Info Tempat Wisata Di Indonesia

Puncak Lawang Bukittinggi, Spot Terbaik Menikmati Danau Maninjau

0 2,224

Eksotisme Danau Maninjau bisa dinikmati dari Puncak Lawang Bukittinggi. Danau Maninjau, dengan luas mencapai 100 km2, merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat. Danau ini terbentuk sebagai akibat dari letusan gunung berapi puluhan ribu tahun yang lalu.

Danau Maninjau memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan air yang bening bak cermin, bentang dataran yang hijau serta dikelilingi oleh bukit terjal menjadikan danau ini objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

Ada banyak spot yang dapat anda kunjungi untuk menikmati keindahan Danau Maninjau, terlebih dari ketinggian, hamparan luas perairan yang dikelilingi perbukitan menciptakan rasa takjub bagi siapa saja yang melihatnya. Salah satu spot yang paling ramai dan paling banyak dikunjungi adalah PUNCAK LAWANG.

puncak lawang bukittinggi
via www.lihat.co.id

Berada di Ketinggian 1.210 mdpl, Puncak Lawang merupakan puncak tertinggi perbukitan yang mengelilingi Danau Maninjau. Dari Puncak Lawang, anda dapat melihat keseluruhan Danau Maninjau.

Lokasi Puncak Lawang Bukittinggi

Secara administratif, Puncak Lawang ada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Dari Bukittinggi, tempat wisata di Bukitttinggi ini berjarak lebih kurang 22 km atau 45 menit dari pusat Kota Bukittinggi.

Anda yang berasal dari Kota Padang, dapat mencapai lokasi ini setelah 2 jam perjalanan melalui daerah Lawang. Atau anda juga dapat menggunakan rute Padang Panjang yang membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai lokasi.

Baca Juga :  Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Rancabali Bandung; Info Lengkap
lokasi puncak lawang maninjau bukit tinggi
via instagram.com/ardiesensei/

Harga Tiket Masuk Puncak Lawang

Untuk masuk ke kawasan utama Puncak Lawang, setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000.

Selain itu dikenakan pula biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk Roda 2, dan Rp. 5.000 untuk Roda 4.

Fasilitas

Dengan statusnya sebagai tempat terbaik untuk menikmati Danau Maninjau, tidak heran banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Kondisi ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Mereka membangun gubuk-gubuk sederhana yang dapat digunakan pengunjung beristirahat, atau di beberapa tempat, menyajikan

Selain spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Maninjau, di daerah sekitar lokasi juga terdapat beraneka macam permainan yang dapat menguji keberanian dan memacu adrenalin seperti flying fox, melintasi jembatan ban, melintasi jembatan goyang, hingga paralayang.

Untuk paralayang, Puncak Lawang merupakan spot terbaik di Asia Tenggara. Dari Puncak Lawang peserta dapat terbang melayang di atas Danau Maninjau dengan segala keindahan yang tersaji. Bahkan Event Paralayang dijadikan event tahunan oleh Pemerintah Daerah melihat tingginya animo peserta dalam mengikuti pagelaran ini, bukan hanya peserta lokal namun juga diikuti oleh peserta mancanegara.

paralayang puncak lawang bukittinggi
via https://www.inclovermag.com

Sepertinya bakal keren sekali ya, terbang paralayang di atas danau maninjau, sambil menikmati suasana sekitar yang indah dari ketinggian.

Rute Jalan Ke Puncak Lawang

Untuk mencapai lokasi Puncak Lawang, pengunjung dapat menggunakan 2 rute yang dapat dilalui.

