tropis terbesar di Asia Tenggara.

Kunjungan wisata ke Cardamom Mountain adalah kunjungan wisata alam yang bernilai edukatif. Terutama untuk mempelajari ekosistem yang ada di dalamnya, dari mulai flora, dan fauna.

Bahkan, Cardamom Mountain sering dijadikan tempat penelitian oleh para turis asing. Selain itu, di Cardamom Mountain terdapat spot glamping, serta akan ditemani, dan dijaga oleh para ranger.

  • Lokasi Cardamom Mountain berada di alamat Perbatasan antara Kamboja Barat Daya dengan Thailand.

5. Kratie

kratie
kratie. google maps. sumber: Sophal Hay

Tempat wisata di Kamboja yang instagramable, dan romantis, terletak di sebuah kota tua Kamboja, yang bernama Kratie. Kratie adalah nama provinsi, dan kota di Kamboja.

Letak Kratie berada di dekat jalur Sungai Mekong, sebuah sungai eksotis, salah-satu sungai terpanjang di dunia, karena melewati beberapa negara di Asia.

Dengan demikian, panorma alam di Kratie sangat indah. Apalagi di kota tersebut terdapat bangunan-bangunan lama ala eropa, bekas kolonialisasi Prancis.

  • Lokasi Kratie berada di Alamat Kota Kratie, Provinsi Kratie, Kamboja.

6. Tonle Sap

tonle sap
tonle sap. google maps. sumber: テツ人

Simak juga: tempat wisata di London

Tonle Sap adalah sebuah danau di Kamboja, merupakan perpaduan sistem danau, dan sungai yang sangat unik. Karena Tonle Sap aliran airnya dapat berubah, dan setiap tahunnya hanya terjadi 2x perubahan.

Fenomena alam tersebut tentu sangat jarang sekali ditemukan. Selain itu, fenomena alam yang unik lainnya di Tonle Sap adalah kondisi danaunya yang bisa mengembang, dan mengecil, sesuai dengan musim.

Tonle Sap juga menjadi wisata budaya di Kamboja yang edukatif. Layaknya negeri terapung, semua bangunan, termasuk pelayanan publiknyapun semuanya berada di atas danau tersebut.

Aktivitas wisata yang sangat terkenal di Tonle Sap adalah berkeliling Tonle Sap dengan menggunakan perahu khusus, serta menikmati sajian kuliner di atas resto terapung. Para pengunjung juga bisa menyewa penginapan terapung di Tonle Sap.

  • Lokasi Tonle Sap berada di Kota Siem Reap, Kamboja.

7. Angkor Night Market

angkor night market
angkor night market. google maps. sumber: Kelvin Sim

Simak juga: tempat wisata di Inggris

Wisata malam yang direkomendasikan saat anda berada di Kamboja adalah Angkor Night Market. Selain dekat dengan objek wisata lainnya, Angkor Night Market juga menyajikan beragam spot wisata malam, dari kuliner, bar, souvenir, hingga pijat repleksi.

Wisata kuliner di Angkor Night Market Kamboja sangatlah unik. Karena di lokasi tersebut dijual kuliner yang tidak biasa, atau ekstrem. Dari mulai makanan yang terbuat dari serangga, laba-laba, dan kalajengking.

  • Lokasi Angkor Night Market, atau ANM Khmer Market berada di alamat Siem Reap, Kamboja.