13 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Bisa Anda Kunjungi

Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Tahukah Anda bahwa kota Samarinda menjadi salah satu kota terbesar di Kalimantan? Tak heran jika kota ini semarak dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Sebagai ibu kota provinsi, tentu Samarinda menjadi sasaran pembangunan baik fasilitas umum maupun sarana prasarana lainnya.

Lantas, bagaimana dengan pariwisatanya?

Potensi wisata di Samarinda ternyata tak kalah menarik dengan kota-kota lain di Indonesia. Mulai dari wisata alam hingga religi.

Penasaran? Inilah 13 tempat wisata di Samarinda yang memukau para traveller untuk mengunjunginya.

1. Masjid Islamic Center

Tempat wisata di Samarinda yang akan diulas adalah wisata religi. Samarinda memiliki sebuah masjid dengan arsitektur bangunan yang begitu indah dan unik, yaitu Masjid Islamic Center. Berada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, masjid ini menjadi favorit yang dibuktikan dengan banyaknya wisatawan baik dari dalam maupun luar kota yang berkunjung. Banyak keunikan yang ada di masjid ini.

Masjid Islamic Center samarinda

image:wikipedia

Dari arsitekturnya terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki. Masjid ini memiliki sebuah menara utama dengan ukuran tinggi yang disesuaikan dengan asmaul husna yaitu 99 meter. Selain itu juga terdapat menara yang berukuran lebih pendek sebanyak 6 sebagai lambang rukun iman. Sementara pada anak tangga menuju lantai utama tersusun sebanyak 33 yang melambangkan jumlah butiran tasbih. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tempat wisata ini.

2. Pulau Kumala

Siapa yang tak tahu sungai Mahakam? Salah satu sungai terbesar di Kalimantan ini memiliki pulau yang berada di tengah-tengahnya yang dikenal dengan Pulau Kumala. Nah, pulau ini menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda yang cukup populer. Di pulau ini Anda bisa mengetahui secara lebih mendalam tentang budaya Kalimantan mulai dari bangunan adat, candi, hingga patung lembu.

Pulau Kumala samarinda

image:hariyadisudirman.wordpress.com

Meski mengusung wisata budaya, namun tempat wisata ini juga menawarkan wahana permainan modern seperti kereta mini, kereta gantung, komedi putar, dan sky tower setinggi 75 meter.

3. Pulau Beras Basah

Wisata pulau lain yang bisa dikunjungi ketika bertandang ke Samarinda adalah Pulau Beras Basah. Lokasinya berada di Bontang Kalimantan Timur, tepatnya di Selat Makassar.

pulau beras basah - tempat wisata di samarinda

image:www.pegipegi.com

Di pulau ini, Anda akan dimanjakan dengan panorama alam pantai berpasir putih dengan air yang begitu jernih. Uniknya di tempat ini terdapat bangunan mercusuar yang sudah tidak lagi difungsikan. Asyiknya lagi, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut di tempat ini.



4. Air Terjun Tanah Merah

Wisata air terjun ternyata tak hanya didominasi oleh kota-kota di pulau Jawa, tetapi Samarinda juga ada. Terletak di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, air terjun Tanah Merah namanya.

Air Terjun Tanah Merah

image:travel.detik.com

Air terjun setinggi 15 meter ini cukup unik, karena air jernih yang jatuh ke bawah berubah keruh kemerahan. Tentu saja hal ini tidak ada kaitannya dengan mistik, tetapi disebabkan oleh tanah di area air terjun berjenis gambut.

5. Air Terjun Pinang Seribu

Wisata air terjun lain di Samarinda yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Pinang Seribu. Daya tarik dari tempat wisata ini terletak pada bentuk air terjun yang unik karena berundak-undak dengan aliran air yang tidak terlalu deras.

Air Terjun Pinang Seribu

image:madriyanto.blogspot.com

Hal ini tentunya memungkinkan bagi pengunjung untuk bermain air, termasuk anak-anak. Di sini, pengunjung juga bisa menikmati permainan lain seperti sepeda air dan memancing. Selain itu juga tersedia gazebo untuk beristirahat.

6. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung sejatinya merupakan bumi perkemahan. Namun, keindahan alamnya menarik untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Kini, tempat ini tak hanya berfungsi sebagai destinasi kegiatan berkemah saja tetapi juga berlibur.

