Sengkaling Waterpark, Wisata Legendaris Yang Tetap Primadona Sejak 1950

Malang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur, dan merupakan kota terbesar kedua setelah Surabaya. Jika kamu berkunjung ke Malang sempatkan diri untuk bermain air ke Sengkaling Waterpark yang terletak di Kecamatan Dau, Malang.

Sengkaling Waterpark berada di lahan seluas 9 hektar, dengan didominasi pepohonan yang rindang. Sehingga udara disekitarnya menjadi sejuk. Wisata air ini merupakan tempat yang cocok untuk mengajak liburan keluarga tercinta, sesuai dengan slogan yang disematkan yakni “Wisata Air Impian Keluarga”.

Bermain Air Seru Di Sengkaling Waterpark
Bermain Air Seru Di Sengkaling Waterpark. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Karena disini kamu dapat melakukan hal-hal yang seru dan mengasyikkan, yang bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga. Sengkaling Waterpark pada awalnya didirikan oleh seorang pria berkebangsaan Belanda yang bernama Mr. Coolman sekitar tahun 1950 lalu dan bernama Taman Rekreasi Sengkaling.

Namun kini telah dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Malang, dan berganti nama menjadi Sengkaling Waterpark. Dengan mengusung konsep yang modern ditambah lokasi yang strategis membuat tempat wisata air ini selalu ramai didatangi pengunjung.

 

Simak juga: 19 lokasi wisata populer di Malang

Lokasi Sengkaling Waterpark

Lokasi Taman Rekreasi Sengkaling Waterpark berada sekitar 11 km dari pusat kota Malang, dan sejauh 17 km dari Bandara Abdulrachman Saleh. Selain itu berada di tepi jalan yang menghubungkan Kota Batu dan Kota Malang.

Alamat lengkap Sengkaling Waterpark terletak di Jl. Raya Mulyoagung No.188, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Sengkaling Waterpark

Rute menuju Sengkaling Waterpark jika kamu bergerak dari Surabaya, kamu harus memasuki Tol Waru setelah itu arahkan kendaraanmu menuju Tol Gempol Pandaan, untuk kemudian keluar ke Jl. Raya Malang. Kamu tinggal meneruskan perjalananmu hingga menemukan sebuah petunjuk Sengkaling Waterpark.

Spot Foto Seru
Spot Foto Seru. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Sengkaling Waterpark

Jam operasional Sengkaling Waterpark dibuka setiap hari mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu, setiap jam 06.00 pagi hingga 17.00 sore.

Tiket Sengkaling Waterpark

Tiket masuk Sengkaling Waterpark terdiri dari beberapa jenis, yakni:

  • Tiket Masuk Perorangan: Rp 30.000
  • Tiket Masuk Rombongan: Rp 25.000
  • Tiket Paket Hemat Kano: Rp 60.000
  • Kolam Pesona Primitif: Rp 13.000

Fasilitas Sengkaling Waterpark

Fasilitas yang ada di Sengkaling Waterpark sudah memadai, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir yang luas
  • Ruang ganti
  • Kamar bilas
  • Loker tempat menyimpan barang
  • Mushola
  • Tempat makan
  • Gazebo tempat bersantai

Daya Tarik Wahana Sengkaling Waterpark

Saat kamu berada di Sengkaling Waterpark, kamu harus mencoba berpetualang di berbagai wahana yang ada. Setiap wahana memiliki daya tarik tersendiri. Berikut ulasan beberapa wahana yang ada di Sengkaling Waterpark, yakni:

1. Kapal Misteri Bajak Laut

Kapal Misteri yang "berlayar" di tengah telaga.
Kapal Misteri. Image via: @wawan Tao

Simak juga: Belajar bertani di Kebun Wisata Pasir Murti

Bangunan yang warna-warni dan menarik perhatian ini merupakan sebuah bangunan yang berbentuk kapal yang besar. Wahana ini bernama Kapal Misteri Bajak Laut, bangunan ini berdiri di tengah sebuah telaga.

Kamu dapat berkeliling menjelajahi seluruh kapal, dan berkhayal seakan sedang berada di sebuah kapal sungguhan. Di atas bangunan ini terdapat sebuah kolam renang untuk anak-anak. Selain itu, kamu juga dapat mengelilingi kapal dari luar dengan menaiki sepeda air atau perahu motor.