  1. Rute pertama adalah lewat matur (baca: matua). Dari Bukittinggi sampai di simpang tiga Matur, anda mengambil arah ke kanan. Di jalur ini anda akan melihat hamparan perkebunan tebu masyarakat Lawang.
  2. Rute Kedua lewat Ambun Pagi. Ambun Pagi terletak 3 km setelah matur, atau tepat sebelum jalan “Kelok 44”. Jalur ini menjadi rute yang banyak dipilih wisatawan yang menuju kesini karena sepanjang perjalanan anda disuguhi pemandangan indah Danau Maninjau.
Baca Juga :  Nusa Lembongan Bali, Alternatif Destinasi Indah Di Pulau Dewata

Sebenarnya ada ada 2 rute lain yang dapat digunakan, namun dua rute ini merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan hanya cocok bagi mereka penyuka petualangan.

  • Rute pertama adalah melewati Pasar Bayur, 4 km utara Danau Maninjau. Dari sini anda dapat mencapai lokasi dalam waktu 1,5 hingga 2 jam. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi jalan setapak mendaki dinaungi pohon-pohon rimbun.
  • Rute kedua dimulai di Pasar Ahad, 8 km sebelah utara Danau Maninjau. Rute ini menghabiskan lebih banyak waktu yaitu 4-5 jam untuk mencapai puncak. Pada awal rute, anda akan berjalan menyusuri persawahan hijau masyarakat. Selanjutnya akan akan menemui jalan mendaki hingga puncak di bawah rindangnya pepohonan.
puncak lawang maninjau
via instagram.com/fauzan_az07/

Penginapan di Puncak Lawang

Untuk anda yang berasal dari luar kota, ada beberapa hotel yang dapat dijadikan pilihan menginap. Hotel-hotel itu diantaranya:

  • Hotel Maninjau Indah, Jalan Telaga Biru No.1,Maninjau, Tj. Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Telp (0752) 61018
  • Hotel Pasir Panjang Permai, Jalan Raya Maninjau. Kecamatan Tanjung Raya,Maninjau, Agam, Indonesia, 26471. Telepon (0752) 61111
  • Homestay Madani Perjuangan, Jl. Puncak Lawang kecamatan Matur kabupaten Agam, Sumatera Barat
  • Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Jl. Komodor Laut Yos Sudarso no. 29 | Guguk Panjang, Bukittinggi 26115, Indonesia

Puncak Lawang Adventure Park

Puncak Lawang Adventure Park merupakan penginapan yang terletak di Puncak Lawang. Penginapan ini mengusung konsep adventure dormitory, bukan hotel dengan model villa atau cottage. Saat ini, Lawang Adventure Park dapat menampung hingga 150 orang.

Baca Juga :  13 Tempat wisata Di Tegal Terbaik Untuk Mengisi Liburan

Puncak Lawang Adventure Park dilengkapi dengan berbagai fasilitas penginapan yang cukup seperti musholla, ruang pertemuan, ruang karoke keluarga, serta gazebo dengan pemandangan Danau Maninjau yang eksotis.

Penginapan ini memiliki luas total mencapai 15 hektar, dimana 5 Ha digunakan untuk kegiatan sementara sisanya adalah kawasan hutan sekunder.

Dengan luas tersebut tempat ini sering digunakan untuk kegiatan outbound dan memang pihak pengelola menyediakan fasilitas outbound training. Selain itu, ada banyak juga kegiatan adventure yang dapat dilakukan disini, seperti tracking perbukitan, mendaki gunung, off-road, menyusuri air terjun hingga bermain arung jeram. Semua hal itu dapat anda temukan di Puncak Lawang Adventure Park.

Untuk menuju Lawang park, akses yang dilalui merupakan jalan aspal yang mulus. Dari Bandara Internasional Minangkabau anda dapat mencapai lokasi ini dengan menempuh 3 jam perjalanan umum. Sementara dari Bukittinggi, hanya membutuhkan 45 menit perjalanan dengan belok dari Simpang Padang Luar arah ke Danau Maninjau.

Video Puncak Lawang

Silahkan lihat video dari youtube berikut ini ya, credit to channel Fadil Rifkiyuda.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung kesini? Segera siapkan rencana perjalanan anda ya..

Selamat berlibur!

Review Puncak Lawang Bukittinggi
83%
Awesome
  • Kenyamanan/Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses Lokasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.