Telaga Permai Batu Besaung

image:www.indonesia-tourism.com

Keunikan tempat wisata ini terletak pada ketinggian tanah yang berveda sehingga sungai yang melaluinya tampak seperti air terjun. Semakin seru karena pengunjung bisa berendam dan bermain air di tampungan air yang dangkal.

7. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasinya berada di jalur Samarinda – Bontang Km. 15, Taman Rekreasi Lembah Hijau biasa digunakan untuk outbound anak-anak sekolah dan juga karyawan perusahaan. Areanya yang luas sehingga memungkinkan untuk menjadi tempat wisata terpadu yang menawarkan area camping, flying fox, replika hutan, kolam renang, arena bermain anak, kolam pancing, gazebo, dan kafetaria.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

image: www.tribunnews.com

Lengkapnya fasilitas di tempat ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

8. Desa Budaya Pampang

Anda ingin mengenal lebih dalam tentang budaya Samarinda? Datanglah ke Desa Budaya Pampang. Desa yang dihuni oleh suku Dayak Kenyah ini senantiasa ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

desa budaya pampang

image:www.memowisata.com

Keunikannya tampak pada rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku yang dijadikan sebagai balai pertemuan. Untuk menghibur pengunjung, setiap Minggu mulai pukul 13.00 hingga 15.00 akan disajikan pertunjukan seni, di mana seluruh warga desa akan menggunakan baju adatnya.

9. Tjiu’s Palace

Tempat wisata di Samarinda lainnya yang asyik untuk berlibur bersama keluarga adalah Tjiu’s Palace. Di sini banyak atraksi hiburan yang ditawarkan, misalnya kolam pemancingan ikan, sepeda air dengan aneka bentuk, kereta mini, dan lain sebagainya.

Tjiu’s Palace

image:jelajah-erwin.blogspot.com

Untuk masuk ke tempat wisata ini tidaklah dipungut biaya alias gratis, namun berlaku peraturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.

10. Tepian Mahakam

Sungai Mahakam yang melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Samarinda tak hanya bermafaat sebagai transportasi saja, tetapi juga memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Jalur tepian sungai ini menjadi salah satu tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi.

tepian mahakam

image:kotatepiankotapariwisata.blogspot.com

Anda bisa menikmati keindahan sungai di malam hari sambil ditemani kuliner jagung bakar yang dijajakan di sepanjang tepi sungai.

11. Kampung Tenun Samarinda

Kain tenun menjadi ciri khas dari Samarinda. Nah, jika Anda ingin mengetahui cara membuatnya, maka datanglah ke Kampung Tenun Samarinda yang menjadi sentra kerajinan kain tenun.

Kampung Tenun Samarinda

image:www.kampungukmdigital.com

Letaknya berada di Kecamatan Samarinda Seberang, terdapat dua kampung yang menjadi sentra kerajinan kain tenun yaitu Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

12. Kebun Raya Unmul

Tempat wisata di Samarinda yang satu ini sebenarnya hutan pendidikan milik Universitas Mulawarman, tetapi juga dibuka untuk umum. Kebun Raya Unmul namanya. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan danau dengan sepeda air.

Kebun Raya Unmul

image:Kebun Raya Unmul

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat kebun binatang mini dan museum kayu yang pastinya akan menambah pengetahuan Anda tentang beragam jenis kayu di Kalimantan.

13. Penangkaran Buaya

Tempat wisata ini unik dan bisa dibilang tidak biasa. Wisata penangkaran buaya makroman yang terletak di Desa Pulau Atas, Kelurahan Makroman, Kecamatan Palaran. Setidaknya ada 3 jenis buaya yang ditangkarkan di tempat ini.

Penangkaran Buaya

Di sini, Anda bisa melihat proses penangkaran termasuk cara memberi makan buaya.

Senantiasa ada cerita seru yang diperoleh setelah mengunjungi tempat-tempat wisata. Demikian pula jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Samarinda. Pasti akan ada kesan dan makna yang semakin menambah pengalaman petualangan Anda.

13 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Bisa Anda Kunjungi
4.5 (90%) 4 votes

One Response

  1. my explore
    25 June, 2016

Add Comment