2. Kolam Pesona Tirta Alam

Bermain Air Di Kolam
Bermain Air Di Kolam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: MOja Museum Jakarta, dengan 14 ruang imajinasi-nya

Di area Kolam Pesona Tirta terdapat dua buah kolam untuk anak-anak dan untuk dewasa. Harap jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air, jangan sampai mereka memasuki kolam dewasa, karena kedalaman kolamnya mencapai 2 meter.

Air kolamnya bersumber dari mata air alami, sehingga dipercaya dapat membuat siapapun yang berenang di kolam ini awet muda. Hal tersebut masih dipercayai oleh beberapa orang yang datang, dan menjadi daya tarik tersendiri di Sengkaling Waterpark.

3. Kolam Pesona Tirta Sari

Kolam Pesona Tirta Sari
Kolam Pesona Tirta Sari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Rekreasi Edukasi di Wisata Cinangneng

Kolam Pesona Tirta Sari memiliki kolam yang tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk anak-anak. Air yang mengisi kolam ini pun masih berasal dari sumber mata air alami.

Yang menjadi ciri khas dari kolam ini ialah adanya Pool Bar yang terletak dekat dengan kolam, dan akan melayani kamu yang sedang berenang atau bersantai di sekitar kolam. Dimana kamu dapat memesan makanan maupun minuman.

Jangan lewatkan juga untuk mencoba wahana bumper boat, dimana kamu akan bersantai mengapung di atas kolam dengan menggunakan ban yang besar.

4. Kolam Pesona Primitif

Pintu Masuk Kolam Pesona Primitif
Pintu Masuk Kolam Pesona Primitif. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Wahana yang satu ini merupakan surganya bagi anak-anak, karena memang kolam ini dikhususkan untuk mereka dan dilengkapi dengan banyak permainan air seperti kolam bubble, ember tumpah, perosotan, plaza air mancur, senapan air dan pool bar.

Setiap permainan air yang ada tentunya akan membuat anak-anak merasa gembira dan bersenang hati, apalagi ketika menunggu air yang jatuh dari ember tumpah.

Selain itu di area ini terdapat kolam cumi-cumi, dimana terdapat sebuah gurita hitam raksasa berada di tengah-tengah kolam dengan dihiasi seluncuran yang berwarna warni. Disetiap tentakelnya mengeluarkan air mancur.

Untuk kamu yang ingin mengadakan acara sekolah ataupun ulang tahun, kamu dapat menyewa sebuah panggung hiburan yang berkapasitas hingga mencapai 200 orang.

Simak juga: Kampung main Cipulir, Wisata ALam hijau di Ibu kota

5. Wahana Outbound

Sengkaling Waterpark juga menyediakan paket wahana outbound yang bisa diikuti oleh semua usia. Paket outbound yang ada sudah mencakup : instruktur, konsumsi makan siang, serta permainan seru lainnya seperti flying fox, v-bridge, halang rintang, water fall dan tangkap ikan.

Kegiatan Outbound Di Sengkaling Waterpark
Kegiatan Outbound Di Sengkaling Waterpark. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

6. Wahana Permainan

Selain permainan air kamu juga dapat mencoba permainan lainnya seperti bombom car, komedi putar dan kiddy train, hingga kamu dapat menonton film di bioskop 4D.

Wahana Permainan Seru
Wahana Permainan Seru. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Eldorado Waterpark, terinspirasi dari KOta emas yang Hilang

Wahana Taman Satwa jangan sampai terlewatkan, kamu dapat mengajak anak-anak untuk lebih mengenal berbagai binatang yang ada di Sengkaling Waterpark. Diantaranya ada berbagai macam burung dengan spesies yang berbeda.

Objek Wisata Dekat Sengkaling Waterpark

Setelah mengunjungi Sengkaling Waterpark, sempatkan diri untuk mengunjungi berbagai objek wisata lainnya yang lokasinya tak terlalu jauh, yakni:

1. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo berjarak sekitar 8 km dari Sengkaling Waterpark, disini terdapat berbagai macam binatang yang dapat kamu kenalkan pada anak-anak.

2. Florawisata San Terra

Jaraknya sekitar 15 km dari Sengkaling Waterpark, tempat ini memberikan kamu keindahan bunga warna-warni yang sangat indah dan cantik. Lokasi yang tepat untuk mengambil beberapa foto, kemudian kamu unggah ke berbagai media sosial yang kamu punya.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai objek wisata Sengkaling Waterpark, semoga dapat membantu kamu menyiapkan liburan yang diinginkan.

Selamat berlibur!


Tinggalkan komentar