8 Tempat Wisata Di Filipina, Lengkap Dengan Keajaiban Alamnya

|

Tempat wisata di Filipina didominasi oleh wisata alam yang sangat spektakuler, tidak biasa, bahkan luar biasa. Dan beberapa di antaranya mendapatkan predikat terbaik d dunia, dan 1 dari 7 keajaiban alam yang baru di dunia.

Terlepas dari konstalasi politik yang pernah ada di Filipina, ternyata tempat wisatanya layak dijadikan list rencana liburan anda selanjutnya.

Tentu saja saat grafik penyebaran Covid-19 sudah turun, serta kebijakan kunjungan wisata dari antar negara membolehkannya.

8 Tempat Wisata Di Filipina

1. Intramuros

gereja santo agustinus
gereja santo agustinus. google maps. sumber: ابن المليك

Simak juga: tempat wisata di Kamboja

Rekomendasi tempat wisata di Filipina yang bersejarah, dan instagramable adalah Intramuros. Sebuah kota lama, yang bersejarah, dan dari sisi arsitektur, dan suasananya menghadirkan citarasa Spanyol.

Bukan tanpa alasan terhadap citarasa tersebut. Karena Intramuros adalah kota lama di Manila, sekaligus menjadi saksi bisu kolonialisasi bangsa Spanyol di Filipina selama 300 tahun.

Intramuros adalah sebuah benteng dengan luas 4,5 kilometer, dan di dalamnya terdapat bangunan-bangunan bersejarah lainnya, seperti:

  • Gereja yang berstatus Situs Warisan Dunia UNESCO,
  • Rumah Manila tempo dulu,
  • Lukisan nabi Isa,
  • Fort Santiago,

Para pengunjung bisa dengan cara berjalan kaki mengitari kawasan tersebut, atau dengan menggunakan becak. Suasananya nyaman, dan tenang.

  • Lokasi Intramuros berada di alamat Kota Manila, Filipina.

2. Vigan

vigan
vigan. google maps. sumber: Andy Joe Gorospe

Satu lagi kota tua yang sangat bersejarah di Filipina, dan menjadi wisata populer dikalangan para turis asing, namanya adalah Kota Vigan.

Kota Vigan mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Karena kawasan tersebut menjadi kawasan yang bersejarah, khususnya di masa kolonialisasi Spanyol atas Filipina.

Penataan kawasan Vigan sangat detail. Dari mulai arsitektur bangunan, ornamen, kondisi jalan, hingga tata letak bangunan, patung, hingga filosofi tata letak gereja.

Kota tua Vigan mampu menghadirkan wisata yang romantis dan instagramable di Filipina. Apalagi saat hari mulai senja, lampu-lampu mulai dinyalakan, maka pengunjung akan merasakan suasana, dan view yang sangat indah.

  • Lokasi Kota Tua Vidan berada di Alamat Kota Vigan, Ilocos Sur, Filipina.

3. Banaue Rice Terraces

banaue rice terraces
banaue rice terraces. google maps. sumber: Francesca Orlich

Simak juga: tempat wisata di Dubai

Filipina adalah salah-satu negara pertanian terbesar di Asia, khususnya beras. Maka, wajar saja jika ada tempat wisata di Filipina berupa kawasan terasering sawah.

Nama tempat wisatanya adalah Banaue Rice Terraces. Selain pesona alamnya yang sangat indah, Banaue Rice Terraces juga mendapatkan predikat sebagai terasering tertinggi di dunia.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai tangga menuju langit. Dan perlu diketahui bahwa Filipina mampu menanam padi, dengan hasil yang baik, meskipun tanpa pupuk.

  • Lokasi Banaue Rice Terraces berada di alamat Nueva Vizcaya, Ifugao, Mountain Province Rd, Banaue, Ifugao, Filipina.

4. Chocolate Hills

chocolate hills
chocolate hills. google maps. sumber: ЛапкаЛайк FF

Jika anda datang ke Filipina saat musim kemarau, maka anda akan melihat ribuan bukit coklat. Setidaknya terdapat lebih dari 1.260 bukit coklat di kawasan tersebut.

Fenomena yang sangat langka tersebut diakibatkan rerumputan yang menutupi bukit tersebut, berubah warna menjadi coklat saat musim kemarau.

Tetapi saat musim hujan, warnanya akan kembali menjadi hijau. Tentu saja keberadaan Chocolate Hills mampu menjadi latar alam yang instagramable, langka, dan spektakuler.

  • Lokasi Chocolate Hills berada di alamat Provinsi Bohol, Filipina.

5. Gunung Mayon

gunung mayon
gunung mayon. google maps. sumber: Kitts Jusay

Simak juga: tempat wisata di India

Gunung yang sangat hits, dan populer di Filipina adalah Gunung Mayon. Sebagai gunung berapi paling aktif yang ada di negara tersebut.

Dengan demikian, pendakian, atau menikmati pesona keindahan Gunung Mayon dari dekat, terkadang tidak menentu waktunya. Hal tersebut demi keselamatan para pengunjung.

Saat wisatawan ingin berkunjung ke Gunung Mayon, sangat direkomendasikan untuk memakai jasa guide. Dan sekalipun menikmati keindahan Gunung Mayon dari jauh, tetap saja view yang dihasilkan mampu memanjakan mata.

  • Lokasi Gunung Mayon berada di alamat Provinsi Albay, Filipina.

6. Pulau Siargao

pulau siargao
pulau siargao. google maps. sumber: Marife Macalisang

Wisata pantai, pulau, dan laut di Filipina yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah Pulau Siargao. Keindahannya bukan basa-basi, karena Pulau Siargao pernah menjadi pulau terbaik di dunia versi pembaca majalah Conde Nast Traveller.

Pulau Siargao memiliki panorama air laut yang berwarna biru, bersih, serta di kelilingi alam yang masih terjaga secara baik. Suasana romantis, adalah nuansa yang akan anda rasakan saat bersama orang tercinta, saat berada di Pulau Siargao.

Beragam wahana wisata, serta fasilitas wisata yang berkelas, seperti resort, akan anda temukan di Pulau Siargao. Ada juga restoran yang menyajikan kuliner khas makanan laut.

  • Lokasi Pulau Siargao terletak di Siargao Island, Filipina.

7. Air Terjun Maria Cristina

air terjun maria cristina
air terjun maria cristina. google maps. sumber: Patrick Panday

Simak juga: tempat wisata di London

Rekomendasi tempat wisata air terjun di Filipina, terdapat di Pulau Mindanao, yang bernama Air Terjun Maria Cristina. Sebuah air terjun yang menyajikan pesona alam yang spektakuler.

Air Terjun Maria Cristina memiliki ketinggian 98 meter. Pada dasarnya para pengunjung diperkenankan untuk berenang di Air Terjun Maria Cristina, tetapi saat air tidak dalam keadaan deras.

Oleh karena itu, kunjungan wisata ke Air Terjun Maria Cristina disarankan saat bulan Maret dan April. Di kawasan Pulau Mindanao sudah terdapat beragam fasilitas wisata.

  • Lokasi Air Terjun Maria Cristina berada di alamat Lanao de Norte, Filipina.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Maria Cristina 35 Peso ( Dewasa).

8. Sungai bawah Tanah Puerto Princesa

sungai bawah tanah puerto princesa
sungai bawah tanah puerto princesa. google maps. sumber: Liz Domingo

Simak juga: tempat wisata di Inggris

Sungai bawah Tanah Puerto Princesa adalah tempat wisata di Filipina yang mendapatkan predikat New 7 Wonders Of Nature. Hal tersebut dikarenakan Sungai bawah Tanah Puerto Princesa memiliki beberapa keajaiban alam sebagai berikut:

  • Memiliki aliran sungai bawah tanah dua tingkat,
  • Memiliki air terjun di dalam goa,

Selain itu, lokasi Sungai bawah Tanah Puerto Princesa terletak di Taman Nasional di Pengunungan Saint Paul, menjadikannya dikelilingi oleh panorama alam yang masih terjaga secara baik.