3 Pemandian Air Panas Di Garut Yang Bikin Betah

Pemandian air panas di Garut merupakan salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Kabupaten Garut memang memiliki beberapa tempat pemandian air panas alami yang sudah cukup dikenal.

Ngga heran juga sih, kota ini punya beberapa gunung berapi yang masih aktif, sehingga banyak terdapat sumber air panas alami.

Tempat berendam air panas di Garut juga cukup beragam. Mulai dari yang ekslusif dan mahal, sampai dengan yang sederhana..semua ada. Pengunjung yang datang kesini tidak hanya untuk bersantai, ada juga yang berniat untuk berobat. Berendam air panas alami yang mengandung belerang memang masih dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

Nah, berikut ini beberapa tempat pemandian air panas di Garut yang bisa anda kunjungi;

1. Pemandian Air Panas di Cipanas Garut

Kawasan Cipanas bisa dikatakan lokasi pemandian air panas di Garut yang paling populer. Lokasinya paling dekat, dan mudah banget buat dijangkau pengunjung.

Kawasan Cipanas berjarak cuman 7 KM dari pusat kota (alun-alun) Garut. Kalau dari Bandung, jaraknya hanya sekitar 60 KM saja. Kawasan Cipanas Garut berada tepat di kaki gunung Guntur, salah satu gunung berapi muda yang ada di kota ini. Viewnya keren lho.. secara gunung guntur yang ada tepat didepan mata ini bentukannya unik, tidak ada pohon-pohon besar sampai ke puncaknya.

pemandian air panas garut - sumber alam cipanas

Nah, daerah Cipanas ini merujuk ke satu kawasan. Untuk masuk kesini, kita ngga perlu bayar tiket dll. Untuk berendam air panas alami di Cipanas, anda bisa memilih berbagai lokasi yang ada disini seperti;

  • Kampung Sumber Alam. Resort ini menyediakan berbagai bungalow, kolam renang air panas, ataupun kolam rendam untuk pengunjung. Keren lho tempatnya..
  • Sabda Alam. Disini juga terdapat kamar rendam, bungalow untuk menginap, kolam renang air panas, dan juga water boom. Cocok untuk anda yang bawa keluarga.
  • Tirta Gangga..
  • Surya Alam
  • Cipanas Indah
  • Danau Dariza
  • dan lain-lain.

Rata-rata hotel disini memiliki kolam renang air panas dan kamar berendam air panas alami. Jadi anda tinggal pilih saja.

Selain itu, disini juga terdapat pemandian air panas alami yang lebih dikenal untuk pengobatan. Namanya Ciengang. Tempatnya sederhana sih, tapi konon air disini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk pilihan harga hotel juga beragam, mulai dari yang seratus ribuan sampai dengan jutaan juga tersedia. Sesuaikan dengan budget saja.

2. Pemandian Air Panas di Darajat Garut

Kawasan Darajat Garut sekarang juga menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup terkenal di Garut. Lokasinya kurang lebih 25 KM dari pusat kota, dan berada di ketinggian dengan pemandangan lepas ke lembahan dibawahnya.

puncak darajat garut

Disini juga terdapat banyak tempat pemandian air panas alami. Sumbernya berasal dari kawah darajat yang berada di wilayah kerja PT Chevron. Disini memang terdapat pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dikelola oleh PT Chevron.

Sama seperti Cipanas. temapt ini berupa satu kawasan dengan beberapa tempat untuk menginap, kolam renang air panas, dan juga kolam rendam air panas.

Kita tinggal pilih tempatnya seperti Puncak darajat, awit sinar darajat, dan lain-lain.

3. Pemandian Air Panas Di Kawah Talaga Bodas Garut

Naah untuk pemandian air panas di area kawah talaga bodas, tempatnya sederhana dibandingkan dengan dua tempat diatas sebelumnya. Pemandian air panas alami di kawah Talaga Bodas memang lebih dikenal untuk khasiat pengobatannya.

pemandian air panas kawah talaga bodas garut

Ada dua tempat pemandian air panas di kawah Talaga Bodas Garut;

  1. Kolam rendam air panas alami di kawah talaga bodas. Letaknya tepat di pinggir kawah. Tempatnya sederhana, berupa beberapa kolam kecil dengan air panas alami banget. Btw, tempatnya terbuka banget, kurang direkomendasikan buat wanita.. kecuali kalau tetap pakai baju lengkap ya :p
  2. Pancuran 7 Talaga Bodas. Letaknya tidak berada dipinggir kawah talaga bodas. Dari tempat parkir, ikuti jalan ke arah kiri. Cukup gampang kok, bisa minta bantuan ojek disana. Tempat ini sederhana dan lebih banyak dikunjungi orang dengan tujuan tertentu ; berobat, dan juga tujuan lain (rada mistis gitu deh).

Terakhir saya berlibur, jalan ke kawasan talaga bodas lumayan ancurnya, cukup menyiksa p*nt*t .. đŸ˜€ pastikan kendaraan yang dipakai sehat dan cukup tinggi ya. Not recommended buat sedan dan sejenisnya.

Ketiga kawasan ini merupakan tempat pemandian air panas di Garut yang bisa kita kunjungi. Ingin tempat yang mudah buat diakses? area Cipanas bisa jadi pilihan anda. Ingin sambil bertualang dan ada tujuan lain? bisa menuju ke kawasan talaga bodas. Nah kalau ingin tempat yang lebih sepi tapi fasilitasnya cukup lengkap, bisa menuju ke kawasan darajat garut.

Selamat berlibur!

3 Pemandian Air Panas Di Garut Yang Bikin Betah
5 (100%) 11 votes

Related Posts

Add Comment