Sengkaling Waterpark, Wisata Legendaris Yang Tetap Primadona Sejak 1950

Sengkaling Waterpark Malang mempunyai slogan “Wisata Air Impian Keluarga”. Sengkaling Waterpark adalah taman bermain air seluas 9 hektar yang cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.

Sengkaling Waterpark Malang mempunyai slogan "Wisata Air Impian Keluarga". Slogan tersebut memang sesuai dengan kenyataannya, karena merupakan taman air impian keluarga untuk didatangi
Sengkaling Waterpark. Image via: @Rahadi Julianjaya

Sengkaling Waterpark memiliki luas area seluas 9 hektar, dengan 6 hektarnya diisi oleh pohon-pohon rindang. Tempat ini dahulunya bernama Taman Rekreasi Sengkaling yang didirikan oleh seorang pria Belanda, bernama Mr Coolman pada tahun 1950. Kini Sengkaling Water Park dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Taman rekreasi ini memiliki konsep yang modern sehingga membuat kawasan ini cocok menjadi tujuan wisata keluarga. Selain itu lokasi yang strategis juga mendukung tempat ini untuk dikunjungi oleh keluarga.

sengkeling Waterpark pada beberapa bagian dihiasi dnegan berbagai patung hewan dans alah satunya gajah yang bisa dinaiki

Naik Gajah. Image via: @Elis WahyuniSimak juga: 19 lokasi wisata populer di Malang

Lokasi Sengkaling Waterpark

Taman Rekreasi Sengkaling Waterpark ada di alamat Jl. Raya Mulyoagung No.188, Mulyoagung, Dau, Malang, Jawa Timur.

Lokasi ini berjarak sekitar 11 km dari kota malang. Atau jika diukur dari Bandar Udara Abdulrachman Saleh, jaraknya 17 Km.

Rute Sengkaling Waterpark

Mengenai rute perjalanan untuk mencapai lokasi SengkaLing Waterpark Malang, water park ini hanya berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Malang. Tentu saja ini bukanlah jarak yang tertalu jauh dan tidak akan terlalu memakan waktu.

Untuk akses kendaraan, Lokasi relatif mudah dijangkau. Bila pengunjung berangkat dari Surabaya. Kendaraan bisa masuk ke Tol Waru dan nantinya mengarah ke Tol Gempol Pandaan. Kemudian keluar ke jalan Raya Malang.

SeteLah itu, jalan sudah tidak terLatu jauh untuk sampai ke Sengkaling waterpark ini.

ada berbagai spot berfoto di sengkaling waterpark, termasuk diorama yang menimbulkan efek 3D
Foto Seru. Image via: @Maz Hoedy

Jam Buka Sengkaling Waterpark

Uutk bersenang-senang di Sengkaling Waterpark, pengunjung bsia datang setiap hari, daris enins ampai minggu. Taman rekreasi Sengkaling Waterpark dibuka mulai pukul 06.00 dan tutup pada sore hari pukul 17.00.

Tiket Sengkaling Waterpark

Untuk bisa menikmati berbagai keseruan dari wahana-wahana permainan di Sengkaling waterpark, pengunjung hanya diminta membayar yang terjangkau. Tiket masuknya ada beberapa jenis, yakni:

  • Tiket Masuk Perorangan: Rp 30.000
  • Tiket Masuk Rombongan: Rp 25.000
  • Tiket Paket Hemat Kano: Rp 60.000
  • Kolam Pesona Primitif: Rp 13.000

Fasilitas Sengkaling Waterpark

Fasilitas penunjang wisata yang disediakan pengelola Sengkaling  Waterpark sangat memadai, dari segi julah maupun kualitas. Beberapa fasilitas yang ada meliputi, tempat aprkir yang luas, ruang ganti, ruag bilas, loker barang, mushola, hingga tempat makan dan bersantai.

Daya Tarik Wahana Sengkaling Waterpark

Taman rekreasi Sengkaling Waterpark didesain untuk bermain air sembari bergembira dalam suasana petualangan dunia Bajak Laut. Karena itu, wahana wahana yag dibangunpuns enada dengan tema besar itu. Beberapa wahana tersebut diantaranya kami coba gambarkan di bagian berikut ini.

  1. Kapal Misteri Bajak Laut

Kapal Misteri yang "berlayar" di tengah telaga.
Kapal Misteri. Image via: @wawan Tao

Simak juga: Belajar bertani di Kebun Wisata Pasir Murti

Ketika memasuki kawasan wisata ini pengunjung langsung bisa melihat sebuah bangunan besar di tengah telaga yang menyerupai kapal.  Bangunan tersebut dinamai kapal misteri bajak laut. Pengunjung dapat berkeliling menjelajahi seluruh kapal tersebut. Diatas bangunan ini juga terdapat kolam untuk berenang anak-anak.

Untuk telaga di sekitar “kapal” pengunjung dapat bermain menggunakan sepeda air dan perahu motor. Fantasi yang dipicu oleh petualangan telaga ini adalah sebuah kapal bajak laut raksasa, dengan para ABK yang turun ke Sekoci dan perahu pendaratan.

  1. Kolam Pesona Tirta Alam

berfoto dengan latar belakang kolam dan hotel berbentuk kapal
Kolam Pesona Tirta. Image via: nagantour.com

Kolam ini menggunakan air dari sumber alami yang terdiri atas kolam anak-anak dan juga kolam dewasa. Kedalaman kolam dewasa mencapai 2 meter. Hal yang unik dari kolam ini adalah adanya mitos yang berhubungan dengan khasiat ghaib dari air kolam yang dapat membuat awet muda.

