Pantai Karang Tawulan,Tempat Wisata Di Tasikmalaya Yang Eksotis

Pantai Karang Tawulan, nama pantai ini mungkin masih rada asing di telinga para traveller. Padahal, pantai karang tawulan bisa dikatakan salah satu pantai indah yang ada di jalur selatan wilayah jawa barat.

Saya pun secara tidak sengaja berkunjung ke pantai tempat wisata di Tasikmalaya ini saat touring ke Pangandaran. Tapi ternyata dari ketidak sengajaan ini bisa ketemu juga pantai yang masih alami dan indah banget di jalur selatan.

pantai karang tawulan

salah satu sudut pantai

Alamat / Lokasi Pantai Karang Tawulan

Secara administratif alamat / lokasi Pantai Karang Tawulan berada di desa Cimanuk, kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Lokasinya berbatasan dengan wilayah Ciamis-Pangandaran.

Letak karang tawulan sendiri sebetulnya cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. Saat ini jalan di jalur selatan jawa barat sudah bagus sehingga wisatawan dari kota lain seperti bandung, jakarta, dll akan dengan mudah mencapai tempat ini.

Daya tarik pantai ini ada di bentukan tebing yang sedikit menjorok ke tengah laut, dengan pantai pasir yang indah dan sedikit tersembunyi dibagian bawah kiri dan kanan tebing.

jalan menuju pantai karang tawulan

Pernah berkunjung ke pantai Puncak Guha Garut? jika pernah maka bentukannya hampir sama. Hanya saja kalau menurut saya lebih bagus, indah, dan teduh di karang tawulan. Selain itu di pantai ini anda bisa turun ke bermain di pasir pantai.

alamat pantai karang tawulan

sudut tebing yang menjorok ke tengah

Dari ujung pagar di foto diatas, anda bisa melihat lepas ke pantai di sebelah kiri dan kanan. Tidak jauh dari situ juga terdapat pulau karang besar . Biasanya pulau itu dijadikan sarang burung camar pada waktu-waktu tertentu.

Area pantai Karang Tawulan sendiri sebetulnya cukup luas, dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Di area utama yang berada diatas tebing, anda bisa beristirahat di warung-warung yang tersedia. Sarana parkir pun tersedia cukup luas.

Saat saya datang, jalan menuju ke lokasi pantai dari jalur utama pantai selatan baru saja di aspal mulus. Jaraknya memang tidak jauh juga sih dari jalan raya, paling sekitar 500 meter saja.

Peta Pantai Karang Tawulan

Berikut ini adalah peta menuju karang tawulan berdasarkan google map.

Jalan Menuju Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Ada beberapa rute jalan menuju pantai karang tawulan tasikmalaya yang bisa anda gunakan.

1. Rute Menyusuri Pantai Selatan

Jalan ini yang saya gunakan dari Bandung. Ada 2 alternatif rute dari bandung via jalur selatan:

  • rute Bandung – Pangalengan – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan. Ini jalan yang saya gunakan
  • rute bandung – ciwidey – pantai cidaun cianjur – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan.

Kondisi jalan saat saya lewati cukup mulus. Mungkin karena jalur ini memang dijadikan jalur utama dari Bandung untuk menuju ke jalur selatan jawa barat.




Kondisi jalan di sepanjang jalur selatan juga bagus sekali. Hanya di dekat jembatan-jembatan besar saja yang masih bergelombang. Rute menuju pantai karang tawulan di sepanjang jalur selatan relatif lurus. Pastikan selalu cek kecepatan anda, karena seringkali ngga sadar kalau kecepatan kendaraan sudah lumayan.

Sepanjang yang saya lihat, kendaraan umum di rute ini cukup jarang. Kalaupun ada berupa kendaraan Elf saja.

2. Rute antar kota biasa

Untuk jalan yang ini menggunakan rute antar kota biasa, tidak menyusuri pantai. Ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan dari Bandung

  • rute Bandung –  Tasikmalaya – Singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  • rute Bandung – Garut – Jalan singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  • rute Bandung – Garut – Pameungpeuk – Cipatujah – Karang tawulan.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum melewati rute ini. Biasanya berupa Elf.

3. Dari Pangandaran

Dari pangandaran, letak pantai karang tawulan tidak terlalu jauh kok. hanya kurang lebih 1,5 jam saja sudah bisa sampai dari Pangandaran ke lokasi.

Letak lokasi pantai ini tidak jauh dari gerbang perbatasan Ciamis – Tasikmalaya. Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan panduan peta google map diatas.

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan

Untuk fasilitas, tempat wisata di tasikmalaya ini cukup lengkap. Terdapat toilet di area utama, warung-warung makan dengan harga yang ‘normal’, dan juga lapangan parkir yang cukup luas.

alamat pantai karang tawulan - lapang parkir

Untuk tempat sampah umum masih sedikit sekali. Disamping itu terdapat gardu pandang dan beberapa gazebo di spot-spot yang strategis buat menikmati keindahan sekitar pantai.

Di beberapa lokasi, pagar pengaman sudah rusak. Ada juga satu gazebo yang sudah tidak ada atapnya lagi.

pantai karang tawulan tasikmalaya

beberapa sarana yang rusak

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Tawulan

Harga tiket masuk pantai karang tawulan terhitung murah. Tiket masuk per orang Rp 3500, dan Rp 2500 untuk motor. Untuk kendaraan roda 4 tiket masuknya adalah Rp 10,000.

Banyak pengunjung yang bermain sampai ke tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Biasanya ini digunakan untuk spot memancing. Memang tidak terlalu sulit untuk menuju kesana, tetapi wajib hati-hati sekali karena jika jatuh langsung ke laut dengan karang-karang yang lumayan tajam.

pantai karang tawulan 9

Penginapan di Pantai Karang Tawulan

Untuk penginapan di pantai karang tawulan belum ada. Tetapi terdapat beberapa penginapan kecil di sepanjang jalan jalur selatan yang tidak jauh dari lokasi. Selain itu anda pun bisa camping di area atas. Area bagian atas pantai memang banyak digunakan sebagai tempat camping oleh pengunjung.

Video Pantai karang Tawulan

Video pantai karan tawulan bisa rekan-rekan tonton dibawah ini

Nah buat anda yang kebetulan sedang traveling ke pantai pangandaran, ataupun sedang menyusuri jalur pantai selatan, ada baiknya untuk mampir ke pantai ini. Dijamin sepadan dan tidak akan mengecewakan.

Selamat berlibur!

Pantai Karang Tawulan,Tempat Wisata Di Tasikmalaya Yang Eksotis
5 (100%) 5 votes

Related Posts

2 Comments

  1. agma
    13 October, 2016
    • Irvan
      13 October, 2016

Add Comment