Hal ini mungkin tidak terlepas dari mata air yang berasal dari sumber alami,s ehingga dipandang memiliki kekuatan supranatural dari alam. Mitos ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berlibur ke sini

  1. Kolam Pesona Tirta Sari

kolam Pesona Tirta Sari juga menggunakan air dari sumber alami. Disini pengelola juga menyediakan pool bar.
Pesona Tirta Sari. Image via: @luzzi izzul

Simak juga: Rekreasi Edukasi di Wisata Cinangneng

Kolam Pesona Tirta Sari juga menggunakan air dari sumber alami. Kolam ini dibuat tidka terlalu dalam, sehingga bsia digunakan oleh dewasa maupun anak anak. Pengunjung juga bisa mencoba wahana bumper boat, yaitu mengapung dengan menggunakan ban yang besar.

Kolam juga dilengkapi dengan Pool Bar. Sebuah bar yang berlokasi dekat dengan kolam. Pool bar melayani tamu-tamu yang sedang berenang atau sedang rileks di kolam ini. Pengunjung dapat menikmati pesanan baik minuman maupun makanan ringan di sekitar kolam Pesona Tirta Sari ini.

  1. Kolam Pesona Primitif

Gerbang masuk area kolam Pesona Primitif
Gerbang Pesona Primitif. Image via: @Sengkaling Water Park

Kolam ini khususkan untuk anak-anak dan memiliki banyak permainan air, diantaranya kolam bubble, ember tumpah, perosotan, plaza air mancur, senapan air dan pool bar.

Pengunjung juga dapat menyewa panggung hiburan dengan kapasitas hingga 200 orang untuk keperluan acara-acara, seperti ulang tahun.

Ember tumpah di kolam Pesona Primitif seru dan menyenangkan siap menghibur pengunjung. Pengunjung umumnya menunggu dengan berdebar di bawah tower ember. Saat waktu ember sudah penuh dan siap tumpah, euforia meningkat menjadi kegembiraan bersama.

Ada juga kolam anak anak yang terpisah, yaitu kolam cumi-cumi. Di kolam ini terdapat patung gurita hitam yang berada di tengah-tengah kolam.

Kolam Gurita sebagai kolam wahana anak anak di sengkaling waterpark
Kolam Gurita. Image via: wisatamalangku.com

Simak juga: Kampung main Cipulir, Wisata ALam hijau di Ibu kota

Patung gurita ini menyemprotkan air pada ujung tentakelnya. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain perosotan yang ada di atas patung tersebut.

  1. Wahana Outbound

Di Taman Rekreasi Sengkaling Waterpark menyediakan paket outbond untuk semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Paket outbound sudah meliputi : instruktur, konsumsi makan siang berupa nasi kotak, serta 5 game standar yaitu flying fox, v-bridge, halang rintang, water fall dan tangkap ikan.

berlatar telaga dan kapal misteri
Berlatar telaga. Image via: @Hanni Pratiwi Arkham
  1. Wahana Permainan

Bagi pengunjung yang sudah selesai bermain di wahana air dan juga outbound, namun masih belum puas, bisa dilanjutkan ke permainan lain. Di Sengkaling waterpark terdapat beberapa wahana permainan.

Di Sengkaling Waterpark, pengunjung bisa bermain bombom car, menaiki komedi putar dan kiddy train, hingga menonton film di bioskop 4D.

Giant Founting, sebuah tirai air artistik yang etrlihat lebih indah di malam hari
Giant Founting. Image via: wisata-sengkaling.com

Simak juga: Eldorado Waterpark, terinspirasi dari KOta emas yang Hilang

Selain permainan untuk anak, ada juga permainan untuk dewasa seperti bumper boat dan perahu motor.

Tak sekedar menjadi taman rekreasi yang penuh wahana permainan saja, di Sengkaling Waterpark Malang pengunjung juga dapat mengunjungi wahana edukasi taman satwa. Jumlah koleksi satwa di sini cukup beragam. Diantaranya yang menjadi satwa andalan yakni koleksi burung dari bermacam spesies.

Panggung pertunjukan di area pesona primitif
Panggung Pesona Primitif. Image via: wisata-sengkaling.com

Simak juga: MOja Museum Jakarta, dengan 14 ruang imajinasi-nya

Objek Wisata Dekat Sengkaling Waterpark

Bagi pengunjung yang setelah bermain air di Sengkaling waterpark, maish ingin melnajutkan wisata ke tempat lain, tidka perlu khawatir kekurangan objek. Malang adalah pusat dunia pariwisata Jawa Timur. Dalam jarak kurang dari 15 km, terdapat taman bunga indah Florawisata San terra.

Florawisata san terra menyuguhan keindahan taman bunga yang diisi oleh berbagai macam bunga berwarna-warni yang terlihat sangat cantik. Tempat wisata ini sangatlah cocok sebagai spot foto untuk diunggah ke media sosial.

Bahkan pada jarak yang lebih dekat, hanya 8 km, terdapat Batu Secret Zoo. Lokasi wisata ini sangat cocok dan lengkap sebagai referensi wisata edukatif untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Sengkaling Waterpark yang perlu diketahui. Agar bisa mempersiapkan biaya wisata yang sesuai dengan ketersediaan anggaran.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Leave a